Tujuh Persiapan Guru Menghadapi KBM Semester Genap

Advertisement
Continue Reading Below

Sebentar lagi semester 2 (dua) atau genap akan dimulai, bagi para pendidik atau guru semester genap tidak banyak yang perlu dipersiapkan seperti pada semester sebelumnya yaitu semester ganjil.

Pada semester genap ini ada beberapa kegiatan dan dokumen yang perlu dipersiapkan agar pada semester genap ini para pendidik atau guru dapat melaksanakan pembelajaran secara maksimal.

Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan bagi guru dalam menghadapi dan menyiapkan segala sesuatunya pada semester genap ini. Berikut akan kami sampaikan 7 persiapan guru dalam menghadapi KBM semester genap.

Penilaian Prestasi Kerja

Setiap tahun kinerja seorang guru akan selalu dinilai oleh kepala sekolah. Bagi para guru yang berstatus PNS maka penilaian ini sangat tidak asing lagi bagi telinga mereka. Penilaian prestasi kerja ini berdasarkan SKP (sasaran kerja pegawai) tahun sebelum yang sudah dibuat atau disusun oleh setiap guru.

Setiap guru akan menyiapkan segala sesuatunya seperti berkas dan dokumentasi yang berkaitan dalam penilaian prestasi kerjanya.

Sasaran Kerja Pegawai (SKP)

Sebelum awal tahun atau awal semester genap guru-guru sudah mulai merancang dan menyusun rencana, sasaran dan target yang akan dilaksanakan pada tahun mendatang. Di dalam SKP terdapat empat komponen yang menjadi rencana, sasaran dan target seorang guru yaitu pendidikan, kegiatan belajar mengajar, penilaian serta tindak lanjut, Pengembangan keprofesian berlanjutan (PKB) guru, unsur penunjang dan yang terakhir adalah tugas tambahan. 

Menyusun program kerja

Menyusun program kerja di sini adalah mengevaluasi dan mereview program tahunan, menyusun program semester genap agar pada semester genap ini lebih baik lagi dari semester sebelumnya.

Kadang-kadang program kerja tersebut tidak sejalan apa yang ada di lapangan, jadi oleh karena itu. Pada program tahunan perlu direview agar target dan rencana dapat terlaksana dengan baik.

Menyusun Silabus dan RPP

Penyusunan silabus dan RPP juga tidak kalah pentingnya, kenapa? Karena silabus dan RPP merupakan rencana guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas dimulai dari pendahuluan sampai dengan penutup. 

Akan tetapi RPP tidak akan bisa dibuat kecuali harus menyusun terlebih dahulu silabus. Jadi silabus dan RPP juga harus dipersiapkan. Dan alangkah baiknya sebelum dimulai semester genap guru sudah selesai menyiapkan silabus dan RPPnya.

Merencanakan Penilaian Peserta didik

Kemudian yang tidak kalah pentingnya juga dalam menyiapkan kegiatan belajar mengajar di kelas untuk semester genap adalah merencanakan penilaian terhadap peserta didik. 

Jadi dari awal seyogyanya setiap guru sudah menyusun dan merencakan penilaiannya dan menyampaikan kepada peserta didik agar peserta didik tahu dan siap untuk melaksanakan tugas yang akan diberikan.

Daftar Hadir dan Daftar Nilai

Daftar hadir dan daftar nilai juga harus disiapkan sejak awal. Ini dimaksudkan untuk mengetahui jumlah peserta didik di setiap kelas. Biasanya sering terjadi perubahan jumlah peserta didik dalam kelas.

Kemudian daftar nilai juga harus dipersiapkan yang berbarengan dengan daftar hadir agar nantinya dalam masalah penilaian peserta didik para guru tidak perlu lagi repot membuat daftar nilai.

Materi dan Bahan Ajar

Dan yang terakhir adalah materi dan bahan ajar juga harus disiapkan oleh seorang guru. Materi-materi tersebut bisa didapat pada buku-buku, internet dan lain sebagainya.

Bahan ajar juga perlu dipersiapkan agar kegiatan belajar mengajar di dalam kelas tidak terganggu dan berjalan dengan lancar.

Demikian sedikit informasi yang kami berikan kepada para guru dalam menyiapkan dan menghadapi kegiatan belajar mengajar pada semester genap. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam dunia pendidikan. Terima kasih.

    Advertisement
    Continue Reading Below