Sophomore dalam Bola Basket – Arti dan Istilah

Advertisement
Continue Reading Below

Sophomore adalah musim kedua bagi seorang pemain basket di NBA setelah sebelumnya melewati musim Rookie sebagai seorang freshman. Pemain yang menajalani musim sophomore umumnya mampu menampilkan permainan terbaik karena telah mengenal kompetisi lebih dari satu musim.

Trae Young and Luka Doncic Sophomore Season
Trae Young vs Luka Doncic, Sophomore, Foto: Yahoo.com

Pada momen ini mereka tidak perlu lagi beradaptasi terkait bagaimana cara bermain yang baik di kompetisi NBA. Para pemain akan lebih fokus pada improvisasi diri baik secara statistik, efisiensi bermain, dan kontribusi bagi tim. Tidak salah jika penghargaan Most Improved Player biasanya banyak didapat oleh pemain yang berada pada musim sophomore.

Selain sebagai musim untuk pengembangan diri, biasanya para pemain yang gagal menampilkan permainan terbaik pada musim rookie akan membalas penampilannya di musim kedua ini. Karena perkembangan pemain tidak semuanya instan, terkadang butuh proses lebih lanjut agar permainannya lebih matang.

Menit bermain biasanya bertambah jika pemain sudah memasuki musim ini, bahkan jika kontrak rookie mereka hanya 2 tahun. Biasanya di momen ini mereka akan tampil habis-habisan untuk membuktikan kemampuan terbaik sehingga di akhir musim bisa mendapatkan kontrak dengan nilai yang lebih besar. Bagi tim, musim sophomore juga ajang yang paling tepat untuk mengevaluasi pemain. Apakah pemain tersebut layak untuk masuk kedalam proyek masa depan atau dilepas ke tim lain berupa trade.

Untuk beberapa pemain yang kurang cocok bermain dengan peran utamanya pada musim rookie, biasanya saat sophomore ini mereka akan mendapatkan peran baru. Peran yang diharapkan mampu mengeluarkan bakat terbaik dari sang pemain. Juga posisi yang dianggap sangat dibutuhkan di tim yang mereka bela.

Untuk musim ini beberapa pemain yang berada pada tahun sophomore diantaranya adalah:
1. Luka Doncic
2. Trae Young
3. Kevin Knox
4. Jacob Evans
5. Mitchell Robinson
6. DeAndre Ayton
7. Wendell Carter
8. Kevin Huerter
9. Marvin Bagley III
10. Collin Sexton
11. Shai Gilgeous-Alexander
12. Mohamed Bamba
13. Omari Spellman
14. Josh Okogie
15. Grayson Allen

Nama pertama dan kedua akan menjadi sorotan karena pada musim kemarin mampu menampilkan permainan yang atraktif walaupun masih di masa debutan. Trae Young diprediksi akan memiliki karir panjang yang sangat cerah, begitu juga dengan Doncic yang dikenal sangat matang meskipun usianya masih sangat belia. Beberapa nama lain yang paling dipantau perkembangannya di musim sophomore ini adalah Marvin Bagley III dari Sacramento Kings serta sang number 1 pick overall 2018 Deandre Ayton.

Advertisement
Continue Reading Below