-->

Nilai Kehidupan Cerpen : Definisi, Jenis, dan Ciri-ciri

Cerpen atau cerita pendek adalah salah satu dari karya sastra cerita. cerita yang dibuat bersifat fiksi yaitu isi yang diceritakan merupakan rekaan at

Cerpen atau cerita pendek adalah salah satu dari karya sastra cerita. cerita yang dibuat bersifat fiksi yaitu isi yang diceritakan merupakan rekaan atau karangan yang ditulis oleh penulis.

Penulis dengan kreasinya menulis sebuah cerita dengan berbagai macam sentuhan isi dan tema. Penulis biasanya memasukkan unsur nilai kehidupan untuk disampaikan kepada pembaca.

Berikut ini akan dijelaskan tentang cerpen. mulai dari definisi, ciri-ciri, jenis, dan nilai-nilai kehidupan di dalam cerpen. 

Definisi Cerpen

Cerpen merupakan singkatan dari cerita pendek. 

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) cerpen merupakan kisahan pendek (kurang dari 10.000 kata) yang memberikan kesan tunggal kata dominan dan memusatkan diri pada satu tokoh  dalam satu situasi (pada satu ketika).

Cerpen bisa dibuat menjadi kumpulan karya tulis pilihan dari seorang atau beberapa orang pengarang kemudian disusun menjadi sebuah buku.

Ciri-ciri Cerpen

Adapun ciri-ciri cerpen adalah sebagai berikut

  1. jalan cerita yang ditulis oleh pengarang pendek

  2. jumlah kata yang ditulis tidak melebihi dari 10.000 kata

  3. tidak menggambarkan semua tokoh hanya tokoh utama saja yang dominan dikisahkan.

  4. tokoh yang ada di dalam cerpen hanya mengalami satu konflik hingga pada tahap penyelesaian cerita

  5. Latar ditulis oleh penulis hanya sesaat dan dalam lingkungan yang terbatas.

Jenis Cerpen

Berdasarkan jumlah kata yang ditulis oleh penulis cerpen. Jenis cerpen terbagi menjadi tiga yaitu (1) cerpen mini, (2) cerpen ideal dan (3) cerpen panjang.

  1. Cerpen mini adalah cerpen dengan cerita yang ditulis dengan sangat singkat. cerita ini dalam penulisannya berkisar dari 500 sampai dengan 1.000 kata.

  2. Cerpen ideal ditulis oleh penulisnya tidak terlalu pendek dan juga tidak terlalu panjang. kata yang yang ditulis antara 3.000 sampai dengan 5.000 kata.

  3. Cerpen Panjang. mempunyai cerita yang bisa dikatakan cukup panjang. cerpen ini bisa mencapai 10.000 kata. kisarannya kata yang ditulis mulai dari 4.000 sampai dengan 10.000 kata.

Nilai-nilai Kehidupan dalam Cerpen

Di dalam cerpen mengandung nilai-nilai yang dapat dijadikan sebagai nasihat atau amanat kepada pembacanya. 

Nilai-nilai yang yang ada di dalam cerpen bisa tersirat maupun tersurat dan nilai tersebut dapat ditemui dari tingkah laku dan perilaku serta perkataan dari tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerpen.

Ada lima nilai kehidupan dalam cerpen.

  1. nilai moral. nilai ini merupakan nilai yang berkaitan dengan akhlak dan budi pekerti manusia.

  2. nilai religius. nilai ini berkaitan dengan keagamaan. yaitu hubungan makhluk dengan tuhannya.

  3. nilai kepahlawanan. nilai ini berhubungan dengan suatu perjuangan. nilai ini dapat ditemukan pada tema cerpen.

  4. nilai sosial yaitu berkaitan dengan tata cara bersosialisasi  atau pergaulan baik secara individu maupun secara kelompok.

  5. nilai politik. nilai ini selalu berkaitan dengan pemerintahan dalam suatu daerah

Lihat Juga