RESENSI BUKU : KITAB EPOS MAHABHARATA

Advertisement
Continue Reading Below
1.Identitas Buku
  -Judul                    : Kitab Epos Mahabharata
  -Penulis                 : C.Rajagopalachari
  -Penerbit               : IRCiSoD
  -Tahun Terbit        : 1] cetakan pertama : 2011 . 2] cetakan kedua : 2013
  -Kota Terbit          : Jogjakarta
  -Jumlah halaman  : 482
  -Peresensi             : Hasna Inggit
  -Kelas                   : X IPS 4
  -Sekolah               : SMA N 1 BREBES
2.Sinopsis
   Mahabharata dalam garis besar merupakan cerita Hindu di India sebagai salah satu pengajarannya. Seiring penyebaran Hindu di Indonesia, sehingga menjadi cerita bagi masyarakatnya (biasanya Jawa & Bali) walaupun itu bukan beragama Hindu. Mahabharata menceritakan tentang suatu keturunan kerajaan bernama Hastinapura. Singkat cerita, ada dua keturunan yang menjadi musuh yaitu Pandhawa dan Kurawa. Pandhawa merupakan 5 anak Pandu dengan 2 istrinya (Kunthi dan Madrim). Yudhistira, Bima , dan Arjuna merupakan anak dari Kunthi dan Nakula Sadewa merupakan anak Madrim. Mereka tinggal di hutan karena dulu Pandu dan dua istrinya mengasinkan diri karena Pandhu salah memanah rusa yang ternyata istri seorang Resi. Kurawa merupakan anak dari Destarasta dan Gandari. Kurawa perlambang kejahatan dan Pandhawa perlambang kebaikan. Saar mereka besar, terjadilah perang Bharatayudha yang menewaskan korban hingga hanya tersisa Pandhawa dan Kresna. Di buku ini diceritakan dari awal mula kerajaan Hastinapura hingga ujian terakhir Yudhistira.
3.Kelebihan dan Kekurangan
  -Kelebihan: terdapat banyak pengajaran, covernya tebal dan menarik,  tata bahasanya menarik, ada pembatas buku, dan memperluas perbedaan antara di India dan Indonesia.
  -Kekurangan: banyak kata-kata yang tidak dimengerti, kertasnya tipis, banyak konten yang berisi kekerasan, cetakannya ada yang memudar,dan kurangnya gambar yang mendukung.
Advertisement
Continue Reading Below