Cabang-Cabang Ilmu Biologi Serta Klasifikasinya

Advertisement
Continue Reading Below
Cabang-cabang Ilmu Biologi
Cabang-cabang Ilmu Biologi

Pada ilmu biologi ada berbagai macam cabang-cabang keilmuan yang khusus mempelajari kehidupan serangga yaitu Entomologi. Dan selain entomologi masih banyak cabang-cabang biologi lainnya yang masing-masing memiliki kajian khusus. Sebelum kita mempelajari cabang-cabang ilmu biologi, mari kita lihat terlebih dahulu pengertian dari istilah Biologi.

Biologi berasal dari dua kata bahasa Yunani, yaitu ‘bios’ dan ‘logos’ yang artinya ‘hidup’ dan ‘ilmu’. Jadi secara sederhana Biologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang hidup. Pengertian ini kemudian berkembang dan disempurnakan sehingga mencakup seluruh objek atau kajiannya yang sangat luas itu.

Definisi Biologi yang lebih lengkap tersebut adalah sebagai berikut; Biologi adalah ilmu tentang makhluk hidup dan gejala kehidupan. Objek atau kajian dalam Biologi meliputi kelima Kingdom/Regnum dan Virus.

Kelima Kingdom tersebut adalah Animalia (hewan), Plantae (tumbuhan), Fungi (jamur), Protista dan Monera. Adapun objek-objek tersebut selanjutnya akan dikaji lebih jauh mulai dari lingkup yang paling kecil yaitu molekul hingga lingkup bioma di permukaan bumi.

Dimana interaksi antarbioma di permukaan bumi ini membentuk lapisan makhluk hidup di bumi yang dikenal sebagai Biosfer. Kemudian bagaimanakah caranya mempelajari Biologi yang objek/kajiannya sangat luas itu?

Ya benar, caranya adalah dengan memilah-milah materi-materinya berdasarkan objek atau kajiannya, baru kemudian mempelajarinya secara lebih mendalam pada setiap objek/kajian tersebut. Baiklah sekarang mari kita mulai saja mempelajari cabang-cabang Biologi tersebut.

Cabang-Cabang Biologi

Di atas telah dijelaskan bahwa untuk mempermudah mempelajarinya, maka Biologi dipilah-pilah menjadi cabang-cabang ilmu. Tiap cabang ilmu mengkhususkan bahasannya pada satu objek tertentu saja. Misalnya cabang Biologi yang didasarkan pada objek diantaranya Zoologi, Botani, Mikologi, Mikrobiologi, dan Virologi.

Kemudian dari tiap objek itu, misalnya Zoologi terbagi lagi menjadi Vertebrata dan Invertebrata. Dan Vertebrata yang terbagi lagi menjadi 5 Filum (Pisces, Amphibia, Reptilia, Aves dan Mamalia) memunculkan cabang-cabang ilmu seperti Ichtyologi, Herpitologi, Ornitologi dan Mamalogi. Dari tiap cabang ilmu ini muncul lagi cabang-cabang ilmu yang semakin spesifik.

Misalnya, dari Mamalogi kemudian muncul cabang-cabang ilmu yang mengkaji lebih jauh mengenai hewan mamalia dan manusia tersebut, seperti Sitologi, Anatomi, Fisiologi, Morfologi, Taksonomi, Genetika, Embriologi. Pemilahan ilmu ini terjadi pula pada cabang-cabang ilmu Biologi lainnya.

Adapun cabang Biologi yang didasarkan pada persoalannya antara lain Ekologi, Toksikologi, Taksonomi, Biologi Reproduksi, dan Teratologi.

Dan cabang Biologi yang didasarkan pada tingkat organisasi kehidupan antara lain Sitologi, Histologi, Organologi, Biologi Populasi, Biologi Molekuler, dan Genetika Populasi.

Pada cabang Biologi Terapan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia pun kini terbagi menjadi Kedokteran, Gizi dan Kesehatan/Higiene, Pertanian, Peternakan, Perikanan, serta Bioteknologi. Kemudian dari ilmu Kedokteran sendiri muncul ilmu-ilmu spesifik antara lain spesialisasi saraf, mata, kandungan, gigi, THT, internis, dan anak. Demikian pula dengan cabang biologi terapan lainnya.

Apakah menurut Anda Biologi merupakan ilmu pengetahuan alam yang sulit untuk dipelajari? Ataukah terlalu luas sehingga terasa akan lama dan membosankan untuk dipelajari? Tentu tidak, karena semua cabang ilmu Biologi tersebut sangat perlu dipelajari.

Pengetahuan Biologi dapat membantu kita menyelesaikan segala persoalan sehari-hari, baik dalam lingkungan sekitar diri sendiri maupun hingga lingkup ekosistem yang lebih luas.

Selain itu Anda dapat menjadikan cabang-cabang Biologi ini sebagai sarana mengembangkan diri untuk masa depan, maksudnya Anda dapat memilih profesi dan berkarir pada salah satu cabang Biologi.

Karena, setiap orang yang senang mempelajari Biologi akan semakin mengkhususkan dirinya bahkan berprofesi pada salah satu cabang ilmu Biologi yang paling disukainya.

Maksudnya begini, apabila Anda senang mempelajari tentang tubuh manusia, pada akhirnya akan mendorong Anda mengkhususkan diri dan berprofesi pada dunia Kedokteran, mulai dari Kedokteran Umum atau bahkan hingga ke Spesialis tertentu.

Atau misalnya Anda senang mempelajari dunia tumbuhan, pada akhirnya akan mendorong Anda menjadi seorang ahli/biologiwan yang mampu menciptakan jenis tumbuhan atau bibit unggul baru dengan sifat unggul tertentu melalui bioteknologi/rekayasa genetika.

Memang ilmu pengetahuan seperti Biologi yang senantiasa berkembang dapat diibaratkan sebagai pohon yang semakin membesar, tumbuh cabang, anak cabang, ranting dan seterusnya hingga pohon tersebut semakin rimbun.

Hal ini dikarenakan manusia memiliki rasa keingintahuan yang besar, selain itu pun karena ditunjang oleh kemajuan/perkembangan ilmu pengetahuan lainnya seperti kimia, fisika dan teknologi.

Pengertian

Sekarang simaklah baik-baik mengenai cabang-cabang Ilmu Biologi beserta pengertiannya yang sudah penulis rangkumkan. Cabang-cabang yang ada dalam ilmu biologi, yaitu sebagai berikut :

Klasifikasi Berdasarkan Objek Kajiannya

  1. Zoologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang hewan
  2. Botani yaitu ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan
  3. Mikrobiologi adalah ilmu yang yang mempelajari tentang mikroorganisme
  4. Bakteriologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang bakteri
  5. Virologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang virus
  6. Mikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jamur
  7. Parasitologi adalah ilmu yang mempelajarai tentang parasit
  8. Ikhtiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang ikan
  9. Malakologi adalah ilmu yang mempelajari tentang moluska
  10. Ornitologi adalah ilmu yang mempelajari tentang burung
  11. Entomologi adalah ilmu yang mempelajari tentang serangga
  12. Vikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang alga atau ganggang.
  13. Paleontologi ilmu tentang fosil dan hubungannya dengan sejarah bumi.
  14. Taksonomi ilmu yang mempelajari pengelompokan/klasifikasi makhluk hidup.
  15. Embriologi adalah ilmu yang mempelajari perkembangan embrio dari zigot sampai janin beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya.
  16. Mamalia ilmu tentang hewan menyusui dan seluk beluknya.
  17. Higiene yaitu ilmu tentang kesehatan.
  18. Patologi ilmu tentang penyakit-penyakit yang menyerang makhluk hidup.

Klasifikasi Berdasarkan Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup

  1. Sitologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sel
  2. Histologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jaringan
  3. Morfologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bentuk atau ciri luar makhluk hidup
  4. Fisiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang fungsi kerja tubuh
  5. Anatomi adalah ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian tubuh.

Klasifikasi Berdasarkan Tema Pokoknya

  1. Evolusi adalah ilmu yang mempelajari tentang perubahan makhluk hidup dalam jangka waktu yang lama
  2. Genetika adalah ilmu yang mempelajari tentang pewarisa sifat
  3. Ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya
  4. Etologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan cara hidup  hewan.

Klasifikasi Berdasarkan Objek Dan Tema Pokoknya

  1. Genetika manusia adalah ilmu yang mempelajari tentan pewarisan sifat pada manusia
  2. Ekologi tumbuhan adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara tumbuhan dan lingkungannya.
  3. Ekologi hewan adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara hewan dan tumbuhan.

Sampai di sini pastinya Anda sudah memahami seluruh uraian mengenai cabang-cabang Biologi yang sudah saya paparkan diatas.

Demikianlah artikel mengenai cabang-cabang ilmu biologi yang bisa penulis jelaskan. Semoga bermanfaat bagi Anda dan Terimakasih.

Advertisement
Continue Reading Below