Apa itu Dubnation ? Julukan Fans Golden State Warriors

Advertisement
Continue Reading Below

Di kompetisi liga basket NBA, sebutan untuk nama fans sangat beragam, namun umumnya orang Amerika Serikat lebih suka menyebut para fans dengan sebutan Nation. Seperti fans Rocket yang dipanggil Red Nation, LA Clippers dengan Clipper Nation dan Golden State Warriors dengan Dub Nation.

Dubnation Fans Golden State Warriors
Dub Nation Warriors Fans, Foto: Prime Sport

Apa Arti Dub Nation?

Warriors menyebut fans mereka dengan nama Dub Nation karena melambangkan nama tim mereka. Dub sendiri adalah bentuk kata simpel dari Double-U atau bermakna “W” yang melambangkan Warriors. Sedangkan asal usul atau sejarah penyebutan Dubnation karena pada era 90an, para fans muda Warriors sangat kesulitan apabila menyebutkan nama double-u nation atau doubnation, dan pada akhirnya penyederhanaan kata tersebut menjadi “#Dubnation“.

Nama ini sudah sangat konsisten digunakan dari era tersebut hingga sekarang, sekitar 30 tahunan lamanya. Dan penggunaan kata W biasanya merujuk pada bentuk Win atau kemenangan. Itulah kenapa di sosial media Golden State Warriors sering memposting hasil kemenangan mereka dengan sebutan “a dub”.

Dengan makin populernya Golden State semenjak era Curry di 2009an, para fans makin kompak dalam mendukung tim kesayangan mereka. Umumnya dubnation tak pernah sepi menghadiri Oakland Arena yang telah digunakan sebagai kandang Golden State selama hampir setengah abad.

Musim ini Dubnation akan pindah ke markas baru, masih di wilayah Bay Area namun kali ini di San Francisco yakni Chase Center. Stadion ini diprediksi akan menjadi arena yang paling elegan se-Amerika dan akan menjadi rumah baru bagi Dubnation yang sangat dikenal dengan fanatismenya.

Di Era 2007an ketika slogan “We Believe” berkumandang, saat itu Warriors mampu menumbangkan tim peringkat pertama Dallas Maverick di First Round Playoff. Bukti kesetiaan Dubnation pada tim ini sangat terasa dari waktu ke waktu. Dari semenjak tim tersebut masih menghuni papan bawah klasemen hingga membentuk salah satu dinasti terbaik dalam sejarah NBA. Apapun situasinya, Dubnation tetaplah menjadi salah satu fans terbaik di NBA. Yang memiliki sikap loyal dan tak pernah berhenti menyemangati tim baik saat menang maupun kalah.

Advertisement
Continue Reading Below