Apa itu Peradaban Mesopotamia ? Sejarah Beserta Video Pembelajarannya

meso10.jpg
Advertisement
Continue Reading Below

Peradaban Mesopotamia adalah nama kuno untuk wilayah yang sekarang menjadi negara Irak.Mesopotamia berasal dari kata mesos (tengah) dan Potamos (Sungai). Selain itu Mesopotamia juga dijuluki sebagai tempat lahirnya peradaban, karena di sana banyak lahir peradaban kuno, seperti Sumeria, Babylonia, dan Assyria.

Mesopotamia berdiri pada tahun 5000 Sebelum Masehi. Nama “Mesopotamia” berarti “tanah di antara dua sungai”. Kedua sungai yang mengapit Mesopotamia adalah sungai Tigris dan sungai Eufrat, sedang penghuni pertama tempat itu adalah bangsa Sumeria. Pada saat ini, wilayah tersebut dikenal sebagai Irak.

Pada 5000 tahun Sebelum Masehi, bangsa Sumeria bertani dan mengairi lahan mereka dengan air dari sungai Eufrat, dan tinggal di dalam rumah batu yang dibangun dengan lekatan lumpur. Mereka juga menemukan sistem penulisan pertama (cuneiform), yang dibuat dengan membentuk dan menggoreskan tanda di atas lembaran tanah liat.

Sumeria juga menjadi bangsa pertama yang mengembangkan sistem pemerintahan dan hukum terperinci, selain menemukan ilmu hitung dan astronomi, sehingga mereka bisa menentukan jumlah pajak dan membuat kalender.

Menurut Herodotus mesopotamia adalah sebuah daratan yang terletak di antara dua sungai yaitu sungai Eufrat dan Tigris.

meso10

KONDISI LINGKUNGAN

Mesopotamia memiliki wilayah yang terbuka.Sebagian wilayah di sekitar Mesopotamia berupa Gurun pasir,seperti gurun Nafud dan Hamad.Sungai Eufrat dan Tigris bersumber di pegunungan Armenia (Turki) dan mengalir hingga teluk Persia (Kuwait).Sungai Eufrat dan Tigris sering menimbulkan banjir saat musim hujan.Lumpur yang di luapkan menyebabkan tanah di Mesopotamia menjadi subur.

euphrates river
Sungai Eufrat
Kesuburan Tanah Mesopotamia mendorong bangsa Sumeria bermigrasi ke daerah tersebut.Di tempat ini bangsa Sumeria membangun kota yang besar dan kukuh dengan bahan dasar lumpur dan tanah liat.Beberapa kota yang di bangun oleh bangsa Sumeria antara lain kota Ur,Uruk,Lagash,dan Nippur.
12 ancient mesopotamian inventions facts 6
 Gambar Kota Mesopotamia 

PEMERINTAHAN DAN HUKUM

Keberadaan kota-kota di Mesopotamia pada akhirnya memunculkan sistem pemerintahan Negara Kota.Sistem pemerintahan Negara Kota (City State) di ciptakan oleh bangsa Sumeria setelah bangsa tersebut melakukan migrasi pada tahun 3500 SM.Sistem pemerintahan negara kota yaitu satu negara satu kota.Setiap kota mempunyai pemerintahan sendiri,yang di pegang oleh seorang Lugal,yaitu pejabat yang berperan sebagai raja sekaligus imam.
Bangsa Sumeria pada masa kekuasaan Hammurabi(1780-1750 SM) menerapkan sistem hukum dan tatanan masyarakat.Sistem tersebut di kenal dengan “Codex Hammurabi”yang terdiri atas 285 pasal yang memuat hukum pidana,perdata,hak milik,utang-piutang,perkawinan,dan perdagangan.

code of hammurabi 01 smaller
Codex Hammurabi

KEHIDUPAN EKONOMI

Sebagian besar masyarakat di wilayah Mesopotamia bergantung pada hasil pertanian.Bangsa Sumeria membangun beragam waduk dan saluran irigasi untuk mengolah pertanian dan mengembangkan peternakan.
meso9
Gambar Pertanian dan Peternakan di Mesopotamia

KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA DAN KEPERCAYAAN

Bangsa Sumeria sudah mengenal sistem pembagian kerja dan sistem pemerintahan.Dalam bidang mata pencaharian,bangsa Sumeria terbagi dalam beberapa kelompok yang ahli di bidang tertentu seperti petani,pedagang,juru tulis,pendeta,prajurit,dan bangsawan.
Dalam bidang kepercayaan bangsa Sumeria menyembah Dewa Marduk dan Enlili sebagai Dewa Utama.Untuk memuja para dewa tersebut mereka membangun kuil yang berbentuk Ziggurat.
meso5
Kuil berbentuk Ziggurat

PENCAPAIAN ILMU DAN TEKNOLOGI

Bangsa Sumeria sekitar 5000 tahun lalu memiliki penemuan mekanik paling besar sepanjang sejarah yaitu di temukannya roda.Disamping itu penemuan terbesar bangsa Sumeria yang di anggap penting bagi peradaban manusia adalah tulisan.
tuisan%2Bmeso
Kuneiform(huruf paku)

PENGARUH PERADABAN MESOPOTAMIA

Meskipun peradaban Mesopotamia sudah ribuan tahun runtuh,pengaruhnya masih dapat di rasakan hingga kini.Beberapa peradaban bangsa Sumeria yang masih berpengaruh terhadap peradaban Dunia  hingga saat ini sebagai berikut: 
  1. Sistem tulisan
  2. Teknologi roda
  3. Codex hukum atau undang-undang tertulis
  4. perhitungan seksadesimal(per enam puluhan) untuk membagi waktu.
  5. Sistem Kalender

Video Sejarah Peradaban Mesopotamia