Profil Klay Thompson – Rekor, Gaji, Statistik, Shooter Terbaik di NBA

Advertisement
Continue Reading Below

Klay Alexander Thompson atau dikenal dengan Klay Thompson adalah pemain basket asal Amerika Serikat yang bermain untuk Golden State Warriors di posisi Shooting Guard. Klay juga disebut-sebut sebagai salah satu Shooter terbaik sepanjang sejarah NBA bersama kompatriotnya Steph Curry serta pemegang rekor 3-point terbanyak Ray Allen.

Klay Thompson
Foto: NBA Basketball

Klay Thompson dilahirkan pada 8 Februari 1990 di Los Angeles, California dan saat ini berumur 29 tahun. Sebagai seorang spot up shooter, Klay dibekali dengan fisik yang mumpuni yakni tinggi badan 201 cm (6’7 kaki) dan berat 98 kg. Klay merupakan salah satu potret terbaik untuk mendefinisikan apa itu Catch and Shoot player, serta pemain bertipe 3-and-D terbaik saat ini.

Kemampuan off ball movement dan defense Klay menjadi salah satu kunci sukses Golden State Warriors mampu mendominasi liga selama setengah dekade. Bersama dengan Steph Curry dan Draymond Green, trio bintang Warriors ini diperkirakan bakal mengakhiri karir atau pensiun sebagai seorang Warriors dalam 7-10 tahun mendatang. Saat ini Klay masih diusia puncak sebagai seorang pebasket profesional, penampilannya selalu stabil dan mampu menjadi senjata mematikan bagi Warriors kapanpun tim membutuhkannya.

Karir Klay Thompson

Karir Junior

Klay Thompson yang hidup dan besar di Los Angeles, California merupakan anak dari Mychal Thompson, salah satu pemain basket yang sudah pensiun dan dulu bermain untuk Portland Trail Blazers, San Antonio Spurs dan Los Angeles Lakers. Pada usia junior, Klay belajar bermain basket di sekolah Santa Margarita di Los Angeles. Bakat shooting 3 point Klay memang sudah sangat terasa di level ini dengan mencatatkan rekor 7 3pt di game finals untuk timnya. Thompson juga dianugerahi sebagai league MVP divisi III. Di akhir musim, tepatnya pada pertengahan 2008, Klay beranjak memperkuat tim yang lebih tinggi di level College bersama Washington State.

Karir College

Sebagai seorang Freshman untuk Washington State, Klay memulai karir dengan sangat gemilang. Tampil di 33 pertandingan sebagai starter dan mengemas 33.1 menit bertanding. Catatan Klay untuk seorang Freshman adalah 12.5 ppg, 1.9 apg, dan 4.2 rpg. Sebagai seorang Shooting Guard, catatan tersebut sudah sangat bagus untuk rookie atau Freshman. Kemudian di musim sophomore Klay memperbaiki catatannya dan mulai secara rutin menembak 3 point dengan sangat bagus. Catatan sebagai Sophomore yakni 19.6 ppg, 5.1 rpg, dan 2.3 apg.

Di musim terakhirnya bersama Washington State, Klay makin berkembang permainannya dan menjadi kunci bagi tim saat itu. Klay pun menutup karir college dengan catatan 21.6 ppg, 4.5 rpg, dan 3.7 apg dengan catatan rata-rata 3 point per game 2.9 dengan persentase shooting 39.8%.

Karir Profesional di NBA

Klay Thompson memasuki kelas Draft pada 2011, pada saat itu Klay Thompson terpilih di urutan ke-11 1st round pick oleh Golden State Warriors. Pemilihan Klay ini juga karena desas-desus Warriors segera kehilangan Shooting Guard utama mereka Monta Ellis, Manajemen Warriors juga sangat menyanjung Klay karena percaya dapat menjadi partner paling ideal untuk Steph Curry sebagai backcourt duo.

Di musim rookie, kemampuan defense Klay belum sebagus saat ini. Manajemen percaya bahwa Klay bisa meningkatkan kemampuannya karena dari talenta dan cara bermainnya yang sangat ngotot. Klay kadang dijuluki sebagai True Warriors karena mau melakukan tugas apapun termasuk menjaga para bintang nomor satu musuh untuk memberikan space floor kepada Steph Curry agar dapat menembak atau melakukan akselerasi sebagai point guard. Di musim rookie tersebut belum ada nama Draymond Green, sehingga Klay bekerja ekstra keras untuk membantu timnya di fase bertahan.

Sebagai seorang rookie, Klay mencatatkan penampilan yang sangat mengesankan secara efisiensi. Terutama dari persentase 3-point yang menyentuh angka 41.4% dengan 1.7 3pm per pertandingan. Klay mengakhiri musim rookie dengan catatan 12.5 ppg, 2.4 rpg, dan 2.0 apg dengan peforma shooting 44/41/86 dalam 66 pertandingan dan 29 kali tampil starter. Di musim sophomore saat Warriors mendraft Draymond Green, Klay Thompson sudah secara sah menjadi SG starter untuk Golden State. Di musim ini juga penampilan Klay meningkat serta mampu memperbaiki catatan pointnya menjadi 16.6 ppg, 3.7 rpg, dan 2.2 apg dari 82 pertandingan dengan rataan menit bermain 35.8 menit per pertandingan. Musim tersebut sekaligus menasbihkan Klay sebagai salah satu pemain dengan stamina terkuat.

Di musim ke-4 yakni 2014-2015 saat Warriors memenangkan gelar juara NBA, Klay Thompson tampil memukau sepanjang musim dan menjadi salah satu penampilan paling maksimal sebagai seorang Warrior. Klay juga sudah dikenal sebagai elite parimeter defender karena mampu melakukan lock down terhadap siapapun yang ditugaskan pelatih untuk dijaga. Kemampuan defense Klay serta akurasi shooting yang stabil membuat tim ini mampu meraih gelar mengalahkan Lebron James cs di Finals.

Pada musim 2016-2017, merupakan musim terbaik Klay Thompson secara perolehan poin yakni 22.3 ppg dari 80 pertandingan. Di musim tersebut juga Warriors menjadi satu-satunya tim yang mampu menorehkan rekor 16-1 di ajang playoff yang pada saat itu merupakan musim pertama bagi Kevin Durant bersama Golden State. Klay kemudian mempersembahkan gelar juara ketiga bagi Golden state pada musim 2017-2018, kembali setelah mempecundangi Cavaliers dengan skor 4-0 di Finals.

Pada musim 2018-2019, penampilan 3-and-D Klay Thompson juga menciptakan kestabilan bagi tim serta kembali membantu Warriors untuk masuk finals kelima kali secara beruntun. Namun sayang sekali di pertandingan Game 6 Finals yang pada saat itu Klay sedang menampilkan permainan terbaiknya harus terhenti karena cedera ACL, cedera yang juga memaksanya untuk melewati masa penyembuhan selama 9 bulan lamanya, serta cedera yang memupuskan peluang Golden State saat itu untuk comeback dan menantang Raptors di Game 7. Namun, cedera tersebut sepertinya hanya membuat Klay sejenak beristirahat, karena kemungkinan setelah All-Stars Game 2020, Klay akan kembali dengan semangat yang lebih besar karena baru saja meneken kontrak maksium senilai US$190 juta untuk 5 musim kedepan bersama Golden State Warriors.

Shooter Terbaik NBA

Klay Thompson tak diragukan lagi sebagai salah satu shooter terbaik yang pernah dilahirkan di kompetisi NBA. Kemampuan shooting 3PT Klay semenjak musim rookie hingga sekarang masih sangat stabil dan konsisten diatas 40% per musimnya. Klay juga dikenal sebagai pemain dengan release shoot terbaik karena dia tak membutuhkan dribble untuk menembak, bisa dikatakan sebagai catch and shooter terbaik sepanjang masa.

Klay Thompson seperti robot yang dirancang khusus untuk melakukan shooting dari jarak jauh. Bahkan ketika dia sedang memanas, maka apapun bisa terjadi. Beberapa momen yang paling terkenal dan rekor NBA yang dipegang Klay adalah 14 3-point dalam satu pertandingan, 37 point dalam satu quarter, 10 3-point tanpa missed dari awal laga. 44 point dari hanya 3 dribble.

Game 6 Klay

Untuk semua pecinta NBA pastinya mengenal slogan “Game 6 Klay”, ini adalah penampilan spesial Klay ketika di Game 6, pemain ini bisa menjadi pemeain yang berbeda dan mengemas 40+ point ketika tim membutuhkannya. Game 6 Klay paling terkenal yakni pada 2016 ketika Warriors menumbangkan Oklahoma City Thunder yang saat itu masih diperkuat Kevin Durant. Di pertandingan tersebut Klay mencatatkan rekor 11 3-point dan 40 point yang mampu membuat seri menjadi imbang 3-3. Penampilan dominan Klay Thompson tersebut seakan melanjutkan dominasi Game 6 Klay di pertandingan lainnya seperti melawan Houston Rockets, dan terakhir melawan Toronto Raptors di Finals 2019.

Rekor 37 Poin Satu Kuarter

Rekor poin ini merupakan yang paling tidak masuk akal dalam sejarah NBA, bahkan sekelas Wilt Chamberlain kemungkinan akan kesulitan meraih angka ini. Rekor ini terjadi pada gelaran NBA Regular Season tahun 2015 yang saat itu warriors memenangi pertandingan dengan point 126-101. Klay secara mengejutkan mengobrak-abrik Kings dengan penampilannya yakni dengan menorehkan 13-13 shooting dan 9-9 dari 3-point shooting. Ini merupakan momen tergila Klay Thompson di kompetisi NBA, berikut untuk cuplikan videonya

Rekor 14 3 Poin

Ini juga merupakan rekor terbaru dari Klay Thompson yang kemungkinan akan sulit untuk dipecahkan. Uniknya rekor ini terjadi ketika semua orang mengkritik akurasi shooting Klay Thompson yang menurun di awal-awal musim 2018-2019, Klay secara mengejutkan membalas semua kritik tersebut dengan menorehkan 14-3pt dengan penampilan unik menggunakan Headband berwarna Kuning. Penampilan ini juga banyak mendapatkan apresiasi dari semua pemain NBA, dan menjulukinya sebagai Headband-Klay. Berikut untuk cuplikan 14 3 point Klay dalam satu pertandingan.

Rekor Poin Tertinggi

Klay Thompson mencatatkan karir poin tertinggi melawan Indiana Pacers, yakni dengan total poin 60. Untuk career high lain untuk tiap tim adalah sebagai berikut:

  • 52 poin vs Sacramento Kings
  • 52 poin vs Chicago Bulls
  • 45 poin vs Dallas Mavericks
  • 44 poin vs LA Lakers
  • 43 poin vs New York Knick
  • 42 poin vs Memphis Grizzlies
  • 41 poin vs Oklahoma City Thunder
  • 41 poin vs Minnesota Timberwolves

Gelar Juara dan Raihan Individu

Selama 8 musim tampil di NBA bersama Golden State Warriors, berikut untuk raihan gelar juara dan individu sebagai pemain

  • 3 kali juara NBA (2015, 2017, dan 2018)
  • 5 kali terpilih sebagai All-Stars (2015-2019)
  • 1 kali terpilih All Defensive Team
  • Jawara Three-Point Contest 2016
  • Terpilih sebagai All-NBA Rookie First Team
  • 2 kali terpilih sebagai All-Pac-10 di level college
  • 1 kali juara piala dunia u-19 (2009)
  • 1 kali juara piala dunia basket (2014)
  • 1 kali juara olimpiade (2016)

Spot Up Shooter Terbaik

Spot up shooter adalah pemain yang mampu menembak dari berbagai sisi lapangan dengan quick release yang baik. Kemampuan ini juga dibarengi dengan off-ball movement serta kecerdasan mencari spot yang kosong. Klay Thompson merupakan pemain terbaik untuk kategori ini, dan hal itu sudah dibuktikan selama 8 musim perjalanan karirnya di NBA.

Gaji Klay Thompson

Klay Thompson baru saja menekan pembaharuan kontrak Max Contract dengan total nilai US$190 juta untuk 5 musim kedepan. Untuk penjabaran per musimnya adalah sebagai berikut:

  • Gaji Musim 2019-2020 = US$32,742,000
  • Gaji Musim 2020-2021 = US$35,361,360
  • Gaji Musim 2021-2022 = US$37,980,720
  • Gaji Musim 2022-2023 = US$40,600,080
  • Gaji Musim 2023-2024 = US$43,219,440

Statistik Klay Thompson

Berkut merupakan statistik dari Klay Thompson untuk semua level baik College maupun Profesional Career di NBA

Statistik di College

Tim GP Min Pts FG% 3pt% Reb Ast Stl Blk Musim
Washington 33 33.1 12.5 42.1 41.2 4.2 1.9 0.9 0.6 08/09
Washington 31 35.4 19.6 41.2 36.4 5.1 2.3 1.4 0.7 09/10
Washington 34 34.7 21.6 43.6 39.8 5.2 3.7 1.6 0.9 10/11

Statistik di NBA Season

Tim GP Min Pts FG% 3pt% Reb Ast Stl Blk Musim
Warriors 66 24.4 12.5 44.3 41.4 2.4 2 0.7 0.3 11/12
Warriors 82 35.8 16.6 42.2 40.1 3.7 2.2 1 0.5 12/13
Warriors 81 35.4 18.4 44.4 41.7 3.1 2.2 0.9 0.5 13/14
Warriors 77 31.9 21.7 46.3 43.9 3.2 2.9 1.1 0.8 14/15
Warriors 80 33.3 22.1 47 42.5 3.8 2.1 0.8 0.6 15/16
Warriors 78 34 22.3 46.8 41.4 3.7 2.1 0.8 0.5 16/17
Warriors 73 34.3 20 48.8 44.1 3.8 2.5 0.8 0.5 17/18
Warriors 78 34 21.5 46.7 40.2 3.8 2.4 1.1 0.6 18/19

Statistik di Playoff

Tim GP Min Pts FG% 3pt% Reb Ast Stl Blk Musim
Warriors 12 41.3 15.2 43.7 42.4 4.6 1.8 1 0.6 12/13
Warriors 7 36.7 16.4 40.8 36.4 3.4 3.6 1 0.7 13/14
Warriors 21 36.2 18.6 44.6 39 3.9 2.6 0.8 0.9 14/15
Warriors 24 35.4 24.3 44.4 42.2 3.7 2.3 1.1 0.4 15/16
Warriors 17 35.1 15 39.7 38.7 3.9 2.1 0.8 0.3 16/17
Warriors 21 37.8 19.6 46.5 42.4 4.1 1.8 0.8 0.3 17/18
Warriors 21 39 20.7 45.6 44.3 4 2.1 1.3 0.7 18/19

Rating di NBA 2K20

Klay Thompson mendapatkan update rating terbaru di game basket 2K20 dengan overall rating 89 dan Shoot Rating 95.

Advertisement
Continue Reading Below