Bagaimana Cara Menentukan Tujuan Hidup yang Berkualitas

Advertisement
Continue Reading Below
Assalamualaikum.  selamat berjumpa kembali dengan anda. Semoga hari ini kita senantiasa diberikan oleh Tuhan yang maha esa anugerah karunia yang besar dan kesehatan agar mampu menjalani kehidupan dengan baik.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi sedikit kepada Anda tentang tujuan hidup. Dalam Agama Islam tujuan hidup manusia adalah menyembah dan mengabdi kepada Allah SWT.

Menyembah kepada Allah bukan saja melakukan ritual keagamaan tetapi juga menyembah jika diartikan secara luas adalah melakukan kegiatan yang positif baik untuk diri sendiri maupun kepada orang lain dan alam sekitar.
Cara membuat tujuan hidup tercapai

Mengejar mimpi, cita-cita, tujuan dan target marupakan harus dimiliki oleh setiap orang. Kita bisa mengambil permisalan seperti pertandingan sepakbola. Para pemain dan tim pelatih tujuan utamanya adalah ingin mencetaknya gol dan menang. 

Dari permisalan tadi bisa diambil kesimpulan bahwa pertandingan sepakbola saja mempunyai tujuan yaitu ingin menang begitu juga dengan menjalani kehidupan harus ada tujuan dan dimulai sejak dini. 


Telah dibahas di atas bahwa dalam Agama Islam tujuan utama manusia hidup itu ada menyembah  dan mengabdi kepada Allah SWT. Dengan demikian kita sebagai manusia yang beriman kepada Allah SWT agar senantiasa menyembah dan mengabdi padaNya.


Jika dipersempit lagi tentang apa tujuan hidup ini adalah bagaimana setiap detik, menit dan jam itu selalu menjadi waktu yang berkualitas. Dan dalam menjalankan kehidupan di lingkungan masyarakat selalu menjadi inspirasi.

Tujuan hidup itu seyogyanya dimulai sejak dini dan terarah. Sejak duduk di bangku SMP sudah menata tujuan hidup walaupun masih dalam bentuk hal-hal yang sederhana seperti setelah lulus SMP ingin melanjutkan pendidikan yang bagus, mempunyai prestasi di bidang akademik atau non-akademik.

Dengan adanya tujuan hidup diharapkan ketika menjalani kehidupan bisa terarah dengan tujuan yang dihadapi dan menjadikan cambuk motivasi agar menjadi manusia yang berkualitas.

Begitulah jika seandainya seseorang bisa mengatur kehidupannya salah satu caranya dengan menentukan tujuan hidupnya. Dengan mengetahui tujuan hidupnya maka tidak akan ada waktu yang terbuang sia-sia dan mampu memberikan kontribusi yang positif di lingkungan masyarakatnya.

Sebaik-baiknya manusia adalah yang selalu bermanfaat untuk manusia yang lain. Dan manusia yang beruntung adalah manusia yang hari ini lebih baik daripada hari kemarin.

Semoga kita senantiasa diberikan oleh Allah SWT karuniaNya  dalam menjalani kehidupan ini dan selalu diberi perlindungan dari segala marabahaya. Amin.

catatan:
Jika Anda merasa tulisan ini bermanfaat silakan share ke teman-teman Anda. terima Kasih.
Advertisement
Continue Reading Below