Cara Membuat Video Pembelajaran Dengan Record Cast

Advertisement
Continue Reading Below
Salah satu media yang paling menarik untuk diterapkan dalam pembelajaran adalah dengan video. Penggunaan video dalam pembelajaran lebih merambah ke pendekatan anak yang cenderung bergaya belajar baik visual maupun auditori mengingat sebagian dari anak- anak kita memiliki gaya belajar tersebut. Melalui video, mereka akan lebih tertarik dan fokus dalam pelajaran dengan media tersebut. 
 
Guru dapat membuat video pembelajaran yang menarik seperti dalam video presentasi, tutorial atau sesi pelatihan. Melalui pembuatan video yang menarik dan interaktif, siswa akan lebih mudah memahami akan materi yang disampaikan oleh guru. Salah satu metode pembuatan video yang menarik dan inetraktif yaitu melalui pembuatan video screencast.  Cara ini dapat kita lakukan dengan membuat rekaman video digital tentang apa yang terjadi di layar, sering kali disertai dengan audio atau komentar teks yang menjelaskan tindakan tersebut. Hasil dari video ini akan lebih mudah dimengerti oleh siswa karena sifat informasi yang disampaikan jelas. 
 
Untuk membuatnya, sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan keahlian yang khusus karena saat ini tersedia secara luas aplikasi- aplikasi atau software screencast yang bisa membantu kita. Salah satunya adalah Record Cast.

Apa Itu Record Cast?

Record Cast merupakan sebuah tool untuk merekam video atau audio layar. Record Cast dapat merekam semua aktivitas yang dilakukan di tab browser (termasuk audio) atau seluruh desktop. Melalui Record Cast, kita dapat membuat tutorial, presentasi, atau video pembelajaran. Selain itu kita dapat menambahkan audio dari mikrofon dan kemudian merekam suara kita ke dalam rekaman video tersebut.

Kelebihan Record Cast

1. Gratis

Record Cast dapat digunakan secara gratis, dengan hasil rekaman video berkualitas tinggi tanpa watermark, dan tanpa membayar. 

2. Tanpa Unduh

Hanya dengan satu klik dan mulailah untuk merekam layar jadi teman- teman tidak perlu mengunduh perangkat lunak dan ekstensi.

3. Perekaman yang Fleksibel

Teman- teman dapat menangkap seluruh layar, jendela aplikasi, atau tab browser sesuai kebutuhan. Tambahkan juga audio secara bersamaan bila diperlukan.

4. Editor Video Bawaan

Tambahkan judul, anotasi, efek yang menarik, dan banyak lagi di editor video bawaan pada screencast yang sudah teman- teman buat. Hal ini akan mempercantik tampilan video seperti tampilan profesional.

Cara Merekam Screen dengan Record Cast

Ada tiga langkah mudah merekam screen dengan Record Cast yaitu mulai merekam (start recording), sesuaikan pengaturan (adjust setting) dan edit dan unduh (unduh and edit). 

Pada halaman utama, tekan tombol Start Recording (Mulai merekam). Selanjutnya, Pilih metode perekaman audio selama perekaman layar, Microphone, System audio atau No audio. Bila memilih Microphone, pada step ini, teman- teman bisa pasang Microphone ke dalam laptop. Untuk yang pilihan System Audio, tidak perlu memasangnya. Kemudian Click to Start Recording. 

Image%2B001

 Akan muncul pop up yang menunjukkan konten dari screen teman- teman. Silahkan pilih salah satu dengan klik tampilan preview lalu klik tombol “share”. 

Image%2B002

 Klik Continue pada Enable the system Recording permission

Image%2B003

Pada halaman selanjutnya akan menampilkan perekaman screen. Batasan waktu maksimal adalah 10 menit. Teman- teman bisa mulai membuat perekaman layar, ataupun tutorial. Klik ikon tombol stop bila sudah selesai. Teman- teman juga bisa mengunduh screen recording yang dibuat tadi atau mengeditnya. Klik Edit Screencast Now untuk mengedit.

Image%2B005

Editor akan ditampilkan pada halaman tab tersendiri. Tambahkan media atau text pada screen video yang sudah dibuat. Terakhir, klik Save atau Export, tetapi jangan lupa untuk sign up lebih dulu yaa…  

Image%2B006

Menarik Bukan?

Record Cast sangat berguna dalam menjelaskan beberapa proses atau membuat tutorial video, dan kemudian membagikan video tersebut kepada siswa Anda dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dengan perekam layar Record Cast, teman- teman dapat merekam apa yang terjadi pada layar PC, dan menambahkan audio dari mikrofon. 

Tertarik? kunjungi webnya

logo

 

Selamat Mencoba. 

Advertisement
Continue Reading Below