Robin Hood, Kisahnya Dalam Sejarah Hingga Sekarang

Advertisement
Continue Reading Below

Sosok Robin Hood disebutkan hidup di Inggris pada masa pemerintahan raja Richard Lionheart. walaupun dikenal sebagai legenda atau cerita rakyat tetapi banyak pihak yang mengklaim bahwa Robin Hood bukan sekedar tokoh rekaan semata melainkan betulan ada dalam sejarah. disebut beberapa nama ada kemiripan dengannya juga ada sebuah makam yang dipercaya merupakan tempat peristirahatan terakhirnya. tetapi apakah semua klaim di atas benar adanya?

robin hood in film
Film Robin Hood Prince of Thieves laku keras dan membuatnya populer secara internasional

Sejarah Robin Hood

Melihat dari catatan sejarah, bukti tertua yang pertama kali menyebutkan nama Robin Hood (dengan sedikit perbedaan tulisan) hadir dalam bentuk lirik lagu (ballad) yang merupakan media hiburan populer pada abad pertengahan. dalam lirik lagu tersebut diceritakan tentang seorang tokoh pelanggar hukum yang banyak membuat onar dan berbagai kejahatan. anehnya nama tersebut tidak pernah muncul dalam sejarah resmi kerajaan seperti halnya kriminal besar di jamannya.

Sebaliknya ditemukan fakta sejarah bahwa nama robin hood sebenarnya merupakan bahasa slang atau sebutan bagi semua jenis penjahat yang tidak dikenal. entah pencuri, copet, rampok atau pembunuh sekalipun apabila tidak dikenal maka diberikan identitas robin hood kepadanya. asal sebutan Robin sendiri berasal dari Robbing yang berarti perampokan, sedangkan Hood, Hod atau Hoode berkonotasi dengan penyamaran atau kebohongan.

Mengapa sampai perlu repot-repot kasih nama Robin Hood kepada penjahat? untuk alasan praktis ketika ngisi berbagai laporan tentang tindak kriminal. misal ketika ada pencuri yang tertangkap dan tewas dihakimi massa, maka pihak berwajib akan mencatat, “seorang pria bernama Robin Hood, tewas ketika mencuri di tempat, tanggal, sekian-sekian.”

tulisan kisah robin hood tertua
Salah satu tulisan mengenai sosok Robin Hood yang paling tua dalam sejarah Inggris

Nama yang sama juga akan digunakan pada kayu nisan dan buku kematian apabila diperlukan. pemberian nama ini murni sebagai identifikasi atau alat bantu pencatatan, sama seperti bagaimana di jaman modern kepolisian amerika menggunakan nama alias John Doe untuk semua jenazah yang ditemukan tanpa identitas. nama tersebut lumrah digunakan pada semua dokumen penyidikan sampai identitas korban berhasil ditemukan.

Balik lagi pada kisah ballad yang mempopulerkan sosok Robin Hood, pada awalnya ia diceritakan sebagai seorang perampok kejam yang tidak segan-segan membunuh anak kecil dalam aksinya. sangat berbeda dengan sosok pencuri baik hati yang kita kenal sekarang ini. kisah ini lambat laun berubah karena ketidaksukaan masyarakat terhadap petinggi kerajaan Inggris yang semakin lama semakin otoriter dan semena-mena.

Perubahan Robin Hood dari penjahat menjadi pahlawan secara spesifik disebabkan oleh kemunculan forest law (hukum perhutanan) yang merugikan bagi rakyat. hukum baru tersebut menyebutkan bahwa hutan di Inggris dan segala isinya adalah milik Kerajaan. sebagai konsekuensinya penduduk yang tinggal di sekitar hutan sekalipun sekarang tidak lagi diperbolehkan untuk berburu, mengambil buah liar bahkan mengambil kayu bakar sekalipun.

pemusik balad abad pertengahan
Pemusik Balad yang memainkan kisah-kisah seperti Robin Hood di bar, penginapan dan pusat keramaian

Pada masa sulit tersebut Robin Hood digambarkan sebagai sosok yang berani melawan hukum kerajaan, entah berburu, makan buah atau mengambil kayu bakar. ia menjadi populer karena perlawanannya begitu sehati dengan rakyat. tidak butuh waktu lama sebelum beragam versi lain tentang dirinya beredar luas di masyarakat. Robin Hood mulai dikisahkan bukan hanya mengambil hasil hutan tetapi juga merampok para pembesar yang kaya karena korupsi.

Tidak berhenti sampai di situ, kisah Robin Hood kemudian mulai ditambahkan elemen kebaikan, yakni membagi harta curiannya kepada orang miskin. hal ini membuat karakternya lebih kompleks daripada pembuat onar atau pencari keadilan belaka. sekarang ia adalah seorang pahlawan. kisahnya semakin komplit dengan kehadiran seorang tokoh wanita sebagai bumbu romantisme yang membuatnya semakin populer di berbagai kalangan tua dan muda.

Kisah Robin Hood Masa Sekarang

Kisahnya tidak lekang dimakan jaman hingga hari ini. bahkan banyak fans beratnya yang mencoba mengaitkan sosok Robin Hood dengan pelaku sejarah betulan. hal ini sudah beberapa kali dilakukan tetapi hasilnya tidak konklusif. pada kebanyakan kasus tokoh-tokoh yang mereka ajukan sebagai Robin Hood ternyata memiliki catatan sejarah yang terlalu berbeda dengan kisah Robin Hood yang kita kenal sehingga klaimnya tidak meyakinkan.

raja richard lionheart bertemu dengan robin hood
Raja Richard meninggal dalam perjalanan pulang ke Inggris sehingga pertemuannya dengan Robin tidaklah nyata

Beberapa yang agak serius adalah usaha untuk mengaitkan Robin Hood dengan daftar nama anggota kerajaan yang ikut serta dalam rombongan raja Richard Lionheart ke tanah suci sesuai dengan kisahnya dalam legenda. pada catatan sejarah yang berkaitan memang ada beberapa tokoh yang namanya agak memiliki kesamaan lafal atau tulisan dengan Robin Hood, tetapi tetap saja kisah hidupnya banyak perbedaan atau hanya menawarkan sedikit kemiripan.

Sempat laris juga teori bahwa Robin Hood berasal dari golongan bangsawan yang menyamar dalam aksinya. memang ini adalah hal yang logis untuk melindungi keluarganya sehingga menggunakan nama alias ketika beraksi. tapi nyatanya beberapa tokoh yang diajukan sebagai Robin Hood yang asli pun setelah diperiksa lebih lanjut ternyata memiliki catatan peristiwa, tabiat dan perilaku yang tidak mirip dengan Robin Hood dalam legenda.

Misalnya apakah mungkin seorang tokoh yang tercatat beberapa kali melakukan penyiksaan terhadap rakyat kecil bisa dipercaya sebagai Robin Hood? sedangkan tokoh lainnya lagi diketahui pernah menaikkan pajak beberapa kali yang menyengsarakan rakyatnya sendiri. hal-hal di atas membuat banyak klaim mengenai sosok Robin Hood terkesan terlalu dipaksakan dan tidak logis.

Pada akhirnya seperti juga sosok King Arthur, karakter Robin Hood dipercaya oleh ahli sejarah sebagai sebuah kompilasi atau kumpulan berbagai kejadian dan tokoh sejarah yang berbeda. entah pelaku yang sejaman atau tidak, tokoh nyata atau fiksi, semuanya diceritakan sebagai satu tokoh bernama Robin Hood untuk keperluan medium cerita. bukan seorang yang nyata melainkan sebuah tokoh rekaan untuk tujuan narasi.

makam robin hood
Makam yang diklaim milik Robin Hood, ternyata kosong dan berasal dari jaman yang berbeda

Karenanya mau dicari sampai kapan pun tidak akan ketemu bukti fisiknya. seperti makam yang dipercaya milik Robin Hood ternyata berasal dari jaman yang berbeda. lebih parah lagi isinya kosong dan tidak terdapat adanya tanda-tanda geologis pernah dilakukan penggalian di sana. para ahli menyimpulkan bawah tanah tersebut tidak pernah diganggu baik digali ataupun digunakan untuk menyimpan apapun di dalam tanah.

Makam ini disinyalir dibangun oleh oknum abad pertengahan untuk mencari sensasi dan menarik kedatangan pengunjung atau peziarah ketempatnya. hal ini akan membawa aliran uang dalam bentuk donasi yang akan menghidupi kegiatan ekonomi di sekitarnya. kasus semacam ini dengan mengakui suatu makam berisi tokoh penting atau religus diketahui beberapa kali terjadi di eropa sehingga tidak mengherankan apabila terjadi juga di Inggris.

Semua hal di atas menunjukkan bahwa Robin Hood bukanlah seorang tokoh nyata. sayangnya masih ada pihak yang ngotot bahwa Robin Hood ataupun Arthur Pendragon betulan ada dan pernah hidup di dalam sejarah. padahal fiktif ataupun nyata sebenarnya tidak ada masalah, tidak akan banyak berpengaruh karena inti dari cerita atau pesan moral yang hendak disampaikan olehnya tetap tidak berkurang nilainya walaupun bukan merupakan fakta sejarah.

Advertisement
Continue Reading Below