10 Modul Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar Siswa

10 Modul Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar Siswa
Keberhasilan sebuah sekolah biasanya ditentukan oleh banyaknya peserta didik yang lulus Ujian Sekolah dan Ujian Nasional, serta banyaknya yang melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi.

Lebih spesifik lagi keberhasilan dalam ujian, hanya melihat dari hasil Ujian Nasional sebuah sekolah. Masyarakat luas memandang bahwa hasil Ujian Nasional (UN) lebih objektif untuk menilai keberhasilan sebuah sekolah.

karena pembuatan naskah soal dan koreksi tidak dilaksanakan oleh pihak sekolah tetapi oleh lembaga independen, dalam hal ini diselenggarakan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Walaupun UN (Ujian Nasional) tidak lagi sebagai penentu kelulusan, tetapi UN tidak kehilangan peran strategisnya sebagai pemetaan mutu pendidikan.

Dengan begitu hasil dari UN merupakan daya tarik dan nilai jual sekolah kepada masyarakat umum. Akibatnya upaya-upaya untuk meningkatkan hasil UN menjadi sangat penting untuk meningkatkan nilai jual sekolah di samping meningkatkan mutu pendidikan.

Direktorat Pembinaan SMA melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar (EHB) kepada guru-guru mata pelajaran yang diujikan secara nasional dari sejumlah SMA.

Bimtek ini bertujuan agar nilai UN pada tahun mendatang meningkat sebagaimana hasil bimtek Pasca EHB pada tahun-tahun sebelumnya.

Sebagai tindak lanjut bimtek ini sekolah diharapkan dapat menerapkan strategi pembelajaran yang mengarah pada berpikir tingkat tinggi.

Bimtek ini bertujuan agar nilai UN pada tahun mendatang meningkat sebagaimana hasil bimtek Pasca EHB pada tahun-tahun sebelumnya.

Sebagai tindak lanjut bimtek ini sekolah diharapkan dapat menerapkan strategi Pembelajaran yang mengarah pada berpikir tingkat tinggi.

Pada kesempatan ini kami akan membagikan beberapa modul tentang pembinaan pasca evaluasi hasil belajar.

Modul ini disusun untuk digunakan sebagai salah satu pedoman dalam kegiatan Bimtek Pembinaan Pasca EHB.

Di samping itu modul ini diharapkan dapat digunakan juga oleh guru-guru lain yang tidak berkesempatan untuk mengikuti Bimtek.

Modul pembinaan pasca evaluasi hasil belajar.

Demikianlah artikel dari modul pembinaan hasil belajar. jika artikel ini bermanfaat silakan share dan bagikan kepada yang lain dan kami ucapkan terima kasih.

Lihat Juga