Menyusun Bagian-bagian Teks Eksplanasi

Advertisement
Continue Reading Below
Pernahkah kalian melihat proses terjadinya fenomena alam, misalnya gempa bumi dan banjir. Nah proses terjadi fenomena alam itu bisa dijelaskan secara rinci dengan menyusun dengan bentuk teks eksplanasi.

Teks Eksplanasi adalah teks yang berupa menjelaskan proses terjadinya sebuah peristiwa. proses terjadinya peristiwa itu disusun secara urut agar dapat dipahami mengapa sebuah peristiwa itu dapat terjadi.

Menyusun Bagian-bagian Teks Eksplanasi
Menyusun Bagian-bagian Teks Eksplanasi

Ada tiga bagian agar teks proses terjadinya sebuah peristiwa menjadi sebuah teks eksplanasi yang baik.

1. Pernyataan Umum

Pernyataan umum biasanya berada di awal paragraf yang bertujuan untuk memberikan gambaran umum tentang apa yang ingin disampaikan. Pernyataan umum juga merupakan sebuah ide pokok yang nantinya akan dijelaskan dibagian deretan penjelas.

Dalam pernyataan umum ini bisa diawali dengan memberikan pernyataan tentang terjadinya sebuah peristiwa dan ada juga yang diawali dengan sebuah pertanyaan kepada para pembaca.

Oleh karena itu pernyataan umum adalah sebuah pembuka yang diawali dengan memberikan penjelasan secara umum.

2. Deretan Penjelas

Deretan penjelas adalah bagian kedua untuk menyusun teks eksplanasi. Deretan penjelas ini memiliki lebih dari satu paragraf. Pada bagian ini semua pernyataan umum pada bagian pertama dijelaskan secara rinci agar para pembaca dapat memahami secara detail.

Dengan deretan penjelas maka sebuah peristiwa atau kejadian dijelaskan secara rinci dari sebab sampai dengan akibat yang ditimbulkannya.

Dengan kedua bagian pernyataan umum dan deretan penjelas ini bisa dikatakan teks eksplanasi sudah selesai. Akan tetapi agar pembaca lebih paham maka diberi paragraf penutup.

3. Interpretasi

Pada bagian ini segala penjelasan dari pernyataan umum sampai dengan deretan penjelas disimpulkan. Kemudian dapat juga diberi kesan, pendapat atau pandangan terhadap peristiwa yang dijelaskan dan uraikan tadi.

Jika sudah memberikan kesimpulan dan menambah berupa kesan, pendapat dan pandangan maka, teks eksplanasi sudah dikatakan selesai dan lengkap.

Nah mudah sajakan untuk membuat teks eksplanasi. Jadi yang perlu diingat adalah tiga bagian penting agar eksplanasi yang disusun menjadi teks eksplanasi yang baik.

Semoga dengan adanya tulisan ini bermanfaat. Jika tulisan ini dirasa bermanfaat silakan dibagikan kepada yang lainnya. terima kasih.
Advertisement
Continue Reading Below