Materi Tentang Pengertian, Ciri-ciri dan Jenis Artikel untuk SMA/MA

Advertisement
Continue Reading Below
Materi Tentang Pengertian, Ciri-ciri dan Jenis Artikel untuk SMA/MA
Materi Tentang Pengertian, Ciri-ciri dan Jenis Artikel untuk SMA/MA

Pengertian artikel

Artikel menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah karya tulis lengkap. Artikel merupakan sebuah tulisan yang isinya opini seseorang membahas tentang suatu persoalan atau masalah tertentu yang tujuannya adalah ingin memberi tahu (informatif), Menyakinkan pembaca (persuasif), Sanggahan dan tanggapan (argumentatif) dan sebagai penghibur (rekreatif).

Karangan artikel berisi pembahasan tentang suatu fenomena alam atau sosial di masyarakat. Penulis artikel ingin menyampaikan dan menanggapi fenomena alam atau sosial tersebut yang tuangkannya ke dalam tulisan. Penulis menyajikan menjelaskan siapa, apa, kapan, dimana, bagaimana, dan mengapa sebuah fenomena itu bisa terjadi.

Ciri-ciri Artikel

Tulisan yang dikategorikan sebuah artikel adalah memiliki ciri-ciri yaitu
  1. Identitas penulis ditampilkan
  2. Mengandung suatu gagasan yang baru atau aktual
  3. Bukan dari hasil pemikiran orang lain (plagiat)
  4. Mengungkapkan permasalahannya dan bagaimana cara mengatasinya
  5. Berdasarkan fakta dan pandangan dari penulisnya
  6. Topik yang dibahas berkaitan dengan dunia politik

Jenis Artikel

Ada dua jenis artikel yang dibahas di bawah ini yaitu
  1. Berdasarkan isi artikel
  2. Berdasarkan sudut pandang penulis

Berdasarkan isi artikel

Artikel ini dibedakan berdasarkan isinya. Permasalahan atau topik yang diangkat merupakan permasalahan yang sederhana, penelitian dari bidang ahli,  maupun dari segi ajaran agama. Dan jenis ini pun terbagi menjadi
  • artikel praktis yang mengandung petunjuk atau arahan praktis dalam melakukan sesuatu hal. Artikel ini dapat ditemui misalkan petunjuk penggunakan alat pemadam kebakaran.
  • artikel ringan, dari segi penyampaian dan penyajian di tulis secara ringan dan menggunakan diksi (pilihan kata) yang mudah dipahami. Artikel ini dapat dijumpai pada artikel rekreatif.
  • Artikel halaman opini, artikel ini memiliki topik yang diambil dari hal-hal yang aktual di masyarakat. Misalnya artikel opini terhadap penanggulangan banjir oleh pemerintah.
  • Artikel analisis dari ahli. Artikel ini berisi topik yang ditulis oleh seorang ahli di bidangnya. Seorang ahli akan menulis secara tuntas serta mendalam tentang apa yang ditulisnya. Misalnya pakar kesehatan membahas tentang bahayanya wabah demam berdarah
  • Artikel religi. Artikel ini berisi tentang ajaran-ajaran agama untuk pemeluknya. 

Berdasarkan sudut pandang penulis

  • Artikel deskripsi. Artikel ini berisi informasi dan penggambaran suatu kejadian atau peristiwa. Penulis berusaha memberikan gambaran kepada pembaca tentang suatu benda atau suatu peristiwa sehingga para pembaca seakan-akan bisa merasakan hal atau peristiwa yang dibacanya.
  • Artikel eksplanatif. Artikel ini berisi informasi yang mana penulis menerangkan dengan sejelas-jelasnya kepada pembaca.
  • Artikel prediktif. Artikel ini berisi perkiraan atau ramalan dari penulis yang akan kemungkinan terjadi pada masa mendatang.
  • Artikel preskriptif. Artikel ini berisi langkah-langkah dan anjuran kepada pembaca agar tidak melakukan hal-hal yang ceroboh atau keliru. Artikel ini merupakan ajakan, himbauan atau perintah kepada pembaca agar melakukan sesuatu.


Demikan semoga bisa bermanfaat. dan silakan bagikan artikel ini kepada orang lain. Terima kasih


Lihat Juga
Advertisement
Continue Reading Below