Makalah Media Berbasis Komputer

Advertisement
Continue Reading Below
makalah%2Bkomputer
Assalamualaikum, Berikut ini kami mau sharing kepada anda yang ingin mencari makalah. Dengan makalah ini mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan. Amin.

BAB I
PENDAHULUAN

Latar belakang
Semua bentuk sarana pendidikan disyaratkan mampu membantu peserta didik memahami bahan ajar yang diberikan tenaga pendidik kepadanya, disamping harus pula mampu membangkitkan minat belajar pada peserta didik tersebut.

Sarana pendidikan sebagai media pendidikan harus mampu membangkitkan rangsangan indera penglihatan, pendengaran, perabaan, pengecapan serta penciuman. Untuk tujuan tersebut maka seorang pendidik perlu memiliki sebuah media pembelajaran yang memadai, agar bahan ajar dapat diserap peserta didik dengan sebaik-baiknya.

Menurut Kemp (1975), karakteristik sebuah media pembelajaran merupakan dasar pemilihan media sesuai dengan situasi belajar tertentu. Dia juga mengatakan, bahwa pengetahuan mengenai kekurangan dan kelebihan tertentu yang dimiliki oleh sebuah media pembelajaran, adalah sesuatu yang sangat penting diketahui oleh para tenaga pendidik.

Dua orang ahli pendidikan dari Perancis Gagul dan Raise, berpendapat; dalam menentukan pemilihan media penyampaian pesan tertentu secara umum, ada kaitannya dengan media pembelajaran. Dengan kata lain teknik dan strategi penyampaian informasi yang dilakukan oleh orang umum, pasti akan berlaku juga dalam dunia pendidikan.

Jika kita mengacu pada hasil penelian tersebut, maka pengguanaan program Microsoft Power Point ini akan sangat berdampak pada tujuan pembelajaran yang menekankan pengenalan visual dan prinsip konsep bahan ajar yang diberikan oleh tenaga pendidiknya.

Rumusan Masalah
Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, media pengajaran juga semakin beragam. Salah satunya adalah menggunakan media Microsoft Power Point.

Namun, perkembangan media pengajaran tersebut tidak diiringi dengan kemampuan tenaga pendidik dalam menggunakan media Microsoft Power Point. Sehingga diperlukan pengetahuan bagaimana cara penggunaan Microsoft Power Point dalam pengajaran.

Ruang Lingkup Materi
Dalam upaya memberikan gambaran ruang lingkup materi, maka beberapa hal yang perlu dibatasi pada pembahasan makalah ini adalah:
  • Pengertian Microsoft Power Point.
  • Kelebihan dan kekurangan Microsoft Power Point.
  • Cara Penggunaan Microsoft Power Point dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.



BAB II
PEMBAHASAN

Pengertian Microsoft Power Point
Microsoft Power Point merupakan sebuah software yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan Microsoft, dan merupakan salah satu program berbasis multi media. Didalam komputer, biasanya program ini sudah dikelompokkan dalam program Microsoft Office.

Program ini dirancang khusus untuk menyampaikan presentasi, baik yang diselenggarakan oleh perusahaan, pemerintahan, pendidikan, maupun perorangan, dengan berbagai fitur menu yang mampu menjadikannya sebagai media komunikasi yang menarik.

Beberapa hal yang menjadikan media ini menarik untuk digunakan sebagai alat presentasi adalah berbagai kemampuan pengolahan teks, warna, dan gambar, serta animasi-animasi yang bisa diolah sendiri sesuai kreatifitas penggunanya.

Pada prinsipnya program ini terdiri dari beberapa unsur rupa, dan pengontrolan operasionalnya. Unsur rupa yang dimaksud, terdiri dari slide, teks, gambar dan bidang-bidang warna yang dapat dikombinasikan dengan latar belakang yang telah tersedia. Unsur rupa tersebut dapat kita buat tanpa gerak, atau dibuat dengan gerakan tertentu sesuai keinginan kita.

Seluruh tampilan dari program ini dapat kita atur sesuai keperluan, apakah akan berjalan sendiri sesuai timing yang kita inginkan, atau berjalan secara manual, yaitu dengan mengklik tombol mouse. Biasanya jika digunakan untuk penyampaian bahan ajar yang mementingkan terjadinya interaksi antara peserta didik dengan tenaga pendidik, maka kontrol operasinya menggunakan cara manual.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Power Point
Penggunaan program ini pun memiliki kelebihan sebagai berikut:
  • Penyajiannya menarik karena ada permainan warna, huruf dan animasi, baik animasi teks maupun animasi gambar atau foto.
  • Lebih merangsang anak untuk mengetahui lebih jauh informasi tentang bahan ajar yang tersaji.
  • Pesan informasi secara visual mudah dipahami peserta didik.
  • Tenaga pendidik tidak perlu banyak menerangkan bahan ajar yang sedang disajikan.
  • Dapat diperbanyak sesuai kebutuhan, dan dapat dipakai secara berulang-ulang
  • Dapat disimpan dalam bentuk data optik atau magnetik. (CD / Disket / Flashdisk), sehingga praktis untuk dibawa ke mana-mana.


Kekurangannya Microsoft Power Point:
  • Harus ada persiapan yang cukup menyita waktu dan tenaga.
  • Jika yang digunakan untuk presentasi di kelas adalah PC, maka para pendidik harus direpotkan oleh pengangkutan dan penyimpanan PC tersebut.
  • Jika layar monitor yang digunakan terlalu kecil (14”-15”), maka kemungkinan besar siswa yang duduk jauh dari monitor kesulitan melihat sajian bahan ajar yang ditayangkan di PC tersebut..
  • Para pendidik harus memiliki cukup kemampuan untuk mengoperasikan program ini, agar jalannya presentasi tidak banyak hambatan.


Disamping kelebihan dan kekurangan yang telah dipaparkan di atas, kita juga harus mengetahui dengan pasti beberapa hal yang harus dipersaratkan untuk komputer/PC yang kita gunakan untuk presentasi ini, antara lain:
  • PC minimal memiliki RAM 64 MB, Layar monitor minimal 15”, dengan prosesor Pentium II.
  • Tersedia soket atau drive untuk salah satu media penyimpan data, misalnya: CD-ROM, Soket USB, atau palking tidak memiliki Floppy disk yang berfungsi dengan baik.
  • Untuk presentasi yang lebih menarik, biasanya difungsikan pula speaker untuk mengeluarkan suara narasi atau suara efek tertentu presentasi tersebut.


Persaratan di atas adalah persyaratan minimal yang harus dipenuhi agar resentasi yang dihasilkan dapat berguna sebagaimana mestinya.

Cara Penggunaan Microsoft Power Point
Memulai Power Point
Memulai Microsoft Power Point tidak berbeda dengan software under windows yang lain, pertama harus dipastikan bahwa operating system windows telah berjalan dengan baik, kemudian Ms-office juga sudah terinstall dengna baik, karena Power Point biasanya sudah terintegrasi dengan Ms-Office yang lain seperti MS-Word, Excel dan lain-lain.
Untuk memulai Power Point tidaklah berbeda dengan memulai program aplikasi lain, yaitu dari :
  1. Start
  2. Program
  3. MS Power Point.

Pilihlah salah satu Slide Layout yang Anda kehendaki

  1. Klik salah satu bentuk slide
  2. Klik OK.
  3. Klik “Click to add title” tuliskan kata sesuai dengan titel yang Anda kehendaki.

Memformat Font

Dalam pengoperasian MS Power Point sama seperti pada MS Word, untuk membesarkan ukuran font, mengganti warna font, menebalkan, membuat miring, garis bawah, alignment dan lain-lain.

Membuat Background
Dalam presentasi tampilan adalah lebih utama, karena semakin menarik tampilannya, akan semakin menarik pula gaya presentasinya. Untuk membuat tampilan yang menarik, dapat diatur backgroundnya, caranya adalah :
  1. Klik menubar Format.
  2. Klik Background.
  3. Muncul kotak dialog Background.
  4. Klik Field Color untuk membuat background.
  5. Klik field Color (warna, default berwarna putih).
  6. Ada 3 pilihan, yaitu apabila Anda menghendaki warna yang telah disediakan pilih warna tersebut, apabila Anda menghendaki warna lain klik More Colors, apabila menghendaki warna variasi, atau warna dengan image, warna dengan texture, warna pattern, klik fill Effect.
  7. Anggaplah yang dipilih adalah tektur,
  8. Klik OK
  9. Klik Apply to All.


Animasi dan Efek
Pembuatan animasi dalam presentasi, pada dasarnya setiap versi Ms Office sama, perbedaannya hanya terletak pada fasilitas. Semakin tinggi versi MS Officenya maka semakin banyak fasilitas yang disediakan. Berikut ini akan disajikan animasi dengan MS Office 2000 setiap slide yang mewakili beberapa teks.
Langkah-langkah pembuatan animasi ini adalah :
  1. Klik Menubar Slide Show
  2. Klik Custom Animations.
  3. Muncul kotak dialog Custom Animations.


Aktifkan Tab Order & Timing.
  1. Pada Field Check to animate slide objects : checkmark (bahasa jawa : Centang) seluruh title dan teks.
  2. Aktifkan Tab Order & Timing.
  3. Tentukan Animasi nanti akan berganti apabila mouse bergerak atau secara otomatis.
  4. Aktifkan Tab Effects, Klik dan pilih semua kata, tiap kata, atau tiap karakter, Klik dan pilih darimana effek dimulai dan Klik dan pilih salah satu bentuk effeknya
  5. Klik Title 1
  6. Tentukan bentuk effek dan asal dimulainya effek pada field Entry animation and sound.
  7. Tentukan tiap slide, tiap kata, atau tiap karakter pada field Introduce text.
  8. Klik Text 2 dan lakukan hal yang sama seperti Title 1.
  9. Klik Ok, untuk mengakhiri pembuatan effek.


Menambah Slide
Untuk menambah slide, atau slide baru, dapat dilakukan dengan menekan Ctrl + M (Control M), atau dari menubar Insert klik New Slide.

Menjalankan presentasi.
Untuk melihat hasil dari rangkaian pembuatan presentasi ini dapat dilakukan dengan menekan F5, atau dari menubar Slide Show pilih View Show.

Menyimpan
Menyimpan hasil pembuatan presentasi cukup tekan Ctrl + S, atau dari menubar klik File, pilih Save. Tentukan nama file dan tempat menyimpan file, lalu klik Save.

BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Penggunaan berbagai media pembelajaran selama dapat menunjang kelancaran dan peningkatan kualitas pendidikan dapat saja digunakan, dengan catatan tenaga pendidik yang bersangkutan telah mengetahui kekurangan serta kelebihan media yang digunakannya tersebut.

Program Aplikasi Microsoft Power Point, dalam penggunaannya memerlukan beberapa peralatan khusus, dan pembuatnya harus menguasai program tersebut secara memadai, agar penyajiannya tidak monoton dan membosankan. Dalam pengajaran Bahasa Indonesia khususnya juga memerlukan media Microsoft Power Point untuk memudahkan pendidik memberikan materi ajar.

Setiap inovasi pembelajaran akan menghasilkan sesuatu yang menarik bagi peserta didik, tetapi inovasi tanpa pengembangan lebih lanjut justru akan berdampak kurang menarik, dan mengurangi minat peserta didik terhadap bahan ajar yang disajikan.

Saran
Di akhir tulisan ini, penulis ingin menyampaikan saran kepada para tenaga pendidik di sekolah agar memanfaatkan fasilitas teknologi khususnya Microsoft Power Point dalam pengajaran Bahasa Indonesia.

Demikian saran dan harapan ini penulis sampaikan semoga menjadi masukan yang bermanfaat bagi yang bersangkutan, sebagai bahan pertimbangan untuk perbaikan di masa yang akan datang. Terima kasih.

DAFTAR PUSTAKA

www.google.com
http://diknashskkab.blogspot.com/
Advertisement
Continue Reading Below