[Baru] √ Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2020-2021 Kalimantan Selatan

Advertisement
Continue Reading Below
Kalender pendidikan adalah pengaturan kalender atau waktu yang digunakan oleh sekolah atau madrasah dalam menyusun program kegiatan pembelajaran selama satu tahun pelajaran dari bulan Juli sampai dengan bulan Juni.

Adapun tujuan disusunnya kalender pendidikan adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui optimalisasi proses pembelajaran di madrasah dengan budaya penggunaan waktu sekolah secara efektif dan optimal.

[Baru] Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2020-2021 Kalimantan Selatan
Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2020-2021 Kalimantan Selatan

Tidak hanya itu kalender pendidikan juga dapat memberikan pedoman bagi pengelola madrasah baik negeri maupun swasta dalam mengatur penyelenggaraan madrasah selama tahun pelajaran 2020-2021.

Serta kesamaan dan keseragaman kalender pendidikan bagi semua madrasah negeri dan swasta dapat memudahkan instansi, organisasi, dan komponen masyarakat lainnya dalam mengatur jadwal kegiatan yang melibatkan siswa-siswi di tiap-tiap daerah.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI telah menerbitkan Surat Keputusan Nomor 2491 Tahun 2020 tentang Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2020-2021 untuk Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

Dengan terbitnya surat keputusan ini selanjutnya akan digunakan oleh Kantor Wilayah Kemenag, Kemenag Kabupaten/Kota untuk menyusun kalender pendidikan tahun 2020-2021 di masing-masing daerahnya.

Jika ingin membaca dan mengunduh (mendownload) surat keputusan ini. Berikut Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2491 Tahun 2020 tentang Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021 adalah sebagai berikut:


Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan juga akan menyusun kalender pendidikan untuk digunakan oleh Madrasah di bawah wilayah kerjanya.

Berikut ini merupakan file kalender pendidikan tahun pelajaran 2020-2021 untuk madrasah di bawah wilayah kerja Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan. 


Dengan adanya kalender pendidikan ini, Kita sebagai tenaga pendidik mulai dari sekarang sudah bisa menyusun program pembelajaran yaitu yang pertama adalah menghitung minggu efektif pembelajaran.

Dan seyogyanya program pembelajaran tersebut sudah mulai disusun sebelum tahun pelajaran 2020-2021 agar nantinya kita tidak tergesa-gesa dalam menyusunan program pembelajaran.

Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua khususnya untuk tenaga pendidik (guru) yang ada di lingkungan Madrasah. Amin. 

Terima Kasih 
Advertisement
Continue Reading Below