Pengertian Budaya Demokrasi

Apa Itu Budaya Demokrasi? | Kata budaya berasal dari kata budi/akal dan daya/kemampuan maka budaya adalah kemampuan akal manusia. Secara bahasa budaya demokrasi berarti kemampuan akal manusia tentang berdemokrasi.

Pengertian Budaya Demokrasi dapat dilihat dari tiga sudut:

Yang pertama adalah budaya demokrasi formal, yaitu suatu sistem pemerintahan yg hanya dilihat dari ada atau tidaknya lembaga politik demokrasi seperti perwakilan rakyat .

Yang kedua adalah budaya demokrasi wajah(permukaan), yaitu demokrasi yang hanya tampak dari luar, sedangkan di dalamnya tidak ada sama sekali unsur demokrasi.

Yang ketiga demokrasi substantif, yaitu demokrasi yang memberikan kesempatan(hak suara) untuk menentukan kebijakan kepada seluruh golongan masyarakat tanpa memandang kedudukan atau apapun dengan tujuan menjalankan agenda kerakyatan.

Budaya Demokrasi pada intinya adalah budaya yang menomorsatukan kepentingan masyarakat dalam pembuatan keputusan mengenai kebijakan negara.

Kelebihan dan Kekurangan Budaya Demokrasi
Kelebihan

  • Demokrasi memberi kesempatan untuk perubahan di tubuh pemerintahan tanpa menggunakan tindakan yang tidak baik. 
  • Adanya pemindahan kekuasaan yang dapat dilakukan melalui pemilihan umum 
  • Sistem demokrasi mencegah adanya monopoli kekuasaan 
  • Dalam budaya demokrasi, pemerintah yang terpilih melalui pemilu akan memiliki rasa berutang karena rakyat yang memilihnya, oleh karena itu hal ini akan menimbulkan pemicu untuk bekerja sebaik-baiknya untuk rakyat 
  • Masyarakat diberi kebebasan untuk berpartisipasi yang menimbulkan rasa memiliki terhadap negara.

Kekurangan

  • Masyarakat bisa salah dalam memilih dikarenakan isu-isu politik 
  • Fokus pemerintah akan berkurang ketika menjelang pemilu masa berikutnya – Massa dapat memengaruhi orang

Pengertian Budaya Demokrasi


Sumber:
A.  Almond,  Gabriel  dan  Sydney  Verba. 1984. Budaya  Politik  Tingkah  Laku Politik dan Demokrasi di Lima Negara. Bina Aksara. Jakarta. 

Sekian pengertian Budaya Demokrasi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda!