Teknik Menangkap Bola Pada Pertandingan Bola Basket

Teknik menangkap bola dalam permainan bola basket merupakan kunci yang mendasari setiap strategi dalam bidang keolahragaannya. Lewat pengusaan yang mumpuni Anda bisa mengembangkan menjadi gerakan merebut bola sampai menerima operan. Selain itu, ketrampilan menangkap bola dalam permainan bola basket sudah menjadi syarat mutlak yang harus dikuasai oleh para pemain bola basket. Karena kemampuan tersebut menjadi teknik dasar untuk permainan bola basket. Namun tidak asal menangkap bola saja, tapi supaya mahir menangkap bola basket diperlukan teknik-teknik tertentu agar cara menangkap dapat hasil yang akurat ketika melaksanakan pertandingan.

Permainan basket sangatlah populer di negara Amerika. Terlebih lagi terdapat kompetisi bola basket tingkat dunia yang bernama National Basketball Assosiation (NBA). Selain itu permainan basket juga populer di negara Indonesia. Dimana induk olahraga basket Indonesia yaitu Perbasi dan National Basketball League (NBL) untuk kompetensi bergengsi di Amerika.

Teknik Dasar Menangkap Bola Pada Permainan Bola Basket

Dalam permainan bola basket, teknik cara memegang bola yang benar akan mendukung jalannya permainan, sehingga strategi permainan bola basket dapat dijalankan sesuai dengan apa yang ditetapkan pelatih permainan bola basket. Lalu bagaimana caranya memegang bola basket yang baik dan benar? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penulis pada artikel ini akan mencoba menjelaskan tentang beberapa teknik dasar menangkap bola pada permainan bola basket. Simak penjelasannya berikut ini.

Teknik Menangkap Bola Menurut Buku Kemdikbud

Menurut buku Arena Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SMP/MTs Kelas IX tahun 2018 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menangkap bola (catching ball) saat latihan bola basket terdiri dari dua macam, yaitu yang pertama cara menangkap bola basket di atas kepala dan kedua cara menangkap bola basket di depan dada.

Pertama : Menangkap Bola di Atas Kepala

Cara menangkap bola di atas kepala adalah sebagai berikut.

  1. Sikap tubuh berdiri tegak.
  2. Pandangan tertuju ke arah datangnya bola.
  3. Tangkap bola menggunakan kedua tangan di atas kepala.
  4. Jari-jari kedua tangan dibuka dan dalam kondisi rileks saat menangkap bola.

Kedua : Menangkap Bola di Depan Dada

Cara menangkap bola di depan dada adalah sebagai berikut.

  1. Sikap tubuh berdiri tegak.
  2. Pandangan tertuju ke arah datangnya bola.
  3. Tangkap bola dengan kedua tangan di depan dada.
  4. Jari-jari kedua tangan dibuka dan dalam kondisi rileks saat menangkap bola.

Menangkap Bola Basket Menurut Imam Sadikun

Selain itu, adapun teknik menangkap bola dalam permainan bola basket menurut Imam Sadikun (1992:90) adalah sebagai beirkut:

  1. Sikap kaki berdiri kuat dengan dua tangan lurus ke depan dan kedua telapak tangan menghadap ke depan serta jari-jari tangan terbuka (kedua ibu jari tangan saling mendekat).
  2. Setelah bola menyentuh ujung jari dan telapak tangan, bawalah bola ke dada dan tahanlah dengan mencengkeram bola yaitu, semua telapak tangan dan permukaan jari-jarinya menempel dengan bola di samping kanan dan kiri.
  3. Selanjutnya kuasailah bola dengan baik sambil menunggu gerakan berkutnya seperti mengoper/melempar, menggiring ataupun menembak ke ring lawan.

Teknik Dasar Lainnya untuk Menangkap Bola

Teknik menangkap bola pada permainan bola basket meskipun terbilang cukup mudah, namun juga ada langkah demi langkah yang harus dilatih supaya nantinya tangkapan bola menjadi baik dan tidak mudah terlepas dari tangan. Karena kalau sampai terlepas atau tidak tertangkap, maka bisa menyebabkan bola direbut oleh tim lawan. Berikut ini terdapat beberapa cara menangkap bola basket yang baik dan benar:

  1. Persiapan atau Sikap Awal

Teknik dasar menangkap bola basket yang pertama adalah persiapan awal. Teknik menangkap bola basket tergolong lebih mudah dibandingkan teknik merebut bola dari hasil rebound (hasil pantulan shooting yang gagal). Di bawah ini terdapat langkah langkah persiapan awal dalam menangkap bola basket yaitu:

  1. Posisikan tubuh berdiri dan kaki dilangkahkan menjemput bola datang.
  2. Kedua tangan diposisikan ke depan untuk menyongsong bola hasil lemparan teman.
  3. Telapak tangan dipersiapkan ke arah datangnya bola.
  4. Pastikan berat badan ditumpukan pada kaki bagian depan ketika sedang menangkap bola.
  1. Gerakan Inti

Teknik dasar menangkap bola basket selanjutnya adalah gerakan inti. Teknik menangkap bola basket tersebut memiliki gerakan inti yaitu tarik kaki depan ke belakang setelah bola menyentuh tangan. Setelah itu bola sedikit ditekan agar tidak terlepas. Tangan ditarik sampai bola terletak dihadapan Anda.

  1. Gerakan Akhir

Teknik dasar menangkap bola basket selanjutnya adalah gerakan akhir. Teknik menangkap bola basket tersebut memiliki gerakan akhir yaitu badan dicondongkan sedikit ke arah depan ketika bola telah ada di tangan. Usahakan tumpuan berat badan ditujukan ke kaki bagian belakang. Selain itu bola diletakkan didepan badan dan lakukan langkah selanjutnya dengan mendrible bola. Anda juga dapat mengoper bola tersebut ke teman satu tim. Hal ini tentunya harus disesuaikan dengan peraturan bola basket yaitu memegang bola harus dalam batas waktu tertentu.

Ketentuan Menangkap Bola Basket

Selain teknik dasar menangkap bola kalian perlu memperhatikan beberapa peraturan penting. Cara menangkap bola basket tersebut berlaku ketika bola sudah berada di tangan. Ketentuan yang mengaturnya sebenarnya bisa kita jumpai pada buku-buku yang sudah ada di pasaran. Simaklah beberapa ketentuan menangkap bola basket di bawah:

  1. Ketika menerima bola, bola harus diamati dari mana arah datangnya sehingga persiapan awal dapat dilakukan dengan tepat melalui prediksi waktu dan arah yang pas. Setelah bola ditangkap, pastikan bola dalam penguasaan Anda.
  2. Ketika menangkap bola, bola hasil rebounding atau hasil umpan lawan usahakan dijemput dengan baik. Pastikan gerakan tangan dan jari lentur serta rileks dalam menyongsong bola datang.
  3. Pengumpanan bola biasanya memiliki beberapa variasi kecepatan. Maka dati itu jangan melawan arah gerakan bola ketika kecepatannya tinggi. Hal ini akan membuat bola mudah terlepas dari tangan

Jadi usahakan Anda mengikuti gerakan arah bolanya saat telapak tangan menangkap bola. Kemudian kecepatan bola dapat diredam dengan cara menarik tangan ke arah belakang.

Pola Latihan Menangkap Bola Basket

Teknik dasar menangkap bola basket memang tidak sulit seperti gerakan lainya. Tetapi Anda juga harus tetap berlatih agar cara menangkap bola basket yang dilakukan dapat berjalan dengan baik dan benar. Latihan ini tidak dapat Anda abaikan karena menangkap bola merupakan salah satu teknik dasar permainan basket yang perlu dikuasai.

Dengan berbagai metode latihan menangkap bola yang dilakukan, diharapkan Anda dapat melakukannya dengan fasih. Selain latihan menangkap bola, Anda juga perlu berlatih kekuatan otot kaki, pinggang dan tangan dengan cara latihan fisik. Dengan begitu tubuh akan lebih kuat dan sehat. Adapun beberapa metode latihan menangkap bola basket yaitu sebagai berikut:

  1. Latihan menangkap bola dengan media tembok.
  2. Hadapkan tubuh di depan dinding dengan jarak 3 meter. Kemudian lempar dan pantulkan bola ke dinding.
  3. Lihat arah bola yang memantul dari dinding tersebut. Kemudian lakukan gerakan yang sesuai untuk teknik menangkap bola basket di atas. Setelah bola tertangkap kemudian tangan dikencangkan dan ritarik ke arah dada, dimana siku sedikit ditarik.
  4. Lempar beberapa kali ke dinding pemantul tanpa meraba raba dan menangkapnya lima kali berturut turut
  5. Tambahkan variasi melempar dengan cara menambah variasi tenaga lemparan, arah yang lebih rendah maupun arah yang lebih tinggi. Maka dari itu hasil pantulan bola juga lebih bervariasi.
  6. Setelah itu lemparan juga dapat dikombinasikan dengan beberapa sudut yang berbeda. Anda juga dapat memvariasikannya dengan gerakan sedikit berlari ataupun melangkah.
  7. Anda dapat memperpendek jarak latihan menjadi 2,5 meter setelah mahir menangkap bola dengan jarak 3 meter.
  8. Lakukan latihan menangkap bola basket tersebut berulang kali agar kemampuan Anda terus berkembang. Untuk hasil kemampuan yang lebih baik, Anda dapat menambahkan beberapa kombinasi latihan lainnya.

Teknik dasar menangkap bola basket ini merupakan salah satu teknik yang perlu dikuasai untuk menjadi atlet basket yang profesional. Beberapa bentuk latihan tersebut harus dilakukan dengan benar dan berulang kali untuk hasil yang maksimal. Demikianlah penjelasan mengenai beberapa teknik dasar menangkap bola basket yang bisa Anda pelajari. Semoga pembahasan pada blog edugoedu.com ini dapat bermanfaat dan selamat berlatih.