Wali Kelas: Tugas, Fungsi dan Peran serta Contoh SKnya

Advertisement
Continue Reading Below
Wali kelas adalah seorang guru yang diberi tambahan tugas untuk mengelola kelasnya. Wali kelas ditugaskan berdasarkan surat keputusan dari kepala sekolah.

Wali kelas bertugas dari awal tahun pelajaran sampai akhir tahun pelajaran. Jika ada perubahan dalam tugasnya misalkan dipindah tugaskan dari wali kelas 10 menjadi wali kelas 11.

Maka harus ada revisi surat keputusan agar guru yang ditugaskan secara resmi dan sah bekerja sesuai dengan surat keputusan dari kepala sekolah atau madrasah.

Berikut ini secara detail akan dibahas definisi, tugas pokok dan fungsi serta peran serta contoh Surat Keputusan pengangkatan guru sebagai wali kelas.

Wali Kelas: Tugas, Fungsi dan Peran serta Contoh SKnya

Wali Kelas: Tugas, Fungsi dan Peran serta Contoh SKnya
Wali Kelas: Tugas, Fungsi dan Peran serta Contoh SKnya

Pengertian Wali Kelas

Di dalam Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018 pasal 6 ayat (1) bagian a menyebutkan bahwa wali kelas adalah tugas tambahan yang berkaitan dengan pendidikan di satuan pendidikan.

Dan di dalam peraturan tersebut jika guru diberi tugas tambahan sebagai wali kelas maka ekuivalensi (sebanding atau dihargai) beban kerja per minggu 2 (dua) jam tatap muka.

Sedangnkan menurut Doni Kusuma Albertus membuat definisi sebagai berikut:
Wali kelas adalah guru bidang studi tertentu yang mendapat tugas tambahan sebagai penanggungjawab dinamika pembelajaran di dalam kelas tertentu. 

Wali kelas memiliki peran seperti kepala keluarga dalam kelas tertentu, menciptakan kondisi dan lingkungan yang kondusif sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan baik.

Jadi wali kelas adalah seorang guru yang ditugaskan oleh atasannya yaitu kepala sekolah untuk bertanggungjawab dalam kegiatan belajar mengajar selama di lingkungan sekolah.

Karena merupakan sebuah tugas yang diberikan kepala sekolah perlu adanya tugas pokok yang perlu diketahui dan menjadi panduan, Nah. berikut ini merupakan tugas pokok wali kelas

Tugas Pokok Wali Kelas

Unsur-unsur pendidikan itu meliputi pendidik (guru), peserta didik (siswa), kurikulum, pengajaran, tes, dan lingkungan. Mengenai pendidik atau guru di sekolah pasti ada yang diberikan tugas tambahan yaitu menjadi wali kelas.

Wali kelas memiliki peran penting dalam kelancaran program kegiatan di sekolah. Untuk memperlancar kegiatan yang sudah dibuat dan direncanakan perlu adanya tugas-tugas yang dikerjakan. 

Tugas tersebut berdasarkan Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018 pada lampiran pertama adalah sebagai berikut:
  1. mengelola kelas yang menjadi tanggungjawabnya
  2. berinteraksi dengan orang tua/wali peserta didik
  3. menyelenggarakan administrasi kelas
  4. menyusun dan melaporkan kemajuan belajar peserta didik;
  5. membuat catatan khusus tentang peserta didik;
  6. mencatat mutasi peserta didik;
  7. mengisi dan membagi buku laporan penilaian hasil belajar;
  8. melaksanakan tugas lainnya yang berkaitan dengan kewalikelasan;
  9. menyusun laporan tugas sebagai wali kelas kepada Kepala Sekolah;



Fungsi Wali Kelas

Selain memiliki tugas pokok wali kelas juga memiliki fungsi sebagai berikut:

Manajer

Seorang wali kelas yang diberikan tugas harus memiliki jiwa manajer yang baik. Dengan Manajemen yang baik maka program kerja dan tujuan wali kelas akan.

Leader

Bisa jadi dalam hubungan yang sempit hanya ada guru dan murid, namun walikelas harus mengedepankan fungsi kepemimpinan dalam upaya mengejar target, problem solving maupun keorganisasian.

Motivator

Wali kelas juga memiliki dalam meningkatkan motivasi anak didiknya khususnya dalam meningkatkan motivasi belajar. Membangkitkan semangat anak didik yang lemah dalam proses pembelajaran dan meningkatkan lagi prestasi anak didinya di kelas serta menggali potensi yang terdapat di dalam dirinya.

Rasa Memiliki

Seorang wali kelas harus mempunyai rasa tanggung jawab memiliki kelas yang dia kelola agar proses pembelajaran di kelas berjalan dengan lancar.

Administrator

Wali kelas harus bisa mengelola administrasi yang ada di lingkungan kelasnya. Banyak sekali administrasi yang dikelola mulai dari data jumlah anak didik sampai data inventaris kelas harus dibuat oleh wali kelas

Evaluator

Setiap guru memiliki tugas sebagai evaluator. Begitu juga dengan wali kelas memiliki tugas sebagai evaluator terkait penilaian setiap anak didik di kelasnya.

Jika Anda saat ini ditugaskan atau diberi tanggung jawab menjadi wali kelas perlu diperhatikan untuk mengumpulkan dan menyusun dokumen bukti fisik agar nanti pada saat diperlukan kita sudah siap memberikan dokumennya. 

Adapun bukti fisik yang dikumpulkan dan disimpan adalah sebagai berikut:
  1. surat tugas sebagai wali kelas dari Kepala Sekolah;
  2. program dan jadwal kegiatan wali kelas yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah;
  3. laporan hasil kegiatan wali kelas yang disetujui oleh Kepala Sekolah.


Dan untuk contoh surat keputusan atau SK pengangkatan guru sebagai wali kelas bisa anda klik tautan di bawa ini


Demikian, semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang bagaimana mengelola pendidikan pada umumnya dan anak didik kita di kelas khususnya. Amin

Sumber

  • Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018
  • Doni Kusuma Albertus. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta. Grasindo

Lihat Juga
Advertisement
Continue Reading Below