8 Syarat yang harus dipenuhi saat belajar

Advertisement
Continue Reading Below

Ada yang belajar tetapi hasilnya hampa, hal ini disebabkan oleh proses belajar yang dilakukan tidak memenuhi syarat belajar itu sendiri. Lalu apa saja syarat belajar yang wajib dipenuhi agar hasilnya sesuai yang diharapkan? Berikut 8 syarat belajar yang saya maksudkan

1. Niat dan semangat

Belajar harus diawali dengan niat, dengan demikian akan lahir semangat untuk mengetahui inti materi yang akan diketahui. Proses ini akan merangsang pikiran membedah materi yang dipandang dari segala sisi. Tentu, membutuhkan berbagai sumber untuk mendukungnya, sehingga pada proses penemuan akan melahirkan pengetahuan-pengetahuan baru yang dapat menambah wawasan.

Advertisement
Continue Reading Below

2. Focus pada tujuan

Kegagalan pada umumnya terjadi sebagai akibat dari munculnya ragam pikiran sehingga berdampak pada pergeseran proses belajar. Akibatnya, tujuan semakin pudar setelah belajar mengalami proses, malah tidak tahu apa yang akan dipelajari dan apa saja yang sudah dipelajari. Olehnya itu, selalu fokus pada tujuan belajar, karena ini akan membatasi proses belajar tidak melebar kemana-mana, belajar dari apapun selalu tuntas sesuai tujuan yang diharapkan.

3. Jaga kebugaran tubuh

Belajar membutuhkan stamina yang kuat, otak memerlukan pasokan oksigen yang cukup. Dengan demikian proses belajar harus dibarengi dengan kebugaran tubuh, otak yang sehat, dan stamina yang cukup, olehnya itu, jaga kebugaran tubuh. Siswa yang mengikuti pelajaran pada pagi hari lebih maksimal menerima materi pelajaran ketimbang di siang hari. Faktor kebugaran tubuhlah penentunya.

4. Belajar di tempat dan suasana yang nyaman

Belajar di dekat tempat sampah, hasilnya tidak maksimal begitupula belajar di tempat keramaian sebab kedua tempat ini bukanlah tempat yang nyaman untuk belajar kecuali melakukan pengamatan pada obyek tertentu yang berada di kedua tempat ini. Belajar membutuhkan tempat yang kondusif dan suasana yang nyaman sehingga pikiran-pikiran tetap fokus pada materi pelajaran

5. Siapkan perlengkapan belajar

Sebelum belajar sebaiknya siapkan terlebih dahulu perlengkapan yang dibutuhkan seperti buku, intrumen dan lain sebagainya. 

6. Belajar diselingi istirahat

Rata-rata orang maksimal fokus dalam belajarnya hanya  selama dua jam, selebihnya akan mengalami kelelahan terutama kelelahan dalam berpikir. Olehnya itu, wajib diselingi dengan instrahat  sehingga mengembalikan kebugaran tubuh yang dapat menunjang kembali proses belajar selanjutnya.

7. Membantu teman dalam belajar

Yang banyak tidak dipahami orang adalah membantu teman dalam belajar, ingatlah bahwa tindakan ini bagian dari proses belajar yang baik karena dapat mengulang kembali pelajaran yang pernah dipelajari sehingga menjadi mahir pada materi yang diajarkan kepada teman.

8. Bersosialisasi

Bersosialisasi bagian dari belajar, lingkungan merupakan wadah unjuk diri terhadap wawasan dan pengetahuan yang dimiliki.