Mudah Memahami Populasi dan Sampel, Teknik Pengumpulan dan Analisi Data

Advertisement
Continue Reading Below

Populasi dan Sampel 

Populasi adalah keseluruhan (toyality) objek psikologis (physchological objects) yang dibatasi oleh kriteria tertentu. Objek psikologis bisa merupakan objek yang diraba/konkret (tangible) maupun objek abstrak (untangible). Sebagai contohnya kursi dan orang adalah objek yang bisa diraba; pernyataan adalah objek yang bisa dilihat; motivasi kerja adalah objek untangible. 

Apabila seorang peneliti melakukan penelitian secara menyeluruh terhadap sebuah populasi tertentu (complete enumeration) maka penelitian tersebut dikategorikan sebagai penelitian sensus. Pada suatu saat sensus tidak mungkin dilakukan maka satu-satunya jalan adalah melakukan penelitian secara sampel. 

Ada beberapa teknik dalam menarik sampel, diantaranya : 

1. Random sampling/sampling acak 

  • Sampling acak sederhana yaitu dengan menggunakan lotre/ undian terhadap populasi 
  • Sampling acak beraturan (ordinal sampling) dengan mengambil nomor subjek dengan jarak yang sama. Contohnya dengan kelipatan 3,5,10 dst. 
  • Sampling acak dengan bilangan random yaitu dengan membuat tabel yang disusun dengan urutan tertentu dari subjek. 

2. Sampling kelompok / cluster sampling, yaitu mengambil sampel dengan membuat ciri dari kelompok populasi. Contohnya kls 1 SMP dengan latar belakang pekerjaan atau pendidikan orang tua 

3. Sampling berstrata atau bertingkat, yaitu apabila dalam populasi terdapat strata. 

Yang perlu diperhatikan dalam menentukan jumlah sampel dari sebuah populasi adalah bahwa penarikan sampel harus dapat mewakili populasi. 

Teknik Pengumpulan Data 

Pengumpulan data adalah prosedur sistematik dan standar untuk memperoleh data yang diperlukan. Metode/teknik yang digunakan dalam pengumpulan data disertai alasannya perlu dijelaskan. Demikian pula, data yang terkumpul dari setiap variabel harus jelas skala pengukurannya, sehingga dapat membantu pendeteksian kecocokan skala data dengan teknik analisis. 

Instrumen Pengumpulan data dengan menggunakan angket 

Angket merupakan daftar pertanyaan yang diberikan kepada orang lain dengan tujuan agar responden dapat memberikan respons sesuai dengan permintaan pengguna. Angket dibedakan menjadi 3 Jenis, yaitu : 

  1. Angket Terbuka; 
  2. Angket Tertutup 
  3. Angket Gabungan (terbuka dan tertutup). 

Analisis Data 

Sama halnya dengan teknik mengumpulkan data, maka teknik dan prosedur analisis data yang digunakan peneliti beserta alasannya juga perlu dijelaskan. 

Analisis data dilakukan sesuai dengan kebutuhan penelitian dan metode penelitian apakah memerlukan normalitas data, linieritas data, deskripsi data, dan sejenisnya sebelum melakukan analisis (Chi Kuadrat, Korelasi, Regresi, dsb). 

Analisis data dapat dilakukan secara manual maupun komputer dengan program-program statistik yang telah diakui, baik skala nasional maupun internasional.

Advertisement
Continue Reading Below