Peraturan Olahraga Bola Basket Menurut FIBA dan NBA

Advertisement
Continue Reading Below

Peraturan olahraga bola basket adalah sebuah prinsip yang mengatur dan mengendalikan jalannya sebuah pertandingan. Peraturan ini disusun, disahkan dan diterbitkan oleh FIBA (Federation Internationale de Basketball), khususnya oleh Komisi Teknis (Technical Commission), yang disebut sebagai Official Basketball Rules

Peraturan Olahraga Bola Basket Menurut FIBA dan NBA

Peraturan atau Rules tersebut bukanlah satu-satunya peraturan olahraga bola basket yang ada di dunia internasional, tetapi merupakan peraturan yang paling banyak digunakan di sejumlah negara, termasuk di Indonesia.

Dalam perkembangannya, Official Basketball Rules telah mengalami beberapa kali revisi. Perubahan tersebut tidak lain untuk memberikan jawaban pada sistem olahraga modern yang menuntut suatu permainan yang atraktif, dinamis, dan progresif sehingga dapat menarik banyak peminat.

Sampai disusunnya tulisan ini, edisi terbaru dari Official Basketball Rules adalah edisi tahun 2020 yang telah disetujui oleh Dewan Utama (Central Board) FIBA dan resmi berlaku mulai tanggal 1 Oktober 2020. Karenanya, sebagian besar referensi yang digunakan dalam tulisan ini bersumber pada Official Basketball Rules 2020.

Pentingnya Aturan Olahraga Bola Basket

Peraturan olahraga bola basket dibuat dengan tujuan dan semangat untuk memberikan kesempatan berkompetisi yang adil dan seimbang bagi kedua tim yang sedang bertanding. Peraturan pertandingan adalah sebuah perangkat yang mendefinisikan tingkat keleluasaan dan juga batasan kepada semua personel yang terlibat di dalamnya.

Maka dari itu, seorang pelatih dan pemain wajib mengerti dan memahami peraturan olahraga bola basket dengan baik. Mengapa demikian ? Ini supaya ia mampu mengintegrasikan pemahaman tersebut dengan sistem permainan yang akan ia latihkan kepada timnya. Sebagai contoh, tidak mungkin seorang pelatih memberikan suatu pola penyerangan yang mengharuskan pemain post berada di dalam daerah key hole selama lebih dari 3 detik (karena pemain tersebut akan terkena pelanggaran 3 detik).

Contoh lainnya, Seorang player bola basket terkena travelling foul disebabkan melangkah lebih dari 3 kali tanpa menggiring atau memantulkan bola selama pertandingan berjalan. Ini dikarenakan kurangnya pemahaman mengenai aturan dalam olahraga bola basket, yang menyebabkan seorang personel kebingungan mencari ruang untuk shooting.

Selain itu, pemahaman yang mendalam tentang peraturan olahraga bola basket pun akan sangat membantu pelatih dan player dalam situasi pertandingan (game situation). Dari sisi para pelatih pengetahuan tentang peraturan ini bisa diberikan kepada para pemain yang ia latih sehingga mereka mengerti hal-hal apa saja yang boleh mereka lakukan dan hal-hal apa saja yang tidak boleh.

Sedangkan dari sisi pemain, pengetahuan peraturan olahraga bola basket dapat dimanfaatkan untuk bergerak lebih cepat, sehingga tidak ada kebingungan antar pemain. Selain itu para personel dilapangan mampu melakukan koordinasi tanpa harus menunggu perintah dari pelatih.

Setelah menyadari pentingnya pemahaman peraturan olahraga bola basket, diharapkan pelatih dan player bola basket mau berusaha lebih keras untuk belajar mendalaminya dan tidak ragu untuk berdiskusi, bertanya, mengemukakan pendapat, dan saling membantu demi kemajuan olahraga bola basket itu sendiri.

Peraturan Resmi Olahraga Bola Basket

Pada olahraga bola basket terdapat aturan yang menjadi dasar tim maupun wasit dan perlengkapan yang mendukung terlaksananya sebuah permainan olahraga bola basket. Berikut ini akan dijelaskan mengenai peraturan olahraga bola basket berdasarkan FIBA (Federation International Basketball) dan NBA (National Baskteball Association).

Peraturan olahraga bola basket tentang perlatan dan perlengkapan tersebut yaitu sebagai berikut:

Aturan Ukuran Lapangan Bola Basket

Pada peraturan olahraga bola basket sebuah lapangan diwajibkan rata, mempunyai permukaan keras yang bebas dari segala sesuatu yang menghalangi. Ukuran untuk lapangannya, ada perbedaan antara FIBA dan NBA dari ukuran panjang dan lebarnya. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Ukuran Lapangan Menurut aturan FIBA

  1. Ukuran lapangan panjang 28 meter dan lebar 15 meter.
  2. Panjang diameter lingkar tengah 3,6 meter.
  3. Jarak 3-point line dari ring basket adalah 6,75 meter dari sisi tengah lapangan, dan 6,6 meter dari corner spot.
  4. Tinggi ring basket standar adalah 3,05 meter atau sekitar 10 kaki dari jarak free throw sepanjang 4,6 meter.

Ukuran Lapangan Menurut aturan NBA

  1. Ukuran lapangan adalah 28,65 meter dan lebar 15,24 meter.
  2. Panjang diameter lingkar tengah 3,66 meter.
  3. Tinggi ring basket yaitu 3,05 meter.
  4. Jarak 3-point line dari basket jauh lebih panjang yakni 7,24 meter untuk area tengah dan 6,7 meter dari sisi corner.

Aturan Pemain Bola Basket

Peraturan olahraga bola basket sudah mengatur bahwa setiap tim berjumlah 12 orang, termasuk lima orang sebagai starter di lapangan yang sudah mempunyai posisi dan tugasnya masing-masing, dan tujuh orang sebagai pemain cadangan. Lima orang pemain dari masing-masing tim akan berada di lapangan permainan selama waktu permainan dan boleh diganti dengan pemain cadangan. Seragam pemain dalam satu tim bola basket terdiri dari 2 yaitu:

  1. Kaos dengan warna dominan yang sama bagian depan dan belakang. Semua pemain harus memasukkan kaos ke dalam celana bermainnya.
  2. Celana pendek dengan warna dominan yang sama bagian depan dan belakang, tetapi tidak perlu sewarna dengan kaosnya.
  3. Setiap tim diharuskan mempunyai 2 set seragam, yaitu: seragam saat pertandingan di tempat sendiri (home) dan bertamu ke tempat lawan (away).
  4. Seragam home dan away diharuskan berbeda warna.
  5. Menurut FIBA penomoran pada seragam adalah 4-15. Sedangkan NBA yaitu 0-99.
  6. Kaos kaki dengan warna dominan yang sama untuk semua pemain dari suatu tim dan mengenakan sepatu basket.
  7. Pemain mempunyai nomor yang berbeda, serta dilengkapi nomor di dada dan punggung. Lebar dan Tinggi penomoran dada 10 cm x 20 cm ±, dan di bagian punggung 20 cm x 20 cm ±.
  8. Menggunakan dekker sebagai pengaman kaki, dan hand band yang berukuran tidak lebih dari 5 cm.
  9. Tidak diperbolehkan menggunakan aksesoris tubuh, contohnya anting-anting, kalung, cincin, dan sejenisnya.

Peraturan Pada Ukuran Bola

Pada peraturan olahraga bola basket ada beberapa aturan yang harus dipatuhi untuk penggunaan bola dalam permainan dan juga saat pertandingan resmi diselenggarakan. Berikut ini adalah penjelasannya:

Ukuran Bola Basket Standar

Ukuran Bola Basket standar yang digunakan untuk bermain harus memenuhi standar dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Bola basket terbuat dari bahan karet yang mempunyai lapisan sejenis kulit.
  2. Berat bola basket : 600 – 650 gram.
  3. Keliling bola basket : 75 – 78 cm.
  4. Tekanan udara bola basket 4,26-4,61 psi, harus mampu melambungkan bola dengan ketinggian 120 – 140 cm.

Sebenarnya tidak ada perbedaan ukuran dan berat bola basket standar secara nasional dan internasional. Secara umum ukuran dan berat bola basket sudah memiliki aturannya yang dikeluarkan oleh beberapa organisasi seperti FIBA, NBA dan NCAA.

Walaupun telah ditetapkan secara internasional, namun ada beberapa perbedaan tentang ukuran bola basket standar yang ditetapkan oleh FIBA, NBA dan NCAA :

  1. Ukuran Bola Basket untuk standar nasional dan internasional memiliki keliling ukuran berat tekanan udara bola basket antara 75 cm sampai 78 cm. Sementara untuk berat bola basket di antara 600 gr sampai 650 gr.
  2. Ukuran Bola Basket Standar FIBA. Berdasarkan ketetapan FIBA, ukuran bola basket yang disetujui yaitu memiliki keliling 749 mm sampai 780 mm dengan berat bola basket antara 567 gr sampai 650 gr.
  3. Ukuran Bola Basket Standar NBA. Untuk pertandingan NBA, ukuran bola basket yang di setujui yaitu 749,3 mm sampai 755,65 mm dengan berat bola basket 623,7 gram/
  4. Ukuran Bola Basket Standar NCAA. NCAA menetapkan standar ukuran bola untuk keliling bola antara 749,3 mm sampai 762 mm dengan berat bola basket 567 sampai 623,7 gram.

Ukuran Bola Basket Untuk Pertandingan Resmi

Peraturan olahraga bola basket juga sudah mengatur mengenai ukuran bola basket yaitu untuk jenis pertandingan resmi bola basket, berat bola tidak menjadi ukuran, yang digunakan adalah tiga ukuran antara lain 5,6 dan 7. Ukuran 7 dipakai untuk pertandingan professional, ukuran 6 untuk pertandingan resmi tingkat SMP sementara ukuran 5 untuk pertandingan resmi anak SD.

Aturan Wasit, Petugas Meja, dan Commissioner Bola Basket

Wasit dalam olahraga bola basket terdiri dari seorang referee satu atau dua umpire yang akan dibantu oleh petugas meja dan oleh seorang commissioner.

Petugas meja bertugas sebagai pencatat angka dan pengatur waktu, sedangkan commissioner dalam pertandingan bola basket bertugas mengawasi kerja dari petugas meja dan membantu referee dan umpire dalam memperlancar pertandingan.

Wasit dan petugas meja berpakaian seragam, yang terdiri dari kaos wasit, celana panjang hitam, kaos kaki hitam, dan sepatu bola basket berwarna putih. Dalam suatu petandingan wasit yang bertugas tidak boleh mempunyai hubungan apapun dengan kedua tim di lapangan permainan.

Peraturan Waktu Permainan Bola Basket

Dalam peraturan olahraga bola basket, ada dua aturan waktu, yakni waktu saat kedatangan dan saat pertandingan. Aturan waktu kedatangan saat persiapan sebelum pertandingan dimulai adalah para pemain harus hadir 30 menit sebelum berjalannya pertandingan.

Sedangkan saat Pertandingan basket, terdiri dari 4 periode dengan masing-masing sepuluh menit (4×10 menit). Diantara periode pertama dan kedua (babak pertama) terdapat jeda permainan selama dua menit, begitu juga diantara periode ketiga dan keempat (babak kedua), dan sebelum tiap periode tambahan.

Jeda permainan antara babak pertama dan kedua terjadi selama 15 menit. Sebelum pertandingan dimulai, terdapat waktu 20 menit yang digunakan sebagai pemanasan pemain. Jika terjadi angka imbang di akhir waktu permainan periode keempat, pertandingan akan dilanjutkan dengan periode tambahan selama lima menit sebanyak yang dibutuhkan untuk mencari selisih angka.

Perlengkapan dan Peralatan Basketball

Olahraga bola basket juga didukung dengan perlengkapan dan peralatan lain, yaitu:

  1. Jam pertandingan
  2. Papan pencatat angka
  3. Jam twenty four (24) seconds
  4. Stopwatch atau peralatan yang sesuai (dapat terlihat), untuk mengukur waktu time-out (bukan jam pertandingan)
  5. Dua sinyal suara secara terpisah yang berbeda dengan jelas dan keras
  6. Scoresheet
  7. Penunjuk foul pemain
  8. Penunjuk team foul
  9. Tanda panah alternating possession
  10. Pencahayaan yang memadai

Aturan Memainkan Bola

  1. Skor terhitung jika bola masuk ke ring tim lawan.
  2. Memegang bola basket harus di antara kedua telapak tangan.
  3. Pemain bisa melempar bola ke arah manapun (asal tidak keluar lapangan permainan). Tapi dilarang meninju bola.
  4. Pemain tidak boleh membawa bola lebih dari 3 langkah tanpa mendriblingnya.
  5. Jika bola keluar lapangan oleh lawan, maka pemain diberi lemparan ke dalam dalam jangka waktu 5 detik setelah bola dipegang sang pemain. Jika melebihi 5 detik, lemparan ke dalam diberikan ke pihak lawan.
  6. Tim yang skor bola masuk ring yang paling besar, dialah tim pemenang pertandingan.

Pelanggaran Pertandingan Bola Basket

  1. Touching adalah menyentuh tangan pemain lawan saat pemain lawan akan melakukan tembakan ke ring. Pelanggaran.
  2. Pushing adalah mendorong pemain lawan saat mereka akan menembak ke ring.
  3. Jumping adalah gerakan melompat sambil akan menembakkan bola, tetapi tidak jadi.
  4. Travelling adalah bergerak lebih dari 3 langkah dengan membawa bola tanpa mendribling.
  5. Technical Foul adalah memprotes keputusan seorang wasit yang sudah ditetapkan.
  6. Unspotmantlike Foul adalah tindakan tidak sportif yang terlihat hendak mencederai pemain lawan.
  7. Defensive Foul adalah pelanggaran yang dilakukan lawan kepada pemain yang sedang bertahan.
  8. Personal Foul adalah tiap pemain dibatasi maksimal melakukan 4x pelanggaran, jika melebihi maka didiskualifikasi.
  9. Ofensive Foul adalah saat pemain lawan menyerang, pemain melakukan pelanggaran.
  10. Team Foul adalah tembakan bebas yang diberikan wasit jika tim lawan melakukan 5x pelanggaran.
  11. 3 Second Violation adalah saat pemain melakukan serangan,kemudian tidak melakukan tembakan bebas ketika waktu 3 detik berlalu.
  12. 8 or 10 Second Violation adalah pelanggaran yang dilakukan oleh pemain ketika melakukan serangan dan tidak menembak atau mengoper bola setelah 8 atau 10 detik waktu berlalu.
  13. 24 or 30 Second Violation adalah pelanggaran yang dilakukan oleh pemain ketika melakukan serangan dan tidak menembak ke ring lawan setelah 24 atau 30 detik waktu berlalu.
  14. Back Ball adalah setelah mendrible bola melewati area timnya, tapi kemudian mengoper atau mendrible balik ke area timnya.

Demikian peraturan olahraga bola basket lengkap yang sudah dijelaskan. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Advertisement
Continue Reading Below