12 Keterampilan Mengajar Yang Harus Dimiliki Guru

Advertisement
Continue Reading Below

Keterampilan mengajar merupakan hal yang fundamental harus dimiliki setiap guru. Tanpa keterampilan mengajar tentu guru tidak akan menciptakan kondisi yang memungkinkan untuk belajar bagi siswa. Dan tentu hasilnya akan sia-sia. Keterampilan-keterampilan mengajar yang harus dimiliki guru adalah sebagai berikut: 

1. Keterampilan menyiapkan pembelajaran 

Keterampilan menyiapkan pembelajaran merupakan awal dari proses belajar mengajar guru. Keterampilan menyiapkan pembelajaran terdiri dari membuat perangkat pembelajaran, merefresh penguasaan materi, mengecek data kemampuan awal siswa, menyiapkan tempat, dan menyiapkan alat-alat pembelajaran. 

2. Keterampilan membuka pelajaran 

Keterampilan membuka pelajaran merupakan keterampilan untuk menarik perhatian siswa, menimbulkan motivasi, memberi acuan, membuat kaitan. Komponen dalam keterampilan ini adalah melakukan presensi, menyampaikan ruang lingkup materi, mengadakan apersepsi, menyampaikan tujuan psikomotor, menyampaikan tujuan kognitif dan afektif. 

3. Keterampilan mengelola waktu dan arena pembelajaran 

Komponen dalam keterampilan adalah menyampaikan waktu yang tersedia untuk pembelajaran, menyampaikan waktu yang tersedia untuk setiap tugas belajar, menyampaikan batas-batas arena pembelajaran, membuat tanda-tanda peningkatan level tugas, membuat tanda pembeda dari tugas gerak yang berbeda. 

4. Keterampilan mengelola pemanasan dan pendinginan 

Komponen dalam keterampilan ini adalah menyebut nama gerak/ formasi/ permainan, menyampaikan tujuan gerak/ formasi /permainan, cara melakukan/indikator kesempurnaan, mengaitkan dengan materi inti, mengecek hasil pemanasan/pendinginan.

5. Keterampilan menempatkan diri 

Komponen dalam keterampilan ini adalah pada saat osisi perintah verbal menjamin semua siswa dengar, pada saat posisi demo memungkinkan semua peserta didik melihat dan mendengar penjelasan guru, pada saat posisi monitoring total dengan sudut pandang penuh, pada saat posisi memberi feedback individu, pada saat membuka pelajaran (lokasi + arah sinar matahari). 

6. Keterampilan membuat perintah 

Komponen dalam keterampilan ini adalah singkat, waktu mulai jelas dan waktu selesai jelas, isi jelas, pelaksana jelas, ada indikator kesempurnaan jelas. 

7. Keterampilan memonitor perintah  

Komponen dalam keterampilan ini adalah posisi monitoring (sudut pandang penuh/checklist), mencocokkan dengan indikator, mencatat deviasi/penyimpangan dari indikator, menginformasikan peran guru, memberi tanda bentuk feedback (koreksi atau apresiasi). 

8. Keterampilan memberikan umpan balik  

Komponen dalam keterampilan ini adalah singkat, spesifik/khusus, segera, menyeluruh, variatif. 

9. Keterampilan mencatat kemajuan belajar siswa  

Komponen dalam keterampilan ini adalah format siap,ada indikator kesempurnaan, indikator yang dinilai lengkap, indikator urut kronologis, konsistensi klasifikasi penilaian/Norma penilaian tetap. 

10. Keterampilan bertanya  

Komponen dalam keterampilan ini adalah terkait langsung dengan materi ajar, singkat,  jelas, variatif, ada jawaban/ memungkinkan dijawab. 

11. Keterampilan mengevaluasi diri  

Komponen dalam keterampilan ini adalah ada catatan evaluasi persiapan, proses, produk/hasil,ada format Evaluasi diri, menyediakan waktu khusus. 

12. Keterampilan menutup pelajaran  

Komponen dalam keterampilan ini adalah menyimpulkan proses, hasil, memberikan apresiasi, menyampaikan rencana materi berikutnya dan persiapan yang diperlukan, menyampaikan tindak lanjut  dalam kehidupan sehari-hari siswa

Advertisement
Continue Reading Below