RESENSI BUKU : Panglima Besar JENDERAL SOEDIRMAN

Advertisement
Continue Reading Below
I.Identitas Buku
Judul Buku           :Panglima Besar JENDERAL SOEDIRMAN
Editor                  :Amrin Imran
Penerbit Buku      :PT MUTIARA SUMBER WIDYA
Cetakan                :KE-6,1992
Ketebalan Buku   :88 Halaman
Peresensi              :ABIYYU WICAKSONO
Kelas                    :X IPS 3
Sekolah                :SMA N 1 BREBES
II.Sinopsis
          Jenderal Soedirman lahir Dukuh Rembang,Purbalingga,Jawa Tengah pada tanggal 24 Januari 1916.Ia lahir dari pasangan Karsid dan Sijem,tetapi dari kecil ia dirawat dan di asuh oleh Pak Tjokro.
Soedirman melakukan aksi perang GERILYA dengan kemauan yang kuat dan juga karena ia telah berjanji dan bersumpah untuk membela dan menjaga keutuhan Negara Indonesia saat ia dilantik menjadi Panglima Besar angkatan bersenjata Republik Indonesia. Jenderal Soedirman melakukan gerilya dalam keadaan sakit parah dan bertahan hanya dengan satu paru-paru yang berfungsi dengan baik.
Pak Dirman  wafat pada usia 34 Tahun di rumah peristirahatan tentara di taman Badakan,Magelang pada sore hari sekitar pukul18.30.Beliau di makamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Semaki,Yogyakarta ke esokan harinya. 
III.Kelebihian dan Kekurangan
Kelebihan :Buku ini dapat mengajarkan kita tentang perjuangan untuk tetap mempertahankan kesatuan,persatuan, dan keamanan Republik Indonesia dan juga dapat menambah rasa nasionalisme para pembaca  .
Kekurangan :Karena buku ini di tulis pada tahun 1992,banyak kata yang belum menggunakan EYD seperti sekarang dan ada beberapa kata yang sulit untuk di mengerti.
Advertisement
Continue Reading Below