10 Point Guard Terbaik di NBA Basketball

Advertisement
Continue Reading Below

Point Guard adalah salah satu posisi paling penting dalam permainan bola basket terutama di kompetisi NBA. Dalam sejarah tim-tim yang berhasil merengkuh banyak gelar juara, posisi ini sangat krusial dalam menyeimbangkan permainan tim. Point Guard adalah kunci dan jantung tim di lapangan, oleh karena itu sebuah tim yang memiliki point guard bagus biasanya akan sangat dominan di dalam pertandingan dan dengan kepiawaian sang pemain, maka mereka juga mampu menentukan hasil akhir.

Pada gelaran NBA musim 2019/2020, sejumlah nama-nama muda menarik mampu mengisi line up point guard utama di tim. Sebut saja Trae Young, Luka Doncic, Collin Sexton hingga yang terbaru Ja Morant. Namun apakah mereka sudah berada di top 10 Point Guard di NBA saat ini? Tentu saja untuk menjawab pertanyaan ini kita perlu melihat semua pemain yang berlaga di 30 tim musim ini. Ada begitu banyak veteran dan pemain di usia emas mereka yang diperdebatkan masuk dalam jajaran 10 point guard terbaik di NBA.

Siapa Point Guard Terbaik Saat Ini?

Pertanyaan ini selalu muncul di tiap musimnya mengingat para pemain memiliki kecenderungan peforma yang naik dan turun. Namun untuk menjawab pertanyaan tersebut secara obyektif, ada beberapa parameter yang bisa kita lihat yakni statistik, leadership, impact, efficiency, dan kemampuan teknis seperti defense, skills, dan IQ basketball. Berikut 10 Point Guard terbaik versi edugoedu.com:

1. Stephen Curry

Stephen Curry
Game 6 Playoff 2019 Stephen Curry, Sumber Foto: Washingtonpost.com

Steph Curry tak diragukan lagi adalah salah satu point guard terbaik sepanjang masa. Kemampuan Steph Curry dalam memberikan impact langsung ke pertandingan sangat dirasakan oleh Golden State Warriors. Secara statistik, Steph merupakan salah satu pencetak angka terbaik yang berposisi di nomor 1 basketball court. Tak hanya itu, secara efisiensi dan true shooting Steph selalu unggul dibandingkan scorer lainnya. Plus kemampuan shooting Steph yang tak diragukan lagi sebagai yang terbaik sepanjang sejarah NBA. 5 kali final beruntun dengan rentetan 3 trofi membuat namanya selalu dibanding-bandingkan dengan Magic Johnson di era 80an.

Statistik Steph Curry
Statistik Steph Curry, Sumber: NBA

Stephhen Curry merupakan pemain yang sangat bisa diandalkan dan memiliki kemampuan komplit untuk menjadi motor serangan terbaik dalam sebuah tim. Curry memiliki handling diatas rata-rata, off-ball movement terbaik, serta kemampuan finishing yang luar biasa. Meskipun dikenal dengan shooting 3 pointnya, Curry juga merupakan salah satu close-finisher yang sangat baik. Floater dan Lay-up menjadi santapannya tiap kali lawan memberikan ruang untuknya berakselerasi. Sebagai point guard dengan tinggi 6’3 kaki, kemampuan rebound Curry juga cukup bagus, serta kejeliannya melihat rekannya yang kosong juga menjadikannya salah satu pebasket unselfish dengan IQ dan passing ability yang bagus. Saat ini Curry sudah berusia 31 tahun, yang artinya masih berada pada masa puncak karirnya. Akankah Steph mampu memberikan Golden State Warriors lebih banyak trofi di sisa karirnya? Berikut beberapa cuplikan Steph musim lalu yang mampu menyihir mata setiap penggemarnya.

2. Damian Lillard

Damian Lillard
Damian Lillard vs OKC playoff 2019, Sumber Foto: NBA.com

Damian Lillard merupakan salah satu point guard paling underrated di kompetisi NBA, pemain yang lahir dan dibesarkan di tanah Golden State yakni Oakland City ini merupakan figur point guard modern yang sangat piawai dalam memimpin tim. Sebagai pemain yang menjadi jenderal lapangan Portland Trail Blazers, kemampuan Lillard tak perlu diragukan lagi. Dia tak hanya piawai menjadi penyeimbang serangan tim, namun sekaligus menjadi pencetak angka nomor satu di tim. Tak salah jika Lillard dengan mudahnya melesakkan 25-40 point tiap pertandingan karena kemampuan shootingnya juga luar biasa. Jika dibandingkan dengan Curry, sisi terbaik Lillard adalah Athleticism, meski memiliki tinggi yang tak jauh berbeda dengan Curry dan point guard lainnya, namun Lillard mampu untuk melakukan dunk-dunk atraktif di tiap kesempatan yang dia dapatkan.

Statistik Damian Lillard
Statistik Damian Lillard, Sumber: NBA

Secara ball handling Lillard cukup piawai untuk membuat tembakannya sendiri ataupun memberikannya pada rekannya seperti CJ McCollum yang dikenal sebagai salah satu lethal shooter yang handal. Kemampuan defense Lillard juga cukup bagus, serta pemain ini dikenal sebagai salah satu clutcher fenomenal. Salah satu momen yang paling memukau adalah ketika Lillard mampu memupus harapan OKC Thunder dan Paul George di detik-detik terakhir dengan shooting 3 pointnya. Berikut cuplikan momen terbaik Damian Lillard pada playoff 2019 kemarin, pemain ini mampu membawa Blazers ke Western Conference Finals sebelum akhirnya harus terhenti oleh Golden State Warriors.

3. Russell Westbrook

Russell Westbrook
Russell Westbrook 2019

Berbicara terkait point guard dengan skillset dan fisik terbaik, tentu saja semua orang akan setuju jika Russell Westbrook masuk dalam perdebatan ini. Westbrook adalah point guard dengan tingkat atletis terbaik serta kemampuannya dalam memberikan assist kepada rekannya sangat diakui oleh seluruh penggemar NBA. Westbrook juga satu-satunya point guard yang mampu mencatatkan triple-double musiman 3 kali berturut-turut dari musim 2016-2017 hingga 2018-2019. Kemampuannya dalam memaksimalkan sisi atletisnya terbukti dengan jumlah rebound per game yang sangat tinggi. Tentu saja dengan kemampuan scoring yang masih diatas rata-rata point guard saat ini.

Statistik Russell Westbrook
Statistik Russell Westbrook, Sumber: NBA

Meski diakui sebagai pemain yang luar biasa, Westbrook kerap kali kesulitan di momen-momen krusial seperti di playoff, WCF, ataupun NBA Finals. Kemampuan luar biasanya di NBA Season terkadang kurang bisa ditranslate dengan baik di Playoff, meski begitu Westbrook tetap menjadi jenderal yang sangat bagus di tim. Secara efficiency, Westbrook memiliki catatan yang kurang bagus akhir-akhir ini, terutama kemampuan 3 pointnya yang menurun. Apapun itu, statistik membuktikan bahwa pemain ini masih menjadi salah satu yang terbaik di NBA saat ini.

4. Kyrie Irving

Kyrie Irving
Kyrie Irving

Kyrie Irving tak diragukan lagi sebagai salah satu ball handler terbaik di NBA. Kemampuan dribbling dan passingnya menjadikannya sebagai pure point guard yang masih bertahan. Irving juga merupakan scorer yang sangat efisien, kemampuan di bawah ring yang luar biasa serta momen-momen clutchnya cukup banyak. Irving sangat terkenal ketika masih berduet dengan Lebron James di Cleveland Cavaliers, meski sudah berpindah ke Celtics dua musim dan saat ini di Brooklyn Nets, kemampuan Irving sebagai salah satu point guard terbaik masih belum hilang. Saat ini Irving menginjak usia-usia emas seorang atlet. Menarik untuk ditunggu kejutan apa yang bisa ditawarkan oleh Irving di tim barunya kali ini, kelak ketika Kevin Durant sudah kembali pulih, mungkin duet ini akan sangat mematikan, terutama bagi tim-tim di wilayah timur NBA.

Statistik Kyrie Irving
Statistik Kyrie Irving, Sumber: NBA

Secara statistik, Kyrie Irving adalah salah satu yang paling efisien dengan konsistensi yang sangat tinggi. Kemampuan scoringnya tak perlu diragukan lagi, dan ketika Irving sedang on fire dalam sebuah pertandingan, maka dia akan menjadi penentu hasil akhir di pertandingan tersebut. Seperti yang sudah kita sama-sama lihat ketika Cleveland mampu menumbangkan Golden State di Final 2016. Berikut cuplikan yang membuktikan bahwa Kyrie merupakan handler terbaik di NBA.

5. Ben Simmons

Ben Simmons
Ben Simmons, 76ers vs Pistons 2019

Ben Simmons mungkin satu-satunya point guard klasik yang saat ini masih bertahan di modern NBA. Simmons tidak seperti kebanyakan point guard yang mengandalkan shooting dan scoring, dia mungkin bisa menjadi point guard serba guna dan aset yang sangat menarik. Kemampuan Simmons dalam melakukan defense ke 5 posisi sekaligus sangat menguntungkan Philadelphia 76ers dalam memburu kemenangan di tiap pertandingan. Serta ukuran Simmons yang sebesar 6″10 kaki membuat dia mampu memaksimalkan kemampuan didepan ring sehingga cukup bisa diandalkan sebagai seorang scorer. Basketball IQ, Stamina, dan Passing Ability nya sangat bagus, tak jarang banyak orang yang membandingkan Simmons dengan Magic Johnson karena aspek-aspek ini.

Statistik Ben Simmons
Statistik Ben Simmons, Sumber: NBA

Dua musim awal bersama 76ers berjalan cukup baik, dan saat ini Simmons pun meraih bayaran yang sangat tinggi meski usianya masih sangat muda. Kelak jika Simmons mampu melakukan shooting 3 point, maka pemain ini akan sangat sulit untuk dihentikan. Secara fisik dan kecerdasannya saja dia begitu berbahaya dan tak terhentikan. Berikut momen-momen terbaik Simmons bersama 76ers.

6. Chris Paul

Chris Paul
Chris Paul, Sumber Foto: Clutchpoints.com

Chris Paul adalah top point guard paling veteran yang bermain di NBA untuk musim ini, meski menginjak usia 35 tahun. CP3 masih memiliki catatan yang sangat bagus dan masih dalam jajaran top point guard lainnya. Kemampuan utama dari CP3 adalah defense yang luar biasa agresif, meski memiliki ukuran yang kecil untuk sekelas kompetisi NBA, CP3 memiliki semua aspek yang dibutuhkan untuk menjadi leader terbaik di tim. Kemampuan ball handling dan shootingnya juga sangat bagus dan dengan pengalamannya yang sangat panjang, sang pemain mampu mengaktualisasikan kelebihannya di lapangan.

Statistik Chris Paul
Statistik Chris Paul, Sumber: NBA

Sebagai veteran, CP3 masih menjadi pemain dengan bayaran selangit. Meski begitu kemampuan dari CP3 masih dibutuhkan untuk membawa OKC minimal untuk bertarung memperebutkan playoff musim ini. Dia juga bisa menjadi mentor yang baik untuk para pemain muda. Sebagai salah satu point guard terbaik di abad 21, catatan personal CP3 yakni 9 kali terpilih sebagai All Stars, 7 kali NBA All Defensive First Team, 4 kali Assist leader, 6 kali Steal leader. Berikut momen-momen terbaik Chris Paul.

7. D’Angelo Russell

D'Angelo Russell
D’Angelo Russell, Sumber Foto: Clutchpoints

D’Angelo Russell adalah point guard yang paling menjanjikan selama kompetisi NBA 2018/2019 kemarin. Dia merupakan pemain dengan perpaduan gaya bermain modern dan kemampuan klasik point guard sebagai passer dan assister terbaik di tim. Selama dua musim bermain di Brooklyn Nets, DLo berhasil menjadi leader yang sukses dengan berhasil membawa pemuda-pemuda Nets ke playoff musim kemarin. Saat ini DLo bermain untuk Golden State Warriors yang tentu saja memiliki chemistry yang berbeda, namun DLo tetaplah DLo yang memiliki sejumlah amunisi untuk menjadi salah satu offensive point guard terbaik di musim-musim mendatang.

Statistik D'Angelo Russell
Statistik D’Angelo Russell, Sumber: NBA

Kemampuan utama D’Angelo Russell adalah kemampuan shooting yang sangat bagus serta finishing yang briliant. Pemain ini banyak dijuluki sebagai king of floater karena finishing floating ball yang sangat bagus. DLo juga memiliki catatan impresif untuk 3 pointnya, dia satu-satunya pemain dibawah 23 tahun yang berhasil mencatatkan 200 3PM dan 500 Assists dalam satu musim. Bakat D’Angelo memang sudah sangat terasa ketika masih bermain di Los Angeles Lakers, dan DLo makin berkembang dan semakin dewasa. Tak salah jika DLo sangat pantas untuk masuk jajaran top point guard musim ini. Kemampuan passing dan handlingnya juga sangat bagus, dan DLo adalah salah satu clutcher fenomenal untuk Nets musim kemarin. Tak salah jika dia sangat dicintai publik Brooklyn. Berikut adalah momen terbaik D’Angelo Russell pada musim sebelumnya.

8. Kyle Lowry

Kyle Lowry
Kyle Lowry, Sumber Foto: Thestar

Kyle Lowry adalah jawara NBA musim 2018/2019. Pemain ini sepanjang musim lalu menjadi motor serangan Toronto Raptors. Kemampuan Lowry sangat komplit untuk dapat diandalkan baik sebagai seorang pencetak angka, pembagi bola, maupun pengatur pola defensive tim. Pada gelaran NBA Finals melawan Golden State Warriors terlihat jika Lowry memiliki peran yang sangat krusial terutama untuk sektor defense. Pemain ini memang sangat cerdas dalam melakukan charge dan memiliki tembakan 3 point yang sangat bagus. Terkait ball handling dan passing ability, Lowry juga cukup bagus dalam kategori ini. Ada begitu banyak momen terutama ketika masih berduet dengan DeMar DeRozan yang membuatnya pantas masuk dalam kategori ini.

Kyle Lowry Statistik
Statistik Kyle Lowry, Sumber: NBA

Setelah kepergian Kawhi Leonard ke Los Angeles Clippers, Raptors sepenuhnya dipimpin oleh Lowry dan akan sangat menarik apakah Raptors akan mampu mengulangi kesuksesan seperti musim lalu. Secara statistik Lowry juga memberikan dampak yang sangat baik untuk tim, itu terbukti pada musim kemarin meskipun di banyak pertandingan Kawhi tidak bermain, Lowry tetap menjadi leader yang bagus dan banyak memenangkan pertandingan. Lowry mungkin sudah memasuki usia 34 tahun. Namun dirinya tetap energik dan masih memiliki sejumlah amunisi untuk tetap bertahan di deretan 10 point guard terbaik di NBA. Berikut momen-momen terbaik Kyle Lowry di playoff NBA 2019.

9. Kemba Walker

Kemba Walker
Kemba Walker bergabung Celtics

Kemba Walker merupakan top point guard yang paling jarang tersorot di dalam karirnya. Kemba menjadi leader point untuk franchise Charlotte Hornets dan menjadi salah satu finisher paling smooth di NBA. Sama halnya seperti Kyrie Irving, kemampuan utama Kemba adalah pada ball handling dan mendikte permainan tim. Dalam hal ini Kemba bisa menjadi pencetak angka utama ataupun asister bagi tim. Secara leadership, Kemba juga menjadi pemain yang sangat disukai publik. Hal ini karena pemain ini tak pernah memiliki masalah dengan pemain lainnya, dan menjadi figur yang sangat humble.

Statistik Kemba Walker
Statistik Kemba Walker, Sumber: NBA

Dari statistik sepanjang karirnya, Kemba telah membuktikan diri sebagai pemain yang sangat konsisten. Musim ini bermain di tim baru yakni Boston Celtics, tentunya besar harapan kita semua untuk Kemba kembali menunjukan talentanya. Musim kemarin menjadi musim terbaik Kemba Walker yang tentunya kita semua masih ingat aksi-aksinya dalam memimpin Hornets berburu tiket playoff meski pada akhirnya harus gigit jari. Berikut cuplikan aksi Kemba sepanjang musim kemarin.

10. Trae Young

Trae Young
Trae Young, Sumber Foto: Foxsport Asia

Trae Young merupakan talenta yang paling menjanjikan untuk posisi point guard di NBA. Sepanjang rookie season kemarin kita semua dapat melihat bakat alami dari Trae yang digadang-gadang dapat menjadi Steph Curry baru. Kemampuan utama pemuda yang satu ini adalah ball handling ajaib serta finishingnya yang sangat berkelas. Trae juga terus memperbaiki shooting jumpernya yang masih menjadi kelemahan di awal-awal karirnya, kini di musim 2019/2020 semua mata tertuju pada Trae. Publik mengharapkan Trae terus berkembang menjadi elite point guard seperti yang diprediksi pada NBA Draft 2018.

Statistik Trae Young
Statistik Trae Young, Sumber: NBA

Statistik rookie season membuktikan jika Trae Young mampu menterjemahkan bakat alami yang dia perlihatkan selama di jenjang kampus. Trae Young diprediksi akan mampu meningkatkan angka point per gamenya di musim ini dan setidaknya melakukan banyak improvisasi untuk menjadi point guard yang dapat diandalkan. Tugas berat Trae tentunya membawa Hawks muda untuk berjuang meraih tiket Playoff NBA 2020. Akankah kita bisa melihat Trae mewujudkannya? Berikut momen terbaik Trae sepanjang musim kemarin.

Itulah 10 Point Guard terbaik untuk kompetisi NBA 2019/2020 kali ini. Nama-nama tersebut merupakan yang paling umum diperdebatkan sebagai Top 10 Players di berbagai media, sosial media, dan para sport-journalist. Adapun beberapa nama lain yang patut untuk masuk top 10 tersebut suatu saat nanti diantaranya:

De’Aaron Fox

Fox merupakan mesin utama dari Sacramento Kings. Fox tak diragukan lagi sebagai point guard tercepat di NBA. Kemampuan penetrasi dan transisinya sangat luar biasa, Fox juga menjadi penyuplai bola yang baik untuk para kompatriotnya seperti Buddy Hield, Harison Barnes, Nemanja Bjelica, Bogdan Bogdanovic, dan Marvin Bagley III. Pemain ini bisa dengan mudah menembus top 10 point guard musim ini, namun harus membuktikan berbagai hal seperti konsistensi dalam mencetak angka serta meningkatkan kemampuan defensenya.

Mike Conley

Pada musim-musim sebelumnya Conley selalu berada pada barisan top 10 point guard bahkan ke level top 5 point guard NBA. Musim ini dia bermain untuk Utah Jazz bersanding dengan Donovan Mitchell sebagai backcourt teammate. Tidak ada yang meragukan kemampuan Conley sebagai seorang point guard top. Akankah Conley mampu membawa Jazz melangkah lebih jauh di playoff musim ini? Pertanyaan yang selalu ditujukan padanya selama masih di Memphis. Kontribusi Conley juga diharapkan baik sebagai pencetak angka maupun pembagi bola yang baik. Secara overall Conley masih menjadi pemain yang menakutkan di musim ini.

John Wall

John Wall merupakan pemain yang sangat bertalenta dan diharapkan menjadi pendongkrak Washington Wizard dalam hal prestasi. Sepanjang musim kemarin Wall sebagian besar melewatkannya karena mengalami cedera parah. Musim ini John Wall mencoba untuk mengambil kembali tahtanya sebagai salah satu point guard terbaik di NBA wilayah timur. Kontribusi masif Bradley Beal pada musim sebelumnya akan coba dibayar oleh John Wall musim ini. Dan mari kita tunggu akankah Wall mampu menampilkan permainan atraktif seperti sebelum dia mengalami cedera parah.

Jamal Murray

Murray merupakan point guard muda dengan segudang talenta menjanjikan dalam dirinya. Kontribusi masif Murray musim kemarin juga memberikan catatan terbaik untuk Denver Nuggets dibandingkan musim-musim sebelumnya. Kekurangan Jamal Murray hanya pada konsistensi permainannya. Pemain ini mampu menjadi pembeda pertandingan dan dapat melesakkan banyak angka dalam satu pertandingan, dan diharapkan musim ini kembali melakukan tugasnya sebagai point guard terbaik untuk Denver. Murray akan sangat mematikan bila dibiarkan membawa bola ditangannya, tembakan 3 pointnya sangat bagus dan kemampuan kerjasama dengan pemain lain juga menjadi kelebihannya.

Lonzo Ball

Defensive Point Guard? Tentu hal ini yang banyak orang katakan pada Lonzo, bermain beberapa musim di Los Angeles Lakers meningkatkan kemampuan defense dan passing abilitynya. Lonzo juga salah satu point guard yang sangat atletis sehingga mampu untuk membuat triple double di beberapa pertandingan. Musim ini Lonzo bermain untuk Pelicans yang memiliki segudang pemuda menjanjikan termasuk Zion Williamson. Akankah Lonzo berkembang menjadi salah satu top point guard di liga? Untuk sektor defensivenya Lonzo meruapakan salah satu yang terbaik, namun untuk kemampuan mencetak angkanya perlu pembenahan di musim ini. Jika dia sukses, maka tim Pelicans akan sangat berbahaya musim ini.

Pembahasan terkait point guard terbaik memang tiada habisnya dan akan terus berubah sesuai dengan peforma para pemain tersebut. Jika anda menyukai ulasan terkait point guard ini maka jangan sungkan untuk membagikan artikel ini ke teman-teman sekalian. Dan nantikan ulasan menarik lainnya terkait basketball hanya di blog ini.

Advertisement
Continue Reading Below