Teknik Mengoper (Passing) Bola Basket ✓ Lengkap

Advertisement
Continue Reading Below

Teknik mengoper (passing) merupakan teknik dasar utama dalam permainan bola basket. Dengan melakukan operan (passing) pemain mampu melakukan gerakan mendekati ring basket tim lawan kemudian melakukan gerakan menembak (shooting) untuk mendapatkan point. Oleh karena itu, dalam permainan bola basket terdapat beberapa teknik mengoper (passing) yang harus dikuasai agar bisa bermain dengan benar.

Teknik Mengoper (Passing) Bola Basket Lengkap Dengan Gambarnya

Operan ini biasa digunakan untuk memberikan bola kepada teman satu tim yang jaraknya dekat. Operan dalam bola basket bisa dengan menggunakan dua tangan atau satu tangan. Operan yang dilakukan secara taktis, tepat waktu dan akurat dapat menciptakan peluang untuk membuat angka atau skor.

Selain itu, mengetahui saatnya harus mengoper kepada teman satu tim, tidak hanya memberikan kesempatan untuk membuat skor tetapi juga mencegah kehilangan bola dari intersep lawan yang sering kali memudahkan lawan untuk mencetak angka.

Pengertian Mengoper (Passing)

Menurut John Oliver dalam Bukunya Dasar-dasar bola basket bahwa sebuah operan yang tepat adalah salah satu kunci keberhasilan serangan sebuah tim dan sebuah unsur penentu tembakan-tembakan yang berpeluang besar mencetak skor. Ketepatan umpan yang hebat tidak boleh diremehkan, ini dikarenakan sebuah operan bisa memotivasi rekan satu tim, menghibur para fans, dan mendapatkan hasil pemain tim yang tidak individualis.

Menurut Ahmadi pengertian teknik mengoper (passing) dalam pertandingan bola basket adalah suatu gerakan memberikan bola ke teman atau satu tim agar dapat menambah angka atau hanya digunakan sebagai pengecohan untuk tim lawan agar pertahanan bisa dikacaukan.

Seorang pengumpan yang terampil mampu melihat seluruh lapangan, mengantisipasi perkembangan dalam pertandingan yang penuh serangan, dan memberikan bola kepada rekan tim pada saat yang tepat. Operan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat, yang terpenting adalah bahwa bola dapat dikuasai oleh teman yang menerimannya agar permainan dapat berjalan baik dalam hal penyerangan maupun pertahanan.

Supaya dapat melakukan operan dengan baik dan benar dalam berbagai situasi, maka dari itu seorang pemain bola basket harus menguasai berbagai macam teknik mengoper (passing) bola dengan baik.

Teknik Operan (Passing) Menurut Para Ahli

Menurut Nuril Ahmadi dalam bukunya Permainan bola basket bahwa teknik mengoper (passing) dalam bola basket adalah sebagai berikut:

  1. Mengoper bola setinggi dada (chest pass);
  2. Mengoper bola dari atas kepala (overhead pass) dan;
  3. Mengoper bola pantulan (bounce pass).

Sedangkan menurut Dedy Sumiyarsono dalam bukunya Keterampilan Bolabasket berpendapat bahwa macam-macam teknik mengoper (passing) atau lemparan dalam bola basket adalah sebagai berikut:

  1. Lemparan tolakan dada dengan kedua tangan (chest pass);
  2. Lemparan pantulan (bounce pass);
  3. Lemparan di atas kepala dengan dua tangan (overhead pass);
  4. Lemparan samping dengan satu tangan (the side arm pass);
  5. Lemparan kaitan (the hook pass) dan;
  6. Lemparan ayunan bawah dengan dua tangan (the baseball pass).

Selain pendapat diatas adapun menurut buku Depdiknas yang berjudul Kurikulum SMA Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani tentang teknik mengoper (passing) dalam permainan bola basket yaitu:

  1. Chest pass ( operan dada)
  2. Bounce pass ( operan pantul )
  3. Baseball pass ( operan baseball)
  4. Over head pass ( operan di atas kepala )

Berdasarkan pendapat di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa berbagai macam teknik mengoper (passing) dalam permainan bola basket adalah:

  1. Operan bola setinggi dada (Chest Pass);
  2. Operan di atas kepala dengan dua tangan (Overhead Pass);
  3. Operan pantulan (Bounce Pass);
  4. Operan samping dengan satu tangan (the side arm pass);
  5. Operan kaitan (the hook pass) dan;
  6. Operan ayunan bawah dengan dua tangan (the baseball pass).
  7. Operan dari belakang (Behind the back pass).
  8. Operan satu tangan (One Hand Push Pass).
  9. Operan bawah (Under Hand Pass).
  10. Operan Tanpa Melihat/Blind Pass (No Look Passing).
  11. Operan Hand Off Pass.

Dari simpulan diatas, maka penulis berencana untuk menjelaskan sebelas teknik mengoper pada permainan bola basket.

Fungsi Operan Pada Pertandingan Bola Basket

Setelah mengetahui teknik-teknik mengoper (passing) dalam permainan bola basket diatas, Anda juga harus tahu bahwa ada beberapa fungsi atau tujuan yang bisa digunakan dalam hal mengoper ini, yaitu:

  1. Mengalihkan bola dari daerah padat pemain,
  2. Menggerakkan bola dengan cepat pada fast break atau serangan balik cepat saat pertandingan,
  3. Membangun permainan yang ofensif,
  4. Mengoper ke teman yang sedang terbuka untuk mencetak skor, dan
  5. Mengoper dan memotong untuk melakukan tembakan sendiri.

Teknik Mengoper (Passing) Pertandingan Bola Basket

Berikut ini berbagai macam teknik mengoper (passing) pada permainan bola basket yang dapat Anda gunakan sebagai bahan latihan, dan ditekuni supaya ahli untuk kedepannya.

Teknik Dasar Operan Dada (Chest Pass)

Operan dada atau chest pass merupakan satu diantara beberapa macam teknik dasar mengumpan atau mengoper bola dalam permainan bola basket yang dilakukan dengan dua tangan serta cepat serta tepat di setiap posisinya.

Teknik mengoper (passing) chest pass cocok digunakan untuk memberikan umpan kepada teman satu tim yang berjarak antara 5-7 meter. Jadi, dengan teknik ini seorang pemain akan mengasilkan kecepatan, dan keakuratan dalam mengoper bola. Ini dikarenakan pada saat melemparkan bola seorang pemain diwajibkan mempunyai kecermatan pada situasi dan kondisi saat pertandingan.

Teknik ini juga membutuhkan otot kuat yang bertumpu pada lengan, sehingga dihasilkan laju operan yang cepat dan tidak mudah direbut oleh tim lawan.

Menurut Imam Sodikun dalam bukunya Teknik Dasar Bola Basket menyatakan bahwa dalam passing dada ada tiga teknik yang harus dipahami dan dikuasai, yaitu sebagai berikut.

  1. Teknik sikap kaki berdiri wajar (enak) dengan otot sedikit ditekuk dan badan sedikit condong ke depan (bengkok yang wajar), pandangan ke arah lemparan. Kaki boleh sejajar atau satu di depan.
  2. Gerakan tangan, Pegang bola dengan kedua telapak tangan dari jari-jari terbuka menutupi bagian samping dan belakang dari bola. Ibu jari hampir meendekat, semua telapak tangan dan jari menyentuh bola.
  3. Gerakan akhir, bersamaan dengan irama gerak pelepasan bola, berat badan dipindahkan ke depan, langkahkan kaki belakang setelah bola lepas dari tangan (sebagai fallow through).

Selain itu adapun cara melakukan operan chest pass menurut Nuril Ahmadi yaitu:

  1. Bola dipegang sesuai dengan teknik memegang bola basket,
  2. Sikut dibengkokkan ke samping sehingga bola dekat dengan dada,
  3. Sikap kaki dapat dilakukan sejajar atau kuda-kuda dengan jarak seleba bahu,
  4. Lutut ditekuk, badan condong ke depan, dan jaga keseimbangan,
  5. Bola didorong ke depan dengan kedua tngan sambil meluruskan lengan dan diakhiri dengan levutan pergelangan tangan sehingga telapak tangan menghadap keluar,
  6. Bagi yang baru belajar, gerakan pelurusan dapat dibantu dengan melangkahkan salah satu kaki ke depan,
  7. Arah operan setinggi dada, atau antara pinggang dan bahu penerima,
  8. Bersamaan dengan gerak pelepasan bola, berat badan dipindahkan ke depan.

Sedangkan pada buku Bola Basket karya Wissel, mengemukakan beberapa cara atau langkah dalam melakukan teknik dasar chest pass dalam permainan bola basket, yaitu sebagai berikut.

  1. Kedua tangan memegang bola basket.
  2. Kedua tangan di depan dada dengan ujung jari kedua tangan, yaitu ibu jari, menghadap ke arah bawah dan semua jari sisanya menyebar ke berbagai arah sisi bola.
  3. Siku dekat dengan tubuh (ditekuk).
  4. Lutut ditekuk berat badan diantara dua kaki.
  5. Badan condong ke depan posisi santai/tidak tegang agar seimbang.
  6. Posisi mata ke dada yang akan kita oper.
  7. Arah lemparan diperkirakan diperkirakan agar tepat dari dada yang akan kita oper.
  8. Sambil mengumpan, kaki kanan ke depan. Hal ini agar operan memiliki kekuatan.
  9. Oper dengan cepat dari dada ke dada dengan sentakan pergelangan tangan.

Contoh gambar cara melakukan teknik mengoper chest pass:

Teknik Dasar Operan Dada (Chest Pass)

Berdasarkan pemaparan di atas, penulis dapat menarik kesimpulah bahwa cara melakukan gerakan operan chest pass dapat dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu:

  1. Kedua tangan memegang bola di depan dada,
  2. Posisi kaki harus dalam keadaaan siap atau kuda-kuda (triple threat), dan
  3. Lepaskan bola melalu sebuah lemparan yang dikuti langkah kaki ke arah penerima bola.

Operan Di Atas Kepala Dengan Dua Tangan (Overhead Pass)

Overhead pass merupakan cara passing bola basket dari atas kepala. Teknik overhead pass ini adalah teknik mengoper (passing) bola basket jarak jauh. Over head pass (Operan di atas kepala) sering dipakai dalam pertandingan bola basket terutama pada saat pemain dijaga ketat dan bola harus melewati lawan, sehingga operan ini digunakan untuk melepaskan diri dan melakukan terobosan serta menghindari blok dari lawan.

Keuntungannya adalah bahwa pemain yang memiliki tubuh lebih tinggi daripada lawannya dapat memanfaatkan teknik overhead pass dengan tujuan supaya lemparan bola kepada kawan dengan arah bola yang mampu melampaui daya raih lawan. Sehingga umpan yang diarahkan tidak dapat direbut oleh tim lawan. Modal utama dari teknik overhead pass ini adalah postur pemain bertubuh tinggi.

Lalu, apakah Anda tahu cara melakukan teknik mengoper bola basket yang berada di atas kepala? Untuk menjawab pertanyaan ini penulis sudah merangkumnya dibawah ini, tentang cara melakukan overhead pass yaitu:

  • Posisi bola berada di atas dahi dengan tangan siku agak ditekuk.
  • Bola dilempar dengan lekukan pergelangan tangan dengan arah bola agak ke bawah disertai dengan meluruskan tangan.
  • Posisi kaki berdiri tegak tetapi tidak kaku.

Berikut ini gambar tentang teknik overhead pass:

Operan Di Atas Kepala Dengan Dua Tangan (Overhead Pass)

Teknik Operan Pantulan (Bounce Pass)

Operan pantul dalam permainan bola basket dilakukan ketika pemain lawan berada diantara Anda, Tim Lawan, dan Teman satu tim. Salah satu pilihannya agar bola diterima oleh rekan satu tim, maka operan yang terbaik adalah dengan menggunakan operan pantul. Operan pantul dapat memindahkan bola ke satu sisi pada akhir terobosan yang cepat atau pada pemain yang mendekati keranjang.

Operan ini dapat digunakan dengan menggunakan satu tangan atau dua tangan. Cara terbaik melakukan operan ini adalah dengan bola dipantulkan ke samping kiri dan kanan lawan. Operan ini hampir mirip seperti chest pass hanya saja operan ini dipantulkan terlebih dahulu.

Teknik bounce pass ini digunakan ketika ada pemain lawan dan tidak ada ruang untuk memberikan bola kepada kawan, alternatifnya menggunakan teknik bounce pass dengan memantulkan bola terlebih dahulu.

Adapun pelaksanaan cara melakukan teknik bounce pass yaitu sebagai berikut:

  • Posisi berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk, dan badan sedikit condong ke depan, kedua tangan memegang bola di depan dada dan siku bengkok atau dilipat.
  • Bola dilepas atau didorong dengan tolakkan dua tangan menyerong ke bawah dari letak badan lawan.
  • Bila berhadapan dengan lawan bola diarahkan ke samping bawah lawan kanan ataupun kiri.
  • Bola menyentuh lantai kira-kira dua pertiga dari jarak arah si penerima sehingga bola dapat ditangkap saat setinggi pinggang.

Berikut ini gambar tentang teknik bounce pass:

Teknik Operan Pantulan (Bounce Pass)

Satu hal yang perlu dilakukan saat melakukan bounce pass bahwa memantulkan bola terlalu dekat pada diri sendiri, maka lambungannya akan tinggi dan pantulannya lambat sehingga akan mudah dipotong oleh lawan. Maka dari itu, pantulan bola harus dekat dengan penerima, sehingga membuat bola sulit direbut oleh lawan.

Operan Samping Dengan Satu Tangan (The Side Arm Pass)

Operan samping adalah cara mengoperkan bola basket dari samping dengan menggunakan satu tangan. Tujuan dari teknik mengoper (passing) ini adalah mencari sudut operan pada saat lawan menutup arah umpan kepada rekan satu tim.

Namun perlu Anda ketahui bahwa sebelum dioperkan, bola masih boleh untuk dipegang dengan kedua tangan. Cara melakukan operan samping (sidearm pass) sebagai berikut:

  • Bola dipegang menggunakan satu tangan dan posisi bola basket berada di belakang kepala, kurang lebihnya setinggi telinga kearah luar.
  • Kaki yang berlawanan dengan tangan yang digunakan untuk melempar berada di depan dan mengarah kepada rekan satu tim sebagai penerima bola, lakukan langkah ini dengan sikap tenang saat latihan.
  • Posisi badan condong ke belakang sewaktu mengambil sikap awalan. Tangan yang tidak digunakan untuk melempar agak direntangkan untuk menjaga keseimbangan dan untuk menutup lawan agar bola juga tidak mudah direbut.
  • Tangan yang digunakan untuk mengoper diayunkan ke depan dengan lemparan yang cepat melalui pergelangan tangan.
  • Bola diarahkan setinggi dada penerima.

Berikut ini gambaran dari teknik operan samping dengan satu tangan:

Operan Samping Dengan Satu Tangan (The Side Arm Pass)

Operan Kaitan/Lengkung Samping (The Hook Pass)

Operan kaitan (lengkung samping) atau istilahnya the hook pass merupakan teknik melempar yang ampuh untuk pemain bola basket yang mempunyai postur pendek (tinggi dibawah rata-rata). Lemparan ini dilakukan bertujuan supaya dalam mengoperkan bola dapat melewati di atas pemain lawan yang memiliki postur badan lebih tinggi.

Teknik mengoper (passing) ini memiliki sikap awalan yang hampir mirip dengan chest pass perbedaannya adalah pada lemparan dada dilakukan dari depan, sedangkan pada lemparan kaitan penerima berada di samping yang berlawanan dengan bola. Contohnya, jika bola berada di samping kanan, maka penerima berada di samping kiri.

Cara melakukan teknik melempar operan kaitan/lengkung samping (the hook pass) adalah sebagai berikut.

  1. Posisi berdiri dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang, lutut agak ditekuk.
  2. Bola dipegang dengan tangan kanan dengan rileks pada posisi ke bawah. Saat memegang bola seluruh telapak tangan aktif memegang termasuk jari-jari.
  3. Letak kaki kanan agak ke belakang dan kaki kiri ke depan serta posisi berdiri dalam jarak yang paling aman dari pihak lawan sekaligus menjaga keseimbangan pegangan bola.
  4. Disaat bola masih berada di bawah, tangan kiri ikut memegang bola secukupnya supaya tidak terjatuh serta mengantarkannya sesaat sebelum bola dilepaskan tangan kanan. (Langkah ini juga bisa dilakukan sebaliknya antara tangan kanan dan tangan kiri)
  5. Ayunkan lengan yang memegang bola dengan rileks lurus dari samping kanan ataupun kiri, tangan agak ke belakang, ke atas bagian poros bahu. Setelah bola hampir sampai di atas sisi kepala, lengan agak dilengkungkan dan digerakkan ke arah kiri atau ke kanan sesuai tangan yang memegang bola (posisi paralel dengan bahu).
  6. Pada langkah terakhir ini pergelangan tangan dan jari ditekuk, sehingga menghasilkan lemparan bola dari tangan menuju ke samping badan.

Berikut ini ilustrasi gambar dari tekniknya

Operan Kaitan/Lengkung Samping (The Hook Pass)

Operan Ayunan (The Baseball Pass)

Teknik baseball pass merupakan satu diantara teknik mengoper yang bertujuan untuk menghindarkan bola dari rebutan lawan yang akan menghadang dekat posisi pemain yang sedang membawa bola. Selain itu, pengertian baseball pass secara khusus adalah operan yang dilakukan dengan menggunakan satu tangan dari jarak jauh yang di tujukan ke target penerima atau rekan satu tim.

Dengan menggunakan teknik baseball pass akan mempermudah dalam usaha mengoper bola kepada rekan satu tim yang berada pada posisi cukup jauh, sementara pemain lawan berada terlalu dekat dengan pemegang bola. Untuk itu, agar teknik ini berjalan dengan baik harus ada koordinasi yang baik juga antara pemain yang akan mengoper dan menerima bola.

Operan Ayunan (The Baseball Pass)Contoh Baseball Pass pada permainan bola basket

Pengetahuan ini penting supaya arah bola nantinya tidak meleset dan berakhir direbutnya bola oleh pihak lawan. Adapun cara melakukan teknik mengoper baseball pass dalam permainan bola basket adalah sebagai berikut:

  1. Langkah awal melakukan teknik operan baseball pass adalah bola dipegang dengan memakai tangan terkuat.
  2. Pastikan bola dipegang dengan telapak tangan memenuhi bagian kedua samping bola, jari direnggangkan dan fleksibel, serta ibu jari menghadap ke bawah agak ke dalam.
  3. Bola ditarik sedikit ke samping pinggang kiri bila kaki kanan berada di depan dan ke samping pinggang kanan bila kaki kiri berada di depan.
  4. Kaki yang berlawanan dengan letak bola diletakkan di depan dan digunakan untuk menutup lawan agar bola tidak mudah direbut.
  5. Operan dilakukan dengan ayunan yang kuat dari kedua lengan ke arah depan atas.
  6. Pada tahap akhir ini, bola dilepaskan ketika tangan dalam posisi lurus ke depan atas, setinggi mungkin untuk menghindari blok lawan.

Behind the back pass

Behind the back pass merupakan gerakan mengoper (passing) bola yang dilakukan dari belakang. Teknik ini dilakukan kepada rekan setim yang berada dekat. Untuk melakukan back pass, setiap pemain harus saling memahami strategi serta koordinasi antar pemain yang baik.

Operan Behind the back passContoh gerakan behind the back pass

Teknik gerakan behind the back pass merupakan gerakan yang rumit untuk para pemula. Butuh latihan tekun dan berulang-ulang untuk bisa melakukan gerakan ini dengan baik dan benar.

Operan ini sekarang juga sudah menjadi taktik menyerang yang umum digunakan di pertandingan bola basket. Keunggulan umpan ini adalah lawan tidak mengetahui penerima bola yang ingin dituju.

Cara melakukan behind the back pass pada pertandingan bola basket adalah

  1. Sikap awalan dilakukan dengan posisi badan sedikit membungkuk.
  2. Pemain memegang bola menggunakan satu tangannya dengan posisi bola berada dibelakang badan.
  3. Terakhir dan sangat penting, lakukan operan bola ke arah teman dengan cepat dan cermat untuk mengecoh lawan.

One Hand Push Pass

One Hand Push Pass adalah passing yang menggunakan satu tangan dengan keutamaan dari passing ini yaitu ketepatan tekukan siku. Tekukan siku ini dapat menghasilkan kecepatan dan kekuatan dalam mendorong bola.

Operan One Hand Push Pass

Langkah-langkah saat melakukan one hand pus pass pada permainan bola basket adalah sebagai berikut:

  1. Tangan kanan digunakan untuk memegang bola, jika posisi operan akan diarahkan ke sisi kanan. (Bisa dilakukan memakai tangan kiri jika passing diarahkan ke kiri)
  2. Lakukan gerakan fake pass (umpan palsu) untuk mengecoh pemain lawan.
  3. Supaya operan sulit diantisipasi lawan, arahkan lemparan ke samping telinga pemain yang melakukan panjagaan.
  4. Operkan bola dengan secepat mungkin kepada rekan satu tim.
  5. Selamat berlatih dengan teknik ini!

Under Hand Pass

Under Hand Pass adalah passing yang dilemparkan dari bawah dengan jarak dekat ke penerima bola, mengarahkan tangan ke posisi atas dan melewati bawah badan dari lawan.

Teknik ini biasanya digunakan untuk mengecoh pemain lawan, dengan awalan seperti sedang melakukan tembakan atau fake shot, hal ini dilakukan supaya pemain lawan melakukan blok ke atas dan ada celah di bagian bawah yang nantinya akan Anda gunakan untuk melempar bola dengan teknik under pass.

Operan Under Hand Pass Oleh Isaiah Thomas

Langkah-langkah berlatih under hand pass pada olahraga bola basket adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, pegang bola dengan kuat dan tenang
  2. Lalu cermati situasi lapangan dan cari teman satu tim yang sudah siap untuk menerima bola.
  3. Lakukkan operan dengan cara mendorong bola dari bawah ke atas.
  4. Pastikan cepat dan akurat supaya teman satu tim Anda siap untuk menerima operan bola dan mencetak point.

Blind Pass (No Look Passing)

Teknik passing yang sangat terkenal adalah no look pass (blind pass). Kepopulerannya bukanlah tanpa sebab, ini dikarenakan teknik no look pass dilakukan dengan cara mengoperkan bola ke rekan setim secara tiba-tiba serta akurat tanpa melihat posisi atau pergerakan rekan tim tersebut. Passing ini digunakan untuk mengecoh pemain defender lawan yang biasanya berfokus pada bola dan wajah pemain yang dijaganya.

Operan terbaik No Look Pass di NBAOperan No Look Pass Terbaik di NBA

Teknik ini juga membutuhkan pemahaman mengenai strategi saat permainan bola basket serta kerjasama tim yang harus mumpuni. Cara melakukan no look pass pada pertandingan basket adalah sebagai berikut:

  1. Amati posisi rekan satu tim Anda
  2. Lakukan pergerakan untuk menarik perhatian pemain bertahan lawan, atau lihat rekan tim Anda yang sebenarnya hanya untuk menarik perhatian agar teman lainnya kosong
  3. Lakukan operan dengan sangat cepat serta akurat agar lawan tidak menduganya dan rekan satu tim mudah untuk mencetak point.

Melakukan no look pass sangat beresiko untuk operan yang tidak tepat sasaran atau rekan tim tak mengetahuinya, namun jika ditekuni dengan berlatih lebih sering teknik ini bisa menjadi ancaman semua tim lawan karena sulit diprediksi arahnya.

Hand Off Pass

Hand Off Pass adalah passing yang dilakukan dengan mendekatkan diri pada teman yang membawa bola dan mengambil langsung dari tangan teman tersebut, jadi tidak diperlukan lemparan ke penerima.

Operan Hand off pass bola basketOperan Hand off pass bola basket

Teknik ini cocok digunakan saat posisi sudah terjepit, dimana pemain sudah tidak bisa lagi melakukan dribble dan terjaga ketat oleh pemain bertahan lawan.

Pada teknik ini rekan satu tim akan mengambil bola yang sedang Anda pegang. Dalam hand off pass rekan satu tim Anda juga harus memiliki kecerdikan untuk meminta bola, ini dikarenakan biasanya teknik ini sering digunakan ketika berada pada daerah pertahanan lawan.

Pastikan Anda memegang bola dengan kuat dan jangan berikan ruang untuk pemain lawan untuk merebut bola yang dipegang, sampai rekan satu tim bisa mengambilnya.

Teknik hand off pass mempunyai beberapa langkah-langkah yang harus Anda tekuni pada saat latihan, yaitu:

  1. Posisi berdiri dengan membelakangi lawan yang sedang menjaga ketat.
  2. Ketika pengambilan bola rekan satu tim, lakukan pick and roll agar Anda dan rekan satu tim bisa terlepas dari penjagaan.
  3. Cermati arah rekan satu tim datang untuk menjemput bola, jika dijemput dari sisi kanan, maka kaki kanan maju selangkah untuk menghadang lawan yang sedang menjaga.(Bisa dilakukan sebaliknya)
  4. Pastikan bahwa pegangan bola jangan terlalu tinggi agar mudah diambil oleh rekan satu tim.

Itulah beberapa teknik mengoper (passing) bola basket lengkap beserta gambar ilustrasinya yang telah dijelaskan oleh penulis. Demikianlah artikel tentang teknik mengoper pada permainan bola basket yang baik dan benar, lengkap beserta ilustrasi gambarnya. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Advertisement
Continue Reading Below