10 Pemain NBA dengan Gaji Tertinggi

Advertisement
Continue Reading Below

Musim 2019-2020 menjadi salah satu yang paling menarik perihal payroll gaji pemain di NBA. Perputaran uang untuk free agency kemarin tercatat mencapai angka yang fantastis yakni lebih dari US$ 3 miliar. Sebagian besar digunakan untuk memberikan kontrak mewah pada pemain-pemain tier 1 seperti Kevin Durant, Kawhi Leonard, Klay Thompson, Kyrie Irving, dan Damian Lillard. Para bintang NBA tersebut mendapatkan kontrak maksimum yang berarti ada perubahan secara signifikan untuk tabel gaji pemain tertinggi, khususnya untuk top 30.

curry%2Bcp3
Curry & CP3, dua pemain termahal NBA, foto: GettyImage

Siapa Pemain NBA dengan Gaji Tertinggi Saat Ini?

Daftar ini akan terus berubah tergantung pada kontrak tiap pemain yang memiliki durasi dari satu hingga lima tahun. Di daftar teratas, nama-nama seperti Chris Paul dan Lebron James masih tercatat sebagai salah satu yang mendapatkan upah tertinggi meskipun usia mereka sudah tidak muda lagi. Adapun nama baru yang langsung muncul ke daftar ini yakni Kevin Durant, setelah memutuskan untuk tidak melakukan opt in pada klausul kontraknya di Golden State, dia kemudian berlabuh di Brooklyn Nets dengan kontrak maksimum yang baru. Berikut 10 pemain NBA dengan gaji tertinggi untuk musim 2019-2020 ini:

1. Stephen Curry

Musim ini Steph Curry masih menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di NBA selama tiga musim berturut-turut. Nilai gajinya untuk musim ini mencapai US40,23 Juta. Curry juga menjadi pemain pertama yang merasakan bayaran lebih dari $40 juta dollar untuk satu musim. Kontrak ini sudah diteken sejak musim 2017-2018, atau saat Curry menjuarai NBA untuk ketiga kalinya. Sebagai point guard terbaik di liga serta pengaruhnya terhadap kesuksesan tim, maka sangat pantas jika Curry mendapatkan angka semewah ini.

2. Chris Paul

Musim ini Chris Paul akan memasuki usia 35 tahun, namun dia masih tercatat sebagai pemain dengan gaji tertinggi kedua di NBA setelah Steph Curry. Kontrak lamanya bersama Houston Rockets akan tetap berlaku meski musim ini dia bermain untuk OKC. CP3 berubah tim setelah proses trade yang melibatkan Russell Westbrook dan first round pick. Gaji Chris Paul musim ini tercatat sebesar US$38,50 juta.

3. Russell Westbrook

Urutan ketiga masih menjadi miliki pemain yang berposisi sebagai Point Guard, kali ini sang pemegang rekor triple double Russell Westbrook. Pada musim ini selain dia akan bermain dengan kompatriot lamanya James Harden di Houston Rockets, Wesbrook juga memiliki bayaran super wah yang nilainya sama persis dengan Chris Paul yakni US$38,50 juta. Bersama Harden yang sama-sama memiliki kontrak supermax, maka duo guard ini secara resmi menjadi guard termahal di NBA.

4. Kevin Durant

Nama baru untuk daftar top 10 musim ini adalah KD. Salah satu Small Forward terbaik sepanjang masa. Musim ini durant akan mendapatkan bayaran sekitar US$38,12 juta setelah menandatangani kontrak baru bersama Brooklyn Nets. Menariknya musim ini Durant diprediksi tidak akan main satu musim full akibat cedera torn achilles yang didapatnya pada Finals NBA musim kemarin melawan Toronto Raptors. Meksi begitu ketertarikan tim-tim lain terhadap Durant tetap surut, bahkan Golden State Warriors sebelumnya menawarkan kontrak yang lebih fantastis yakni supermax untuk 5 musim kedepan namun KD menolaknya. Ini artinya Durant akan tetap mendapatkan gaji besar ini meski tak bermain, dan diharapkan musim 2020-2021 akan menjadi comeback seasonnya.

5. John Wall

Point guard lain yang mendapatkan mega kontrak adalah John Wall bersama Washington Wizard. Saat ini Wall masih berkutat dengan cedera yang memaksanya harus absen di sebagian besar musim 2018-2019. Wall tak diragukan lagi sebagai salah satu point guard terbaik di NBA. Gaji Wall musim ini sebesar US$38,12 juta. Kehadiran Wall sangat ditunggu-tunggu untuk mengangkat peforma Wizard untuk berjuang memasuki playoff musim ini.

6. James Harden

Shooting guard pertama yang masuk dalam list ini adalah James Harden. Mungkin bisa dikatakan Harden adalah salah satu yang paling pantas mendapatkan angka yang besar karena kontribusi masif untuk tim Rockets di beberapa musim terakhir. Musim lalu Harden juga mencatatkan angka yang sangat fantastis di NBA Season. Gaji Harden musim ini adalah US$38,12 juta.

7. Lebron James

Lebron James sudah semakin berumur namun peformanya tak pernah mengecewakan. Musim ini bersama Los Angeles Lakers, Lebron akan mendapatkan bayaran tertinggi di tim dengan angka mencapai US$37,43 juta. Bersama beberapa roster baru lainnya, Bron diharapkan dapat bersinar kembali untuk tetap menaruh harapan mengejar gelar juara NBA ke-empat kalinya setelah di beberapa musim terakhir sering kandas di tangan Golden State Warriors.

8. Kyle Lowry

Sang juara NBA musim kemarin, Lowry merupakan pemain dengan bayaran tertinggi di urutan ke-8. Musim ini bersama Raptors, Lowry akan mendapatkan bayaran sebesar US$34,99 juta. Kontrak besar ini juga kemungkinan jadi megakontrak terakhir Lowry karena sudah menginjak usia 33 tahun. Lowry sangat berjasa membawa Raptors juara musim kemarin mengalahkan tim terkuat dalam 5 musim terakhir Golden State Warriors.

9. Blake Griffin

Power forward yang terkenal dengan dunk-dunk ajaib dan penampilan eksplosif ini akan tetap mendapatkan upah besar musim ini. Tercatat US$34,49 juta adalah bayaran yang setimpal untuk Griffin. Musim kemarin Blake mampu membawa Pistons ke playoff dan menjadi penyelamat tim di banyak pertandingan. Blake juga salah satu dari banyak pemain yang pantas mendapatkan gaji besar seperti ini.

10. Paul George

Tampil gemilang bersama OKC musim kemarin, Paul George musim ini mendapatkan bayaran sebesar US$33 juta. Musim ini PG akan bermain bersama Kawhi Leonard di LA Clippers. Sebagai salah satu pemain yang snagat komplit, gaji sebesar ini merupakan angka yang sangat cocok untuk Paul Goerge.

Dari daftar tersebut 5 pemain merupakan point guard, 3 small forward, 1 shooting guard, dan 1 power forward. Pada beberapa pemain seperti John Wall dan Chris Paul, banyak pecinta basket NBA yang menganggap upah yang didapatkan terlalu tinggi. Namun sekali lagi, jika pemain-pemain tersebut merupakan tulang punggung bagi sebuah franchise, maka wajar untuk melihat kontrak yang besar. Dan ketika pemain ditrade ke tim lain, maka gaji yang didapatkan akan tetap sama. Kesempatan terbaik untuk memperbaiki kontrak ialah ketika pemain atau tim memiliki option kontrak, atau bisa juga melakukan waive untuk mendapatkan cap space baru.

Advertisement
Continue Reading Below