Peralatan dan Perlengkapan Bola Basket yang Wajib Anda Ketahui

Advertisement
Continue Reading Below

Peralatan dan perlengkapan pertandingan bola basket adalah hal yang sangat penting disediakan ketika melaksanakan kegiatan olahraga bola basket, terlebih jika ada sebuah pertandingan resmi yang akan diselenggarakan. Seperti yang Anda ketahui, bahwa dalam setiap kegiatan olah raga apapun itu, pasti harus melengkapi diri dengan peralatan dan perlengkapan ketika akan melakukan olah raga, termasuk dengan olahraga bola basket ini.

Peralatan dan Perlengkapan Pertandingan Bola Basket

Ini dikarenakan peralatan dan perlengkapan pertandingan bola basket itu cukup penting dan dapat berpengaruh langsung pada olahraga bola basket tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa pertandingan bola basket sudah menjadi salah satu cabang olah raga yang cukup populer di Indonesia. Walaupun prestasinya belum bisa menembus tingkat internasional, namun pelatihan pada olahraga bola basket ini sudah semakin terus ditingkatkan oleh Perbasi (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia).

Termasuk di dalamnya adalah fasilitas pendukung dalam olahraga bola basket. Dan ketika kita berbicara tentang fasilitas, perlengkapan atau peralatan ini menjadi faktor yang sangat penting yang harus diperhatikan.

Dalam pertandingan bola basket tidak hanya soal peraturan permainan, jumlah wasit dan teknik dasar dalam basketball saja yang harus diperhatikan, namun perlengkapan bola basket juga harus dipersiapkan dan disediakan. Lalu, apa saja peralatan dan perlengkapan pertandingan bola basket yang wajib ada ? Berikut ini adalah tujuh peralatan dan perlengkapan yang wajib disediakan ketika menyelenggarakan pertandingan bola basket yaitu:

Peralatan Teknik

Peralatan teknik ini digunakan untuk wasit, petugas meja, dan commissioner sebagai penghitung poin dan lama waktu yang dibutuhkan ketika pertandingan bola basket berlangsung. Ini dikarenakan dalam setiap pertandingan ada waktu dimulai, dan diakhirinya setiap quarter yaitu 10 menit. Berikut ini peralatan teknik dalam pertandingan bola basket yaitu:

  1. Untuk pencatatan waktu diperlukan sedikitnya 2 buah stopwatch, satu untuk pencatat waktu serta satu lagi untuk penanda time out (waktu habis).
  2. Alat untuk mengukur waktu 30 detik saat pertandingan bola basket.
  3. Kertas score (Scoring Book) untuk mencatat merekam pertandingan, atau untuk melihat perkembangan poin antar kedua tim.
  4. Scoring board Jika Anda pernah bermain dalam pertandingan bola basket atau menyaksikan pertandingan olahraga bola basket, tentu sudah tidak asing lagi dengan scoring board. Alat ini digunakan untuk memberitahukan tanda kesalahan perorangan. Biasanya adalah dengan menggunakan angka, mulai dari angka 1 hingga angka 5, selain itu scoring board juga bisa menggunakan bendera merah sebanyak dua untuk memberitahukan kesalahan regu.
  5. Bendera merah dua buah untuk kesalahan regu.

Lapangan Basket

Ukuran lapangan bola basket sesuai dengan standar internasional adalah panjang 26 meter dan lebar 14 meter yang di ukur dari pinggir garis batas lapangan basket. Sedangkan untuk ukuran nasional (Indonesia) adalah panjang 28 meter dan lebar meter. Jika Anda baca lagi ternyata ada perbedaan antara ukuran dengan standar nasional dan internasional, ini dikarenakan variasi ukuran lapangan basketball memang diperolehkan dengan menambah atau mengurangi ukuran panjang 2 meter serta menambah atau mengurangi ukuran lebar 1 meter. Didalam lapangan basket ini terdapat beberapa ukuran, seperti lingkaran tengah, dan lain sebagainya.

Tiang Penyangga

Tiang penyangga ini adalah tempat dimana papan pantul (backboard) dan ring basket disediakan saat melakukan latihan atau pertandingan bola basket diadakan. Tiang penyangga pada pertandingan bola basket terbuat dari besi, dengan tinggi 3,05 meter dari lantai lapangan. Tiang ini juga harus kuat terhadap getaran yang sering terjadi karena tembakan seperti dunk, tembakan keras dari luar garis 3-point, dan variasi tembakan lainnya. Selain itu, warna dari tiang penyangga harus kontras dan terlihat berbeda dari warna background, sehingga pemain tahu letak posisinya.

Papan Pantul (Backboard)

Papan pantul atau yang disebut backbord ini juga penting karena memiliki fungsi supaya bola tidak keluar jalur, dan mengenai penonton yang ada di belakang ring basket. Terlebih jika ada seorang Shooting Guard atau Point Guard yang melakukan tembakan dari luar garis tiga (3) angka. Selain itu, papan pantul (backboard) juga bisa digunakan sebagai pantulan ketika melakukan lay up atau rebound shoot saat pertandingan bola basket.

Papan pantul pada olahraga basketball dibuat dari kayu keras setebal 3 cm atau dari bahan transparant. Ukuran papan pantul antara standar nasional dan internasional mempunyai kesamaan yaitu untuk ukuran luarnya berukuran panjang 1,8 meter dan lebar 1,2 meter, sedangkan ukuran dalam panjangnya 0,59 meter dan lebarnya 0,45 meter. Tinggi papan, 275 cm dari permukaan lantai sampai kebagian bawah papan, dan terletak tegak lurus 120 cm jaraknya dari titik tengah garis akhir lapangan.

Ring Basket

Ring basket merupakan perlengkapan yang penting dalam pertandingan bola basket dikarenakan fungsinya yang digunakan untuk mencetak poin atau skor supaya memenangkan pertandingan.

Ring pada pertandingan bola basket terdiri dari Ring dan Jala. Ring tersebut dari besi yang keras dengan garis tengah 45 cm berwarna jingga. Tinggi ring 3,5 meter dari permukaan lantai dan dipasang di sudut bawah permukaan papan pantul dengan jarak 15 cm. Sedangkan jala berupa tali anyaman yang umumnya terbuat dari nilon dan digantungkan pada ring, dengan panjang jala 45 cm.

Bola

Bola untuk pertandingan basketball terbuat dari karet yang menggelembung dan dilapisi sejenis kulit, karet atau sintesis. Ukuran bola basket meliputi keliling bola tidak kurang dari 75 cm dan tidak lebih dari 78 cm, serta beratnya tidak kurang dari 600 gram dan tidak lebih dari 650 gram. Bola tersebut dipompa sedemikian rupa, sehingga jika dipantulkan ke lantai dari ketinggian 180 cm akan melambung tidak kurang dari 120 cm tidak lebih dari 140 cm.

Perlengkapan Personal

  1. Sepatu Basket Sepatu basket dirancang untuk memiliki interaksi yang kuat dengan lantai lapangan. Juga lebih panjang dan tinggi pada pergelangan kakinya jika dibandingkan dengan sepatu olahraga lainnya. Hal ini berfungsi untuk memberikan support tambahan pada pergelangan kaki pemain untuk membatasi risiko cedera pergelangan kaki. Contohnya seperti Sepatu Nike LeBron dan Sepatu Under Armour Curry yang sering dipakai di liga NBA
  2. Kostum Pemain Pakaian atau kostum pemain basket disesuaikan dengan kebutuhan. Disamping baju olahraga yang tidak mengganggu gerakan, kostum juga harus dibuat sedemikian rupa agar tidak sama dengan tim lain. Pada umumnya, para pemain akan memakai kastum berupa kaos tanpa lengan dengan celana pendek dan sepatu karet.

Itulah peralatan dan perlengkapan yang wajib Anda sediakan ketika menyelenggarakan pertandingan bola basket. Bagi Anda yang sedang belajar untuk menjadi pemain basket, penjelasan ini sudah cukup jelas dan lengkap informasinya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda semua.

Advertisement
Continue Reading Below