Ukuran, dan Berat Bola Basket Standar FIBA

Advertisement
Continue Reading Below

Dalam permainan bola basket, untuk berat bola basket, ukuran dan tekanan bola basket pun diatur dalam peraturan permainan bol basket menurut standar Federasi Bola Basket Internasional atau FIBA. Bagi Anda yang baru mengenal dan baru bermain permainan bola basket, untuk ukuran dan tekanan atau berat bola basket yang standar, mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kita semua.

Padahal cabang olah raga yang memakai peralatan seperti bola basket ini, dan semua hal yang berhubungan dengan permainan bola basket tentu harus ada ketentuannya dan aturannya selain, seperti peraturan permainan, ukuran lapangan, dan juga berat ukuran dan tekanan bola basket itu sendiri.Setelah sebelumnya kita membahas materi tentang teknik dasar dala permainan bola basket, nah untuk kali ini kita akan membahas materi tentang ketentuan berat ukuran dan tekanan udara bola basket yang benar menurut standar FIBA.

Berbicara mengenai ukuran tentu tidak hanya sekedar membahas materi tentang ukuran berat bola basket saja, melainkan juga meliputi ukuran keliling dan tekanan udara bola basket yang diatur dan ditentukan dengan ukuran standar menurut peraturan permainan bola basket internasional FIBA. Sehingga mengenai berat, ukuran dantekanan udara dalam permainan bola basket dapat diseragamkan pada setiap pertandingan permainan bola basket baik itu tingkat nasional maupun tingkat internasional.

Berat Bola Basket Standar FIBA

Untuk ukuran Bola Basket standar yang digunakan untuk bermain dalam setiap pertandingan permainan bola basket harus memenuhi standar dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Bola basket terbuat dari bahan karet yang mempunyai lapisan sejenis kulit.
  2. Berat bola basket : 600 – 650 gram.
  3. Keliling bola basket : 75 – 78 cm.
  4. Tekanan udara bola basket  4,26-4,61 psi, harus mampu melambungkan bola dengan ketinggian 120 – 140 cm pada saat bola dipantulkan kelantai.
ukuran bola basket, berat bola basket,

Sebenarnya tidak ada perbedaan ukuran dan berat bola basket standar secara nasional dan internasional. Secara UMUM ukuran dan berat bola basket sudah di tetapkan oleh beberapa organisasi seperti FIBA, NBA dan NCAA. Walaupun telah ditetapkan secara internasional, namun ada beberapa perbedaan tentang ukuran bola basket standar yang ditetapkan oleh FIBA, NBA dan NCAA :

  1. Ukuran Bola Basket untuk standar nasional dan internasional memiliki kelilingantara 75 cm sampai 78 cm. Sementara untuk berat bola basket di antara 600 gram sampai 650 gram.
  2. Ukuran Bola Basket Standar FIBA : Berdasarkan ketetapan FIBA, ukuran bola basket yang disetujui yaitu, memiliki keliling 749 mm sampai 780 mm dengan berat bola basket antara 567 gram sampai 650 gram.
  3. Ukuran Bola Basket Standar NBA : Untuk pertandingan NBA, ukuran bola basket yang di setujui yaitu, 749,3 mm sampai 755,65 mm, dengan berat bola basket 623,7 gram.
  4. Ukuran Bola Basket Standar NCAA : NCAA menetapkan standar ukuran bola untuk keliling bola antara 749,3 mm sampai 762 mm dengan berat bola basket 567 sampai 623,7 gram.

Ukuran Bola Basket untuk Pertandingan Resmi

Untuk jenis pertandingan resmi dalam permainan bola basket, berat bola basket tidak menjadi ukuran, yang digunakan adalah tiga ukuran antara lain 5,6 dan 7. Ukuran 7 dipakai untuk pertandingan professional, ukuran 6 untuk pertandingan resmi tingkat Sekolah Menengah Pertama atau SMP, dan sementara ukuran 5 untuk pertandingan resmi anak sekolah dasar atau SD.

Demikianlah materi singkat tentang berat ukuran dan tekanan udara bola basket yang benar menurut peraturan Federasi Bola Basket Internasional FIBA. Semoga materi pembahasan yang ditulis oleh situs ‘Edugoedu‘ tentang berat ukuran dan tekanan udara bola basket yang benar menurut standar federasi bola basket internasional ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang mempelajari materi berat ukuran dan tekanan bola basket yang benar ini.

Advertisement
Continue Reading Below