Dampak Perang Dunia I di Bidang Politik Ekonomi dan Sosial

Advertisement
Continue Reading Below

Dampak Perang Dunia I atau The Great War sangat merugikan negara-negara Eropa karena dana dan tenaga yang dikeluarkan tidaklah sedikit.

Ini disebabkan karena perang ini merupakan konflik paling mematikan dalam sejarah dunia, memiliki pengaruh atau dampak dalam berbagai kehidupan manusia seperti dalam bidang politik, ekonomi, dan sosial.

Perang berskala global yang terpusat di Eropa ini berlangsung selama hampir lima tahun, tepatnya dari tanggal 18 Juli 1914 hingga 11 November 1918.

Jalannya perang dunia I melibatkan kekuatan besar dunia, terbagi ke dalam dua aliansi berbeda yang saling bertentangan. Yaitu Blok Sekutu (Britania Raya, Rusia/Uni Soviet, Perancis dll).

Sedangkan Blok Sentral beranggotakan Jerman, Italia, Austria Hongaria dan lain-lain. Lebih dari 70 juta pasukan militer (darat, laut dan udara) ikut melibatkan diri dalam perang besar di dunia ini.

Akhir dari Perang Dunia I ditandai dengan kekalahan negara Jerman dan diadakannya perjanjian Versailles pada tanggal 28 Juni 1919 di kota Versailles, Prancis.

Dampak Perang Dunia I

Setelah berakhirnya Perang Dunia I ini, lalu bagaimana keadaan di Eropa ? Jawabannya adalah keadannya sangat menyedihkan karena puluhan juta orang meninggal akibat pertempuran dan terjadinya inflasi besar-besaran yang dilanda negara Jerman karena kalah perang.

Berikut ini ringkasan dampak berlangsungnya perang dunia I dalam berbagai bidang, antara lain :

Dampak Perang Dunia I dalam Bidang Politik

1. Lahirnya Negara-Negara Baru yang Merdeka, Salah satu dampak PD I yang cukup nyata dapat kita amati adalah adanya beberapa negara memisahkan diri atau memutuskan untuk merdeka bebas dari kekuasaan negara lain. Contohnya seperti Rumania, Cekoslavia, Polandia, Finlandia, Hongaria, dan Yugoslavia.

2. Dibentuknya LBB (Liga Bangsa-Bangsa) ,Liga Bangsa-Bangsa adalah organisasi yang dibentuk untuk tujuan penyelesaian pertentangan/konflik melalui cara damai yakni dengan diplomasi dan negosiasi serta melucuti senjata dan mencegah perang. LBB dibentuk pada tahun 1920, setelah dilakukannya konferensi perdmain di Paris pada tahun 1919.

Keberadaan LBB ternyata gagal untuk mencegah terjadinya perang, hal ini dibuktikan dengan adanya pertempuran yang masih berlanjut pada perkembangan berikutnya, seperti PD II. Pasca Perang Dunia II LBB secara resmi dibubarkan, perannya digantikan oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

3. Runtuhnya 4 Kekaisaran Besar di Eropa, Dampak perang dunia pertama dalam bidang politik lainnya adalah keruntuhan kekaisaran monarki besar di Eropa. Perlu kalian ketahui, Eropa merupakan basis kekuasaan monarki terbesar di Dunia, beberapa diantaranya seperti Kekaisaran Jerman, Turki, Rusia dan Ottoman. Kemenangan di pihak Sekutu mengakibatkan kekuasaan monarki hancur, kerajaan-kerajaan tersebut kemudian sistem pemerintahannya berubah menjadi Republik.

Selain tiga dampak diatas, ada beberapa akibat lain di bidang politik seperti munculnya faham/ideologi baru, contohnya Nazi di Jerman, Fasis di Italia, Komunis di Rusia, Fasis di Jepang dan Nasionalisme di Turki.

Dampak Perang Dunia I dalam Bidang Ekonomi

Selain di bidang politik, dampak PD I juga dirasakan dalam bidang Ekonomi. Tidak hanya dirasakan oleh negara-negara di Eropa, tapi menyeluruh sampai ke penjuru dunia. Berikut ini dampak perang dunia I dalam bidang ekonomi, antara lain :

1. Depresi Besar atau lebih lazim dikenal dengan sebutan zaman Malaise merupakan sebuah peristiwa menurunnya tingkat ekonomi di seluruh dunia, baik itu negara industri dan berkembang. Zaman Malaise ini berlangsung setelah perang dunia pertama, lebih tepatnya pada tahun 1929. Pendapatan negara-negara yang mengandalkan bidang industri turun drastis. Penurunan pendapatan juga dirasakan oleh penduduk pedesaan yang mengandalkan hasil pertanian karena harga produk ini juga mengalami penurunan sekitar 40 sampai 60%.

2. Sebelum dan saat jalannya PD I, benua Eropa merupakan pusat berkumpulnya industri besar di dunia sekaligus pusat berlangsungnya perang dunia perang dunia pertama. Adanya perang besar di wilayah benua biru ini tentu saja mempengaruhi bidang perindustrian, beberapa diantaranya hancur, tidak bisa beroperasi, dan mengakibatkan banyak perusahaan industri gulung tikar.

3. Selain dibidang industri, wilayah penghasil pertanian dan hewan ternak juga terkena dampak yang diakibatkan dari perang dunia I ini. Berlangsungnya perang mengakibatkan pusat pertanian dan peternakan di negara-negara yang terlibat hancur. Untuk mengembalikan kondisi seperti semula, tentu membutuhkan waktu lama dan biaya yang tidak sedikit.

4. Hancurnya sarana fisik dan nonfisik dalam bidang ekonomi.

5. Banyak bermunculan pengangguran di negara-negara Eropa.

6. Negara yang terlibat perang dijerat hutang yang digunakan untuk biaya keperluan perang.

Dampak Perang Dunia I dalam Bidang Sosial

Ada beberapa dampak Perang Dunia I dalam bidang sosial masyarakat, baik itu dampak positif maupun negatif. Berikut ini dampak dibidang sosial, meliputi :

1. Berlangsungnya perang dunia I selama kurang lebih 4 tahun mengakibatkan sekitar 10 juta pasukan militer tewas dan diperkirakan melukai 21 juta orang (militer dan sipil). Jumlah pasukan militer yang tewas paling banyak tercatat adalah di pihak Jerman dan Rusia, yakni 1,7 juta jiwa. Sementara itu, para ahli memperkirakan kurang lebih 13 juta penduduk sipil meninggal akibat langsung atau tidak langsung dari pertempuran ini.

2. Negara-negara di Eropa banyak kehilangan kaum pemuda akibat ikut serta dalam perang.

3. Meningkatnya peran perempuan akibat berkurangnya pemuda di Eropa disebabkan karena perang.

4. Menurunnya angka kelahiran di Eropa, khususnya di negara Perancis.

Demikian pembahasan mengenai Dampak Perang Dunia I dalam Berbagai Bidang, semoga bermanfaat bagi Anda semua. Terimakasih telah berkunjung.

Advertisement
Continue Reading Below