Cara Membuat atau Menyusun Program Semester Kurikulum 2013

Advertisement
Continue Reading Below
Program semester atau biasa disingkat menjadi prosem merupakan salah satu perangkat administrasi pembelajaran yang wajib dimiliki oleh seorang pendidik atau guru. Setiap guru dalam satu tahun pelajaran harus membuat dan menyusun program semester ganjil dan semester genap.

Semester ganjil dimulai dari bulan Juli sampai dengan bulan Desember dan semester genap dimulai dari bulan Januari sampai dengan bulan Juni.

Sebelum membuat atau menyusun program semester ada beberapa hal yang perlu dipersiapakan. Misalnya kalender pendidikan, kalender masehi yang aktif, silabus dan program tahunan atau prota (silakan klik disini). Jika yang disebutkan di atas sudah lengkap bisa langsung membuat atau menyusun program semester.

Ada beberapa urutan sebelum membuat program semester yaitu menganalisa kalender pendidikan. Tujuan menganalisa kalender pendidikan untuk mengetahui dalam satu tahun pelajaran ada berapa minggu yang efektif untuk masa pembelajaran dan ada berapa minggu yang tidak efektif untuk masa pembelajaran.

Program semester ini tidak hanya untuk dijadikan sebagai pelengkap administrasi pembelajaran di sekolah atau madrasah serta jika ada monitoring dari wakil kepala sekolah bidang kurikulum, kepala sekolah bahkan pengawas tetapi program semester ini bertujuan untuk memberikan acuan dan rencana kerja dalam menjalankan pembelajaran yang baik dan sesuai dengan tuntutan kurikulum.

Di sini kami ingin berbagi bagaimana cara membuat atau menyusun program semester untuk kurikulum 2013. Dan akan kami bagikan untuk Anda link contoh program semester.

Cara Membuat atau Menyusun  Program Semester Kurikulum 13


1. Persiapkan perangkat yang diperlukan
Adapun perangkat yang diperlukan adalah kalender pendidikan, kalender masehi, silabus dan program tahunan. Jika sudah dipersiapkan tinggal kita membuat sebuah lembar kerja atau worksheet di program Microsoft Office Excel.

2. Buat lembar kerja (worksheet)
cara membuat kolom atau baris program semester bisa dilihat contoh di bawah ini
program semester k13
Cara Membuat atau Menyusun  Program Semester Kurikulum 2013
Dari contoh di atas kita lihat sesuaikan mata pelajaran, kelas dan semester serta tahun pelajaran. Jika sudah diisi masukan Kompetensi Dasar (KD) yang ada di silabus dalama kolom Tema/kompetensi Dasar. Jika Anda memiliki silabus yang berbentuk file lebih mudah lagi karena tidak perlu mengetik hanya copy paste saja dan edit sedikit untuk memperbaiki tulisannya..

3. Mengatur pertemuan pembelajaran
Langkah ini Anda harus melihat program tahunan dan kelender pendidikan serta kalender masehi karena untuk menyesuaikan pertemuan dalam pembelajaran dan berapa lama satu tema atau kompetensi dasar itu dapat diselesaikan. Kemudian berilah tanda warna untuk membedakan ada kegiatan yang membuat kita tidak bisa masuk mengajar. 

Nah dengan sedikit memodifikasi tampilan dan warna untuk menyesuaikan halaman untuk dicetak akhirnya program semester sudah jadi dan siap diserahkan kepada wakil kepala sekolah bidang kurikulum atau kepala sekolah untuk dikoreksi jika ada kekeliruan. Jika tidak ada maka setelah ditandatangani oleh kepala sekolah program semester untuk satu semester siap untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.

Silakan unduh/download file program semester di bawah ini
Advertisement
Continue Reading Below