Revolusi Amerika : Perang Kemerdekaan Rakyat Amerika

Advertisement
Continue Reading Below
Amerika serikat merupakan negara adidaya yang mampu memberikan pengaruh terhadap perkembangan dunia. Beberapa peristiwa dalam sejarah amerika telah banyak memberikan pengaruh besar pada dunia. Salah satu peristiwa itu adalah Revolusi Amerika
Alasan Bangsa Eropa ke Amerika
  1. Keinginan mencari kebebasan dan ikatan hukum dari dua agama yaitu katolik & protestan.
  2. Keinginan untuk mencari dunia baru.
Orang yang pertama kali ke amerika
  • Koloni yang pernah datang ke Amerika Utara yaitu Spanyol, Prancis, dan Inggris.
  • Orang Inggris yang pertama tiba di Amerika Utara adalah John Calbot pada tahun 1497.
  • John Calbot mengelola tanah dan lama kelamaan membentuk sebuah koloni. Pada tahun 1763 di Amerika terdapat 13 koloni Inggris
Penyebab Revolusi Amerika
Semula Inggris bersikap lunak tetapi setelah mengalami krisis moneter akibat perang laut 7 tahun melawan Perancis, Inggris mulai memperkuat pengaruhnya terhadap daerah koloni. Beberapa pajak yang diterapkan untuk para koloni, yaitu:
  1. Sugar act (undang-undang gula)
            untuk mengatur perdagangan gula     di daerah koloni.
2. Curency act (undang-undang keuangan)
      Pelarangan bagi setiap koloni untuk       mencetak mata uang sendiri.
3. Stamp act (undang-undang perangko)
      Pemberlakuan pajak bagi setiap dokumen dan surat-surat penting yang digunakan dalam kegiatan perdagangan.
4. Quartering act
      Kewajiban bagi setiap koloni untuk menyediakan tempat tinggal dan makanan bagi tentara Inggris.
Latar Belakang
Ø  Pendiri koloni Amerika adalah pelarian-pelarian agama dari Inggris.
      Raja Inggris Henry VIIImemaksa rakyat untuk menganut agama kristen angklikan dan melarang menganut agama lain. Rakyat Inggris yang tidak tahan dengan paksaan itu melarikan diri ke Amerika.
Ø  Paham kebebasan dalam perdagangan
      Pemerintah Inggris yang berkuasa atas Amerika mewajibkan penduduk membeli barang  hasil industri Inggris, tetapi rakyat Amerika menganut paham kebebasan menolaknya dan menghendaki kebebasan dalam perdagangan.
Ø  Inggris butuh dana besar setelah perang 7 tahun dengan Perancis.
      Dalam rangka mentup kerugian akibat perang 7 tahun (1756-1763) di Eropa. Inggris memberlakukan pajak yang ketentuannya dituangkan dalam Revenue Act dan Billeting Act tahun 1764. Undang-undang tersebut ditentang oleh Samuel Adam, mereka bersemboyan “no taxation without representation” yang artinya tidak ada pajak tanpa adanya perwakilan.
Ø  Peristiwa The Boston Tea Party desember, 1773.
       Inggris mendatangkan teh ke Amerika, penduduk harus membayar pajak. Ketentuan tersebut bertentangan dengan semangat kebebasan rakyat Amerika. Akhirnya rakyat amerika menyamar sebagai suku Indian Mohawk, melemparkan teh dari 3 kapal Inggris di pelabuhan Boston .Inggris kemudian mengeluarkan UU paksa oleh penduduk Amerika, akibatnya penduduk Boston diserang namun penduduk dari daerah lain membelanya. Kejadian ini memicu perang kemerdekaan Amerika pada tahun 1774. 
Jalannya Revolusi
            Setelah terjadinya “The boston tea party”, pemerintah Inggris mengeluarkan UU paksa 1774 (Coervice Act) yang memperbolehkan tentara inggris untuk menangkap dan menyerang orang-orang yang dicurigai. Akibatnya pada tanggal 19 April 1775, tentara Inggris yang dipimpin Letkol francis smith menyerang penduduk Boston, dengan alasan untuk menangkap John Hannock & Samuel adam sebagai dalang utama menentang pemerintah inggris. Kaum koloni lain membela Boston sehingga meletuslah Revolusi Amerika yang dipimpin oleh George Washington.      
Pada awalnya, Revolusi Amerika bertujuan untuk menentang penindasan yang dilakukan pemerintah Inggris, tetapi setelah Thomas Paine menulis pamphlet Common sense (pikiran sehat) 1776, akhirnya tujuannya berubah menjadi perjuangan untuk mencapai kemerdekaan. Akibatnya pada tanggal 4 Juli 1776, ke-13 daerah koloni memproklamirkan kemerdekaannya. Proklamasi amerika berjudul “Declaration of independence” yang disusun oleh Thomas Jefferson dalam kongres di Philadelpia. Nama negaranya adalah united state of amerika (USA).
Dampak Revolusi Amerika
v  Tersebarnya paham kebebasan dan kemerdekaan baik di Eropa maupun di seluruh Dunia.
v  Menjadi pendorong meletusnya Revolusi Perancis.
v  Memberi inspirasi timbulnya perang kemerdekaan Negara-negara Amerika latin untuk menentang penjelajahan Spanyol dan Portugis.
Advertisement
Continue Reading Below