Ky Bowman – Profil, Karir, Statistik, Gaji, Two-Way Contract

Advertisement
Continue Reading Below

Ky Bowman adalah pemain basket asal Amerika Serikat berumur 22 tahun yang berposisi sebagai Point Guard dan saat ini bermain untuk tim Golden State Warriors. Bowman memiliki nama asli Kyran Bowman, pemain ini merupakan pilihan utama Golden State dari sekian banyak pemain yang mengikuti seleksi di Summer League 2019. Bowman dikontrak selama 1 musim melalui skema two-way contract yang berasosiasi dengan Santa Cruz Warriors di G League.

Ky Bowman
Ky Bowman di Summerleague, foto: USAtoday.com

Ini artinya Bowman akan menghabiskan setengah dari musimnya bersama Santa Cruz serta dapat kapan saja dipanggil untuk memperkuat skuat utama Golden State. Tiap tim di NBA memiliki hak untuk mendaftarkan 2 two-way contract di timnya. Pilihan Warriors lainnya yakni mempertahankan Damion Lee yang musim kemarin juga mendapatkan jenis kontrak yang sama. Two-way contract juga menjadi kesempatan bagi Bowman mendapatkan menit bermain yang lebih banyak serta dapat mengembangkan permainannya sehingga nantinya bisa menjadi pemain yang lebih matang.

Adakah kesempatan bagi pemain G League untuk bersinar di NBA?

Banyak sekali pemain all-stars yang sebelumnya mencicipi kompetisi G League terlebih dahulu untuk pengembangan skillnya. G League menjadi salah satu sarana untuk pengembangan diri para pemain terutama pemain muda dan rookie. Pemain seperti Pascal Siakam, Khris Middleton, Rudy Gobert dan yang lainnya juga merupakan alumni G-League.

Mendapatkan menit bermain lebih banyak walaupun harus melewati kompetisi ini bukan sebuah kemunduran. Karena untuk mengembangkan kemampuan, biasanya rookie butuh menit bermain, sementara jika rookie tersebut terpilih oleh tim yang sudah memiliki pemain-pemain yang bagus, maka kesempatan bermain para rookie makin sedikit. Minimnya jam terbang tersebut akan mengganggu karir pemain itu sendiri sehingga diperlukan fase pengembangan yang biasanya didapatkan di G League.

Karir Ky Bowman

Bowman tumbuh besar di Havelock, North Carolina. Di tempat ini Bowman memulai karir juniornya di high school bersama Havelock, Bowman merupakan salah satu talenta yang paling menarik pada saat itu dan berhasil mencatatkan angka 23.4 ppg, 8.7 rpg dan 4.7 apg. Bowman dikenal sebagai point guard muda yang eksplosif dan mampu memiliki kemampuan rebound yang bagus meskipun hanya memiliki tinggi 188 cm atau 6’2 kaki.

Di level college Bowman bergabung dengan Boston College Eagles, Bowman menghabiskan 3 musim di Boston. Dan di akhir musimnya sebelum menekan kontrak dengan Golden State, Bowman mencatatkan rata-rata yang impresif yakni 19 ppg, 7,5 rpg, 4 apg, dan 1,4 spg. Catatan ini nyatanya tak mampu menempatkan Bowman untuk masuk kedalam 60 pemain di NBA Draft 2019. Ky Bowman akhirnya mengikuti trial bersama Golden State Warriors di Summer League 2019, permainan yang impresifnya serta merupakan pemain yang versatile membuat pihak manajemen Warriors secara mantap memilihnya untuk mengisi slot two-way contract menggantikan Marcus Derrickson.

Ky Bowman Point Guard Komplit

Melihat permainan Bowman, semua orang pasti teringat dengan Damian Lillard, salah satu point guard terbaik yang ada di NBA. Secara efisiensi dan kematangan mungkin masih sangat jauh jika dibandingkan dengan Lillard, namun Bowman memiliki profil yang hampir sama. Yakni kemampuan menembak 3 poin yang bagus, mampu melakukan dunk-dunk ajaib meski hanya bertinggi 188cm, serta seorang pemain yang memiliki handling yang bagus serta kemampuan membuka ruang baik untuk dirinya sendiri maupun pemain lain.

Jika di musim kemarin Warriors memiliki Quinn Cook yang juga memiliki insting menyerang yang bagus. Musim ini Bowman menawarkan lebih dari sekedar permainan menyerang, namun juga defense yang lebih baik serta kemampuan rebounding yang bagus. Bowman menjadi salah satu profil yang paling menarik ditunggu permainannya di Golden State Warriors musim ini.

Gaji Ky Bowman

Bowman mengikat kontrak satu musim bersama Golden State Warriors dengan skema two-way contract, artinya nilai kontraknya pun tak seberapa. Untuk gaji ky bowman pada musim 2019-2020, angkanya ditaksir sekitar US$79k. Sementara untuk musim-musim berikutnya masih belum ada.

Statistik Ky Bowman

Menghabiskan masa kuliah 3 musim bersama Boston College Eagles, statistik Ky Bowman yakni sebagai berikut:

 

Musim Umur GP Min Pts FG% 3pt% Reb Ast Stl Blk
Boston College 16/17 20 32 28.8 14.3 49.2 44.9 4.8 2.9 1.2 0.1
Boston College 17/18 21 35 38.2 17.6 42.2 36.2 6.8 4.7 1.5 0.3
Boston College 18/19 22 31 39.4 19 40.4 37.4 7.5 4 1.4 0.6

 

Rating Ky Bowman di NBA 2K20

Rating game basket 2K20 sudah dirilis dan dikonfirmasi, untuk rating Ky Bowman mendapatkan rating overall

Advertisement
Continue Reading Below