Penerapan Pendidikan Anak dalam Lingkungan Keluarga

Advertisement
Continue Reading Below
Pendidikan anak dalam keluarga. Seiring dengan bertambahnya usia anak, interaksi sosial semakin pesat dan luas, serta tantangan zaman yang semakin hari semakin berat dan akhirnya banyak pula hal-hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua kepada anaknya.

Dalam penerapan pendidikan kepada anak selalu dimulai dengan persiapan-persiapan yang matang. persiapan itu bisa dimulai dari awal pernikahan bagaimana suatu pernikahan yang akan dijalani akan menghasilkan anak yang memiliki budi pekerti yang baik dan luhur.
Sekalipun sekilas dilihat bahwa anak sudah beranjak dewasa dan sepertinya tidak memerlukan orang tua ternyata peran ayah dan ibu tetap menjadi pokok utama dalam pembentukan karakter dan daya prestasi anak karena hal tersebut merupakan demi masa depannya.

Pendidikan sangat penting dan merupakan pondasi agar anak bisa menjadi manusia yang berguna baik dirinya maupun untuk orang lain. Dengan pendidikan pula anak akan menjadi generasi yang siap menjadi pemimpin masa depan.
pendidikan%2Bkeluarga

Pendidikan bukan saja hanya di sekolah tetapi di dalam keluargapun pendidikan juga harus ada bahkan yang pertama kali anak mendapatkan pendidikannya adalah di dalam keluarganya. Anak dalam keluarga harus diberikan pendidikan baik agar bisa menjadi anak yang berkarakter, berkompetensi dan berwawasan luas.
Ada beberapa manfaat keterlibatan keluarga dalam pendidikan anaknya bagi orang tua, anak, guru dan sekolah, Adapun manfaat yang didapat adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kehadiran anak di sekolah
  2. Mengurangi perilaku mengganggu pada anak
  3. Sikap dan perilaku anak lebih positif
  4. Meningkatkan kebiasaan belajar anak
  5. Meningkatkan prestasi akademik anak
  6. Meningkatkan keinginan anak untuk melanjutkan sekolah
  7. Meningkatkan komunikasi antara orang tua dengan anak
  8. Meningkatkan harapan orang tua pada anak
  9. Orang tua merasa turut berhasil
  10. Meningkatkan kepercayaan diri orang tua
  11. Meningkatkan kepuasan orang tua terhadap sekolah
  12. Mendukung iklim sekolah yang lebik baik
  13. Meningkatkan upaya orang tua untuk mendorong anak belajar
  14. Meningkatkan semangat kerja guru
  15. Mendukung kemajuan sekolah secara keseluruhan
Tidak semua anak itu dapat dipenuhi dengan pendidikan di sekolah. Maka sesuai yang dijelaskan di atas bahwa orang tua dalam pendidikan anak rumah atau di keluarga juga sangat membantu untuk memajukan pendidikannya. kerjasama di dalam anggota keluarga untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak akan mengantarkan anak tersebut dalam meraih cita-citanya.

Peran anggota keluarga yaitu ayah dan ibu yang laing utama adalah mempraktikan ajaran agama dan membentuk budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari melalui pengajaran, keteladanan, dan dan pembiasaan.

Semoga dengan sedikit informasi ini membantu dan menjadikan kita sebagai orangtua yang selalu perhatian terhadap pendidikan di dalam keluarga semakin baik dan bahagia. Amin
    Advertisement
    Continue Reading Below