Latar Belakang Perang Dunia Pertama 1914-1918

Advertisement
Continue Reading Below

Perang Dunia I awalnya merupakan pertikaian antara dua aliansi negara-negara yang ada di Eropa, yaitu Triple Alliance dengan anggotanya yaitu Jerman, Austria-Hongaria, Italia (keluar dan diganti dengan Turki Usmani) melawan Triple Entente dengan anggotanya yakni Perancis, Rusia dan Inggris, baru pada tahun 1917, Amerika Serikat ikut membantu pihak Triple Entente sekaligus membantu mengakhiri perang.

Latar belakang dalam Perang Dunia I ini dibedakan menjadi dua macam yaitu Sebab Umum, dan Sebab Khusus, mari kita bahas satu persatu.

Sebab Umum Perang Dunia I

Secara umum Perang Dunia I dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:

Pertentangan Negara-Negara Eropa

Pertentangan negara ini diawali oleh beberapa penaklukan bangsa-bangsa Eropa di seluruh dunia. Perluasan wilayah ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan industri negara-negara Eropa. Sehingga menimbulkan pertentangan untuk memperebutkan hegemoni pada setiap masing-masing negara di Eropa.

Contohnya adalah Jerman menjadi kekaisaran besar setelah penyatuan seluruh bangsa yang berbahasa Jerman dibawah pemerintahan Kanselir Otto Von Bismarck pada tahun 1871. Penyatuan ini berhasil menyatukan Jerman dari wilayah Germania sampai di daerah negara lain.

Bahkan setelah meinggalnya Otto Von Bismarck, para kanselir penerus mulai melakukan berbagai politik ekspansi untuk memperkuat negaranya, begitupun dengan dengan negara eropa lain seperti Inggris. Inggris ketika itu telah mendominasi seperempat dunia dibawah penjajahannya dan semakin kuat di bidang kelautan.

Selain dari kedua contoh diatas, adapaun beberapa kejadian dan pertentangan antarnegara di Eropa yaitu:

  1. Jerman dan Prancis

Permusuhan disebabkan dendam Prancis terhadap Jerman. Prancis dikalahkan oleh Jerman pada 1871.

  1. Jerman dan Inggris

Jerman merasa dirugikan karena orang-orang Inggris dilarang membeli barang dagangannya yang masuk ke Inggris.

  1. Inggris dan Prancis

Politik perluasan wilayah yang dilakukan Prancis di bawah Napoleon Bonaparte.

  1. Rusia dan Austria

Kedua negara ini mempunyai ambisi yang sama untuk menguasai daerah Balkan.

  1. Rusia dan Turki

Rusia menganggap Turki menghalangi politik air hangat. Kawasan Laut Hitam (Selat Dardanella dan Selat Bolpurus yang dikuasai Turki) menjadi rebutan.

  1. Jerman, Inggris, Prancis, dan Italia

Jerman, Inggris, Prancis, dan Italia bersaing untuk menguasai wilayah Afrika.

Itulah sebab umum terjadinya perang dunia pertama yang disebabkan pertentangan negara. Selain itu juga masih ada sebab umum lainnya. Simak penjelasannya dibawah ini.

Politik Aliansi Antar Negara-Negara Di Eropa

Pada 1882, antara Jerman, Austria, dan Italia membentuk persekutuan militer yang disebut Triple Alliance. Akibatnya, timbul reaksi dari Prancis dan Inggris dengan membentuk Entente Cordiale pada 1904.

Selanjutnya, pada 1907 berubah menjadi Triple Entente setelah Rusia menjadi anggota baru. Pada 1912, terbentuk Pan Slavisme yang dilindungi Rusia.

Namun, dalam Perang Dunia I Italia keluar Triple Alliance dan bergabung ke dalam aliansi Triple Entente, ini disebabkan adalah karena Italia dijanjikan wilayah Dalmatia menjadi wilayahnya oleh Inggris dan Perancis.

Dengan keluarnya Italia maka kekuatan Triple Alliance seharusnya melemah, namun berbalik dengan kenyataannya bahwa pada aliansi ini mendapatkan bantuan dari Turki Utsmani. Kesepakatan antara pemerintah Utsmani yang diwakili sekelompok kecil para pemimpin Turki Muda, ditandatangani secara sangat rahasia pada tanggal 2 Agustus 1914.

Dengan demikian, Kekaisaran Utsmani bergabung dengan kekuatan Austria-Hungaria dan Jerman untuk melawan Triple Entente (Inggris, Perancis, Italia dan Rusia).

Etnosentrisme

Etnosentrisme adalah rasa kebanggaan yang berlebihan terhadap etnis atau sukunya, paham ini muncul di awal abad ke 20. Paham ini dilaksanakan oleh negara Jerman dengan cara melakukan unifikasi atau penyatuan yang berkeinginan menyatukan seluruh wilayah yang berbahasa Jerman kedalam satu kekaisaran.

Etnosentrisme juga muncul di kalangan orang-etnis Slav. etnis Slav adalah penduduk yang tinggal di wilayah Rusia, Ukraina, hingga ke semenanjung Balkan. Orang-orang Slav pada saat itu pula berkeinginan agar seluruh etnis slav, khususnya etnis Slavia selatan, bergabung di dalam satu negara, gerakan ini umumnya disebut Pan-Slavisme.

Sedangkan menjelang pecahnya Perang Dunia I, wilayah Bosnia merupakan wilayah milik dari kekaisaran Austria-Hongaria, kasus ini yang kemudian memancing berbagai peristiwa yang akan menjadi penyulut dari Perang Dunia I, yaitu penembakan terhadap Putra Mahkota Austria-Hongaria yang pada saat itu berada di Sarajevo, Ibukota Bosnia.

Sebab Khusus Perang Dunia I

Insiden yang menyebabkan perang antarnegara Eropa pada 1914 adalah kejadian di daerah Balkan. Kejadian tersebut dimulai dengan perang antara Austria dan Serbia.

Pada 1878, Kongres Berlin memutuskan bahwa Serbia diberi kemerdekaan penuh, sedangkan Bosnia dan Herzegovina masih tetap diduduki Austria.

Pada 28 Juni 1914, pemerintah Austria mengutus putra mahkota Austria, Franz Ferdinand dengan tujuan untuk menenangkan rakyat Slavia di Sarajevo, Bosnia. Namun, ditembak mati oleh seorang pemberontak Serbia bernama Gavrilo Princip. Gavrilo Princip memiliki hubungan dengan kelompok teroris Serbia, yaitu Black Hand (Tangan Hitam).

Latar Belakang Perang Dunia Pertama

Pada 23 Juli 1914, Menteri Luar Negeri Austria bernama Leopold von Berchtold mengeluarkan ultimatum, yang isinya sebagai berikut.

  1. Pemerintah Serbia harus menindas semua gerakan anti- Austria di Serbia dan memecat pejabat-pejabat yang bersalah.
  2. Para pejabat Austria diizinkan untuk membantu gerakan penindasan kaum pemberontak.

Jawaban ultimatum tersebut ditunggu dalam waktu 48 jam. Pemerintah Serbia akan memenuhi sebagian besar tuntutan Austria. Akan tetapi, diikuti dengan tindakan mobilisasi meng hadapi perang. Pemerintah Austria menganggap jawaban ultimatum itu tidak memuaskan, dan mengumumkan perang terhadap Serbia pada 28 Juli 1914.

Tanggal itulah dimulainya pertempuran di berbagai negara Eropa yang menyebar ke seluruh dunia menjadi perang terburuk setelah perang dunia kedua yang pernah terjadi dalam sejarah umat manusia. Demikianlah artikel dari saya tentang latar belakang terjadinya Perang Dunia I yang bisa dijabarkan. Semoga bermanfaat bagi Anda semua. Terimakasih atas kunjungannya.

Advertisement
Continue Reading Below