Latar Belakang Perang Dunia 2 Tahun 1939-1945

Advertisement
Continue Reading Below

Latar Belakang Perang Dunia 2 dapat digolongkan menjadi dua, yaitu sebab-sebab umum dan sebab-sebab khusus. Perang Dunia 2 sendiri merupakan sebuah peristiwa besar yang pernah tercatat dalam sejarah kehidupan umat manusia.

Puluhan juta nyawa manusia melayang akibat dari perselisihan kepentingan pihak-pihak yang terlibat dalam perang. Sebelumnya pertempuran besar juga sempat terjadi dalam wujud Perang Dunia I, namun perselisihan yang tak kunjung usai mengakibatkan meletusnya perang yang jauh lebih meluas 20 tahun kemudian.

Oleh karena sebab diatas, maka Perang Dunia 2 juga dikenal dengan the biggest ever event atau juga disebut total war atau juga perang semesta, karena perang dunia 2 adalah perang yang paling mematikan disepanjang sejarah umat manusia.

Awal dimulainya Perang Dunia 2 di Eropa yaitu terjadi pada tahun 1939 dan berakhir pada tahun 1945. Pertempuran-pertempuran yang terjadi dalam beberapa tahun tersebut melibatkan hampir seluruh wilayah di berbagai belahan dunia.

Sebab-sebab meletusnya Perang Dunia 2 tidak jauh berbeda dengan sebab-sebab meletusnya Perang Dunia I yang terjadi pada tahun 1914-1918. Keadaan politik internasional pada tahun 1931-1939 menyerupai keadaan tahun 1900-1914 sebelum Perang Dunia I dimulai. Karena itu bisa dikatakan bahwa Perang Dunia 2 merupakan lanjutan dari Perang Dunia I yang sebelumnya telah terjadi.

Politik Revanche Idea (semangat membalas dendam) terus dikembangkan dan dihembuskan oleh salah satu negara yang kalah dalam Perang Dunia I, yaitu Jerman. Selain itu munculnya negara-negara fasis (totaliter) seperti Nazi Jerman, Italia, dan Jepang merupakan salah satu penyebab meletusnya Perang Dunia 2.

Latar Belakang Perang Dunia 2Pemimpin Alliansi Blok Axis
Latar Belakang Perang Dunia 2Pemimpin Alliansi Blok Sekutu

Semangat membalas dendam tersebut membawa negara-negara yang dikecewakan dalam penyelesaian Perang Dunia I untuk melakukan berbagai upaya dalam menghimpun kekuatan, seperti meningkatkan industri persenjataan dan juga dengan politik mencari kawan.

Hal ini kemudian membawa dunia pada politik aliansi yang terpusat pada tiga ideologi besar, yaitu blok fasis yang dipimpin oleh Nazi Jerman, Italia, dan Jepang, blok komunis yang dipimpin oleh Soviet, dan blok demokrasi dan liberalisme seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis.

Munculnya blok-blok ini mengakibatkan timbulnya kecurigaan antar blok, sehingga masing-masing kubu berusaha memperkuat diri dengan persenjataan maupun mencari dukungan dari negara lain.

Adapun lebih jelasnya terkait sebab-sebab terjadinya perang dunia 2 dapat dilihat dari penyebab umum dan khusus.

Penyebab Umum Perang Dunia 2

  1. Dalam menjaga perdamaian dunia maka dibentuklah organisasi Liga Bangsa-Bangsa, namun dalam prakteknya LBB bukan dipergunakan untuk mencapai tujuan bersama, justru dipergunakan sebagai alat politik untuk mencari keuntungan. Italia misalnya, di tahun 1935 melakukan invasi terhadap anggota LBB yakni Ethiopia. Saat terjadi serangan terhadap Ethiopia, negara-negara yang terbentuk dalam LBB tidak melakukan apa-apa, padahal dalam organiasi LBB sudah dibuat aturan bahwa sesama anggota LBB tidak boleh saling menginvasi satu sama lain, dan ketika ada salah satu anggota dari LBB yang melakukan pelanggaran seharusnya diberikan sangsi yang tegas terhadap negara terebut.
  2. Kegagalan LBB dalam menciptakan perdamaian menimbulkan politik aliansi di negara-negara dunia, yakni mencari kawan persekutuan atas dasar kepentingan.
  3. Negara – negara maju saling berlomba memperkuat militer dan persenjataannya.Dengan kegagalan LBB tersebut, dunia Barat terutama Jerman dan Italiamencurigai komunisme Rusia, tetapi kemudian Rusia mencurigai fasisme Italia dan nasional-sosialis Jerman. Oleh karena saling mencurigai akhirnya Negara-negara tersebut memperkuat militer dan pesenjataannya dalam rangka mempertahankan negaranya.
  4. Adanya politik aliansi (mencari kawan persekutuan).Kekhawatiran akan adanya perang besar, maka negara-negara mencari kawan dan muncullah beberapa aliansi pada awal sebelum perang dunia 2 yaitu:
    1. Blok Fasis terdiri atas Jerman, Italia, dan Jepang.
    2. Blok demokrasi yaitu Perancis, Inggris, Amerika Serikat, dan Belanda.
    3. Blok komunis yaitu Rusia, Polandia, Hongaria, Bulgaria, Yugoslavia, Rumania, dan Cekoslovakia.
  1. Adanya pertentangan-pertentangan akibat ekspansi. Jerman mengumumkan Lebensraumnya (Jerman Raya) yang meliputi Eropa Tengah dan Italia menginginkan Italia Irredenta (Italia Raya) yang meliputi seluruh laut Tengah dan Abbesinea, serta Jepang mengumumkan Kemakmuran Bersama di Asia Timur Raya. Ini berarti merupakan tanntangan terhadap imperialisme Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat
  2. Adanya pertentangan faham demokrasi, fasisme dan komunisme Adanya politik balas dendam “Revanche Idea” Jerman merasa dihina terbagi menjadi dua yaitu sebab umum dan sebab khusus.
  3. Perjanjian Versailles yang menyebabkan kesengsaran rakyat Jerman, sehingga ada keinginan untuk melakukan balas dendam ke negara-negara blok Sekutu khususnya Perancis dan Inggris.

Setelah Anda mengetahui sebab umum diatas, ada juga sebab khusus yang langsung memicu terjadinya pertempuran besar ini. Dimana beberapa negara langsung melakukan deklarasi perang terhadap negara lainnya. Simak penjelasannya dibawah ini.

Penyebab Khusus Perang Dunia 2

Di Eropa Perang Dunia 2 dimulai ketika serangan Jerman terhadap Polandia di kawasan Eropa, serangan itu terjadi di tanggal 1 September 1939. Penyerangan itu dilakukan untuk merebut kembali kota Danzig yang menurut Jerman di kota Danzig penduduknya adalah bangsa Jerman.

Sebab khusus dimulainya perang dunia duaSerangan Jerman ke Danzig, Polandia

Penyerangan itu akhirnya berhasil dan sebagian besar dari Polandia telah dikuasai oleh Jerman. Mendengar hal itu, karena merasa terancam Uni Soviet juga akhirnya menyerbu Polandia dari sebelah Timur.

Setelah Uni Soviet melakukan penyerbuan di tanggal 3 September 1939, lalu 5 hari kemudian Inggris dan Prancis menyatakan perang terhadap Jerman yang kemudian dalm perkembangannya melibatkan banyak negara-negara di dunia.

Sedangkan di Asia Pasifik sebab terjadinya perang dunia 2 adalah karena penyerbuan Jepang terhadap pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour tanggal 7 Desember 1941, yang menghancurkan 188 pesawat Amerika.

Sebab khusus perang dunia duaSerangan Jepang ke Pearl Harbour

Saat itu, Amerika tidak pernah membayangkan bahwa Jepang akan melakukan serangan terhadap Amerika di Asia Pasifik, karena serangan Jepang itu terjadi tanpa ada pernyataan perang.

Demikian latar belakang Perang Dunia 2 yang bisa Anda pelajari mulai dari sebab umum dan khususnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement
Continue Reading Below